Balik Nama STNK Cuma Perlu Waktu 45 Menit!


200px-polri.gifSiapa bilang mengurus STNK itu sulit dan banyak pungutan yang tak resmi. Dulu mungkin, ya. Sekarang, buktikan sendiri. Masih kurang percaya? Contohnya saya.

Setiap tahun (tepatnya bulan Maret) saya harus mengesahkan STNK. Ini rutin saya lakukan sejak saya memiliki sepeda motor Suzuki RC100. Sepeda motor ini saya peroleh empat tahun yang lalu, hasil pembelian dari kakak istri saya.

Karena belum saya balik nama, setiap melakukan pengesahan, saya selalu meminjam KTP pemiliknya. Untuk kelancaran pengurusan, saya perlu menyisihkan sebagian dana, lantaran si pemilik tidak bisa mendampingi saya.

jasa-raharja.gifTahun ini, saat saya mau melakukan pengesahan, anak kakak istri saya harus pergi ke Jakarta secara mendadak, lantaran anaknya mengalami patah lengan akibat kecelakaan. Akibatnya saya tidak bisa melakukan pengesahan, lantaran KTP-nya ikut terbawa di dalam dompetnya.

Akhirnya, mau tak mau, karena waktunya hanya tinggal satu hari, saya terpaksa harus melakukan balik nama. Padahal rencananya sepeda ini mau saya jual dan membeli sepeda baru yang 4 tack.

120px-lambang_propinsi_jatim.pngKarena (dalam bayangan saya) pasti akan memakan waktu lama, maka saya berangkat pagi-pagi sekali, menuju ke SAMSAT Kabupaten II, yaitu di Karang Ploso, Kabupaten Malang.

Fotokopi BPKB, STNK, Kuitansi Pembelian dan KTP saya sudah saya siapkan sejumlah 3 eksemplar. Setelah mendaftarkan untuk pengecekan fisik sepeda motor, mengisi formulir yang ada, lantas saya menuju ke loket penomoran.

Hebat! Tak sampai 45 menit, sudah beres semua. Ya STNK baru (atas nama saya) bukti Pengesahan maupun Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (plat nomor)-nya . Sementara BPKB-nya masih harus menunggu waktu 1 bulan. Cepat, ramah, tak bertele-tele. Begitu yang saya alami. Kalau tahun kemarin, saya masih harus ke sana kemari, demi kelancaran pengurusannya. Sekarang tidak lagi.

SAMSAT (biasanya) melayani pengurusan:

  1. Pengesahan STNK (tiap tahun)
  2. Perpanjangan (tiap 5 tahun)
  3. Ganti STNK/Cetak STNK (Ganti Mesin, Ganti Warna, Merubah Bentuk, Pindah Alamat)
  4. BBN I (Balik Nama I) [Kendaraan Baru (Faktur), Kendaraan eks dumping TNI/Polri, Kendaraan eks lelang Negara, Kendaraan yang berdasarkan keputusan Pengadilan, Vonis Hakim]
  5. BBN II (Balik Nama II) [BBN Lokal, Mutasi Masuk, Hibah/Waris/Hadiah]

Alokasi waktu pelayanan nomor 1 maksimal 30 menit. Sementara nomor 2 – 5 memerlukan waktu maksimal 60 menit. Tahun kemarin, ketentuan ini (yang kini dengan mudah dapat dibaca di atas loket pelayanan) tak ada. Nampaknya ini bagian dari program Operasi Citra Pelayanan Polantas 2008.

About these ads

35 thoughts on “Balik Nama STNK Cuma Perlu Waktu 45 Menit!

  1. Balik nama ncen cepet Mas, mung modal kwitansi karo meterai, hehehehe karo duit e ojo lali di tambahi. uhuk.

    Soal jumlah duwit tergantung dari umur dan harga kendaraan. Semakin mahal, ya semakin “larang” biayanya. :mrgreen:
    Apalagi bila ngajak anak. Perlu dana untuk beli ES, Permen, dll. :P

  2. mas nanya dunk , kalo kita mo balik nama kendaraan, daerah lain , misal ne, kendaraan cirebon mo dibalik nama atas nama saya di jakarta trus saya harus ke cirebon tidak ya ?

  3. bp. saya mau nanya,kalo mau bayar pajak pake ktp yang sudah expiert itu bisa gak y?terus kalo lewat batas hari pembayaran pajak itu kena denda berapa?terima kasih

  4. apa waktu ganti stnk, juga ganti nomor ?
    misal sebelumnya W 1234 ZZ ganti jadi W 5678 AA,
    trims atas informasinya :D

    Tentu saja gantiu nomornya, mas

  5. saya lokasi jakarta. bli motor bekas, eh no hp orgnya skrg gak ada yg aktif, padahal mo perpanjang pajak. gmana dunk? klo mo balik nama di daerah asal saya, perlu tidak ngurus2 sesuatu di jakartanya dulu? atau langsung bawa aja itu motor ke samsat di daerah saya? semua dokumen sih lengkap, bpkb, kuitansi, dll.

  6. beruntung sekali di malang sangat cepat pelayanannya, untuk balik nama biasanya syarat2 apa saja yang diperlukan ?? kira2 biayanya berapa ??

  7. nanya juga mas,
    sama seperti teman diatas,..
    mobil saya starlet 96, (L) surabya
    maret besok mulai pajak plus perpanjangan STNK,

    1. Kalao balik nama kenama saya apa aja sarat yang dibutuhkan
    2. Apa KTP pemilik lama juga harus disertakan?

    Tq,..

  8. stnk motor saya ilang,posisi saya sekarang ada di jekarta sedangkan itu motor ,motor daerah,yg ingin saya tanyakan apakah bisa itu motor di urus di sinih??????

  9. Mas atau siapa aja yang tau tolong di bantu.
    Saya pemilik ke-2 dari motor saya, pemilik pertamanya orang lain ( YA IYALAH). Motor saya pajaknya mati dari bulan juni 2009, STNK-nya juga mati dari bulan juni 2011. Saya mau ngurus semuanya sekalian balik nama.
    Harganya kira2 berapa ya soalnya saya gak mau ngurus lewat calo..

  10. sebenarya mu ikut nanya tapi dr pihak yg ditany quq g’ da respon ea,,,,ksihan segitu bnyak penanya respony byum sma skali yg kliatan,,,,btuh info nie

  11. sy share juga ya, sy bis ngurus BBN motor MIO th 2008 di SAMSAT BSD, cek pisik byr 30000, trus semua2nya al: kaleng, STNK dll hrs byr 342500. saya pikir dah beres dong ga taunya masih diminta 200000 lagi untuk BPKB katanya baru, klo ga mau kita disuruh urus sendiri ke polda metro jaya biayanya sy tanya2 skitar 150000,…….weleh2 sy cm bawa uang 400000,….repot2 mau ga mau kudu gesek ATM lg dah krn klo hrs ke polda repot anak2 ga ada yg jagain walhasil itungan saya semua -+ 600000,………….mahal ya! kapan ya negara kita bebas pajak?

  12. Mau tanya mas.. saya Beli motor di wilayah kota A dan plat nomornya juga berasal dari kota A, apakah bisa saya balik namakan ke nama saya tetapi KTP saya berasal dari KOTA B..

  13. Asslm. saya mohon informasi. kendaraan bermotor di peroleh dari hibah Kominfo dengan plat merah di hibahkan ke Perum LKBN ANTARA. setelah pajak akan berakhir saya akan bermaksud lgs balik nama ke Perum LKBN ANTARA dan akan di buat plat Hitam. pertanyaannya bagai mana proses pelaksanaanya. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s