Memanfaatkan Kotoran Manusia


Setelah BBM naik, saya lebih banyak di rumah sekarang. Membaca beberapa artikel KOMPAS yang saya kliping, yang sebagian besar belum pernah saya baca secara detil. Setelah membuka beberapa halaman, mata saya tertuju pada tulisan yang dimuat pada hari Kamis, 15 Mei 2008 (Dikembangkan Biogas dari Kotoran Manusia). Nampaknya energi biogas ini perlu terus dikembangkan, karena tak selamanya BBM itu bersahabat dengan kita, khususnya soal harga yang kian hari kian tinggi. Dalam tulisan itu dikatakan bahwa : Energi terbarukan biogas tidak hanya dapat diproduksi di pedesaan dengan bahan baku limbah organik atau kotoran hewan, tetapi juga berpeluang digunakan di wilayah perkotaan. Biogas di perkotaan bisa didapatkan melalui pengelolaan kotoran manusia secara terpadu.

Dari 3.000 kepala keluarga di perkotaan dapat dihasilkan 225 meter kubik biogas atau setara dengan 103,5 kg elpiji setiap hari, yang dapat digunakan untuk memasak 207 keluarga.
Demikian ujar peneliti Balai Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Abdul Kholiq di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang, pada Rabu (14/5). ”Itu tidak hanya memberikan manfaat energi terbarukan, tapi menghasilkan pula pupuk organik dan diperoleh lingkungan dengan air tanah tidak tercemar,” kata Kholiq.

Menurut dia, salah satu daerah yang mengembangkan biogas dari kotoran manusia ada di Yogyakarta. Penggeraknya adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) setempat. Sumbernya dari limbah yang terbatas dari beberapa WC milik warga.

Pengelolaan kotoran manusia secara terpadu untuk menghasilkan biogas di kota-kota besar di Indonesia akan terkendala oleh carut-marunya infrastruktur kota. Menurut Kholiq, kondisi tersebut bisa jadi pelajaran penataan infrastruktur kota-kota baru. Misalnya, kota-kota mandiri seputar Jakarta, seperti Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor.

Kepala Balai Teknologi Energi BPPT Titiresmi mengatakan, untuk menunjang produksi biogas secara optimal di wilayah perkotaan dan pedesaan perlu melibatkan industri-industri tertentu yang membutuhkannya.
”Pada industri etanol dari singkong di Lampung, Balai Teknologi Energi BPPT sudah menyampaikan rancangan pengolahan limbahnya supaya diolah menjadi biogas,” kata Titiresmi.

Dari industri etanol diperoleh potensi limbah cair sebanyak 100 meter kubik per hari–yang menghasilkan 1.200 meter kubik biogas, setara dengan 744 liter minyak tanah, setara dengan 552 kg elpiji. Satu meter kubik biogas sama dengan 0,62 liter minyak tanah atau 0,46 kg elpiji.
Biogas dari kotoran manusia dihitung, dengan asumsi 1 keluarga terdiri atas 5 orang yang masing-masing menghasilkan kotoran 0,3 kilogram per hari. Dari 3.000 keluarga terkumpul 4.500 kg. Satu kilogram kotoran manusia menghasilkan 0,05 meter kubik biogas. Jadi, total bisa dihasilkan 225 meter kubik biogas, setara dengan 103,5 kg elpiji per hari.

Ketika saya masih mahasiswa dulu, kalau nggak salah 25 tahun yang lalu, dalam suatu kegiatan di pedesaan, bersama dengan Ikatab Mahasiswa Pecinta Alam (Impala) pernah mengenalkan soal biogas dari kotoran manusia. Setelah membaca tulisan itu, saya mencoba mengunjungi situs IMPALA. Ternyata soal biogas ini tak ada di sana. Mungkin dulu arsipnya nggak tersimpan.

Tapi itu nggak penting. Yang penting sekarang adalah, bagaimana agar kotoran kita yang kita produksi setiap hari itu bisa kita manfaatkan dengan optimal. Paling tidak, nantinya, kita tak lagi pusing soal septik-tank atau soal BBM yang selalu saja naik…. naik…. ke puncak gunung……. tinggi…… tinggi…………… sekali……………..

About these ads

35 thoughts on “Memanfaatkan Kotoran Manusia

  1. Waw.. sebuah penemuan yang sangat revolusioner. ini harus dikembangkan. manfaatnya bisa 3 in 1
    mulai besok, jadi rajin nabung di WC buat biogas dengan***** hehehehe….

    Semoga penemuan ini bisa dikembangkan lagi, agar ketergantungan kita pada BBM bisa berkurang :P

  2. Melihat pertambahan penduduk kota yang cukup besar baik dari angka kelahiran maupun dari urbanisasi, alangkah baiknya BUMN di bidang Energy merencanakan atau mengembangkan kotoran manusia menjadi sumber energy gas bio, agar masyarakat tidak kesulitan dan antri beli gas isi ulang 3 kg dan 12 kg.

    Bisa dimulai dari unit terkecil yaitu lingkungan rukun tetangga, dibuatkan WC umum dan penampungannya, dari situ gas yang dihasilkan bisa untuk bahan bakan memasak.

    Kalau yang ini tak perlu keajaiban seperti proyek banyugeni. :P
    Hanya tinggal kemauan dan eksyen yang sungguh-sungguh :!:

  3. saya ingin membuat biogas dari kotoran manusia,kemana saya harus menghubungi anda?bisakah anda membantu saya?terima kasih

    Waduh, saya ini cuma mengutip berita di kompas saja, bukan ahli biogas. Dulu itu pun saya cuma partisipan saja saat Impala punya gawe. Lebih baik anda lihat di situs ini atau itu . Siapa tahu anda dapat info dari sana. :P

  4. Wah, itu sangat sangat membantu dan memecahkan maslah BBM dan juga masalah Limbah kotoran manusia yang setiap hari di Produksi oleh umat manusia,

    Tolong pak gimana cara membuatnya,

    makasiah, Pak

    Wasslam,
    Fikri

    Lha itu yang saya tidak tahu. Dulu itu saya hanya sekedar melihat proyek yang dilaksanakan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Aktivitas Impala (Ikatan Pencinta Alam) Universitas Brawijaya Malang. Ketika saya mengunjungi situs impala maupun ke situs Unibraw, sayangnya saya tak dapat memperoleh petunjuk.

  5. SUBHANALLOH. TERNYATA KOTORAN ALIS TAHI ALIAS TAEK SAYA BISA JADI GAS. TRUS KALAU KENTUT SAYA BISA NGGAK YA BUAT ENERGI LISTRIK ATAU ENERI BIOGAS. MARI KITA MENSUKURI NIKMAT ALLOH DENGAN RAJIN RAJIN MENABUNG DI WC, KALAU DI TAHAN TERUS MAHAL LHO OBATNYA BISA JUTAAN. GLODAK HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

  6. mas djun, tolong dong aku dikirimi gambar konstruksi biodigester dan sistem yang lainnya yang diperlukan untuk proses pembuatan biogas. terima kasih

  7. waduuuh sayang sekali tidak dijelaskan bagaimana dilution yang optimum antara kotoran n airnya…….. tapi ingat lhoo.. ph kotoran manusia hanya 8 sehingga harus dicampur dengan bahan lain misalnya jerami….. kalau tidak hati2 lhoo dengan peningkatan pH slurry.. bilai mencapai8.5 atau lebih bisa menyebabkan efek racun (toxicity).. ingakk.. ingak.. boleh coba asal tahu teknologinyaaaaaa…………..

  8. waduuuh sayang sekali tidak dijelaskan bagaimana dilution yang optimum antara kotoran n airnya…….. tapi ingat lhoo.. C/N ratio kotoran manusia hanya 8 sehingga harus dicampur dengan bahan lain misalnya jerami….. kalau tidak hati2 lhoo dengan peningkatan pH slurry.. bilai mencapai8.5 atau lebih bisa menyebabkan efek racun (toxicity).. ingakk.. ingak.. boleh coba asal tahu teknologinyaaaaaa…………..

  9. Kami Melayani Limbah Anda Anda SEJABOTABEK : Limbah Industri;Perkantoran; Gedung/Apartment; Perumahan; Sedot WC; Air Kotor; Saluran mampet;Rembesan & Bikin Septictank;juga menyediakan MESIN PENGOLAH LIMBAH Hubungi : JASA LIMBAH ISKANDAR No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

  10. bisa minta tolong, gambar cara pengaplikasian/cara dan alat apa saja yang harus digunakan untuk bisa memproduksi biogas…..
    trimakasih….

  11. asalamualaikum,
    apa bila kotoran manusia bsa d buat biogas.dan pengganti BBm, bagaimana jka kotoran manusia dijadikan sebagai sumber energi listrik?

  12. betul boss…tai sapi dan tai orang sama aja kok boss. menghasilkan gas metan.
    dan juga sampah-sampah organik. kulit pisang,jeruk parutan kelapa dll. tapi di blender dulu juga bisa dimasukkan. di coba di rumah aja bos biaya tdk banyak. tdk perlu mikir wc mampet/penuh. sisanya buat pupuk boss. mantaaaaffff.

  13. ka, saya pelajar kls 3 SMA. menurut saya, biogas itu penting dan harus dikembangkan. mengingat sumber daya alam kita yang semakin sedikit. terlebih sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
    saya berfikir, kelak saat saya dewasa dan memiliki rumah sendiri, saya berencana untuk merubah kotoran manusia menjadi biogas. karena bisa dijadikan LPG buatan yang sangat berguna bagi kehidupan rumah tangga. terlebih biaya kebutuhan hidup semakin hari semakin mahal.
    coba bayangkan, sekarang 1 tabung LPG sekitar 12 kg saja seharga Rp.80.000, kalau 10 tahun lagi (saat aku telah menikah dan memiliki anak), berapa kira-kira harga dari 1 tabung LPG ?
    pasti sangat mahal. oleh karena itu biogas merupakan solusi paling tepat untuk mengganti LPG.
    saya ingin bertanya apa saja kelemahan dari biogas tersebut. berhubung kk sebagai perantara, saya meminta kepada semua pembaca yg berpartisipasi di dlm blog ini untuk memberitahukan situs ataupun informasi lain tentang ” biogas dari kotoran manusia “. terima kasih.
    hub saya di halimah.tussadiyah@ymail.com

  14. Tlg dikirim kealamat email sy bgmn cara secara detail sekaligus perangkat yg digunakan untuk menghasilkan biogas dari kotoran manusia.

    • biogas itu sendiri selain menghemat harga subsidi yg semakin meningkat juga ramah lingkungan lhoooo,..?:)
      karena biogas terjadi secara alamiah dan bisa mengurangi pencemaran lingkungan,
      * catatan : tidak semua sampah dan kotoran itu selamanya sampah, mungkin karena kurang rasa ingin tau yg mengunci pola kreatifitas kita terhambat bahwa disekitar kita banyak sampah bisa diberdayakan menjadi hal yg sangat bermanfaat bagi seluruh mahluk hidup,

      mari sama-sama kita SELAMATKAN BUMI dengan mengurangi PEMBOROSAN,..!!! :)
      slmt mencoba,,,??

  15. ini memang yang lagi saya cari-cari…
    tapi saya masih bingung ,bagai mana cara untuk membuatnya,,
    dan apa saja tuh alat yang di perlukan,,,
    karena kalau bisa..saya ingin membuat dari yang ada di tempat tingal kami..
    karena sayang kan kalo tidak di manfaatkan dari sekarang..
    kapan lagi indonesia bisa berkembang jika tidak dari sekarang.

  16. gimana pengelolaan limbah hasil biogas dari kotoran manusia ini pak. Kalo dari kotoran hewan kan bisa dijadikan sebagai pupuk organik, kalau kotoran manusia gimana ya? dijadiin apa…. kan geli juga liat kuning2 gitu hehehe

  17. Pingback: Biogas dari Kotoran Manusia « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

  18. Manusia makan dan minum yang sudah dimasak, makan dan minum antibiotik, sehingga sedikit manusia yang ususnya ada bakteri methanogen. Maka perlu bibit alias starter methanogen. Lagipula berpeluang ada mikroba patogen yang mampu anaerob sehingga tahinya direbus dulu. Sehatnya dan murahnya (kalau tahi tidak direbus), biogas tadi (setelah disaring) dipakai untuk genset atau boiler, slurry buang ke septic tank atau direbus supaya sehat sebagai pupuk. Atau gunakan digester anaerobic thermophilic dengan bakteri methanogen thermophilic, sehingga biogas sehat dipakai memasak dan slurry sebagai pupuk.

  19. salam kenal
    mas bisa kirim ga langkah-langkah mengolah septik-tank agar menghasilkan biogas….agas dapur kita tidak di bayang- bayangi tabung gas meledak…..

    terimakasih

  20. salam…
    saya tertarik untuk mengaplikasikan hal ini.
    bisa bantu mengirim cara pengolahannya dan peralatan apa saja yang dibutuhkan ke alamat e-mail saya?
    terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s