Soal SKCK (Dulu Namanya SKKB)


skckSKKB adalah singkatan dari Surat Keterangan Kelakuan Baik yang dikeluarkan oleh Kepolisian bagi pemohon yang telah memenuhi syarat. SKKB berisikan keterangan dari pihak kepolisian bahwa yang bersangkutan tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut. SKKB berlaku selama 6 (enam) bulan. Ini adalah defenisi yang ditulis oleh Wikipedia.

Kini istilah itu diganti menjadi: SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan hanya berlaku 3 (bulan) saja. Adapun persyaratan untuk mengurus SKCK adalah: berdasarkan Surat Pengantar dari ketua RT/RW kita pergi ke Kantor Kelurahan/Desa untuk dibuatkan Surat Keterangan. Lantas surat tersebut dimintakan Tanda Tangan (dan stempel tentu saja) dari Camat, Dan Ramil dan Kapolsek.

Jangan lupa untuk membawa serta: 1. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, plus pas photo ukuran 4 x 6 (berwarna) 10 buah.

Saya bisa menginformasikan ini karena saya baru saja menguruskan SKCK untuk istri saya. Dia kepingin menjadi Pegawai Negeri. Dan karena menjelang pembukaan Rekruitmen CPNS se Malang Raya, maka Kantor Polisi Resort Malang jadi ramai seperti antri karcis sepakbola.

About these ads

2 thoughts on “Soal SKCK (Dulu Namanya SKKB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s