Peringatan Hari Koperasi ke 63


Sejarah pergerakan koperasi telah mencatat bahwa tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi melalui Kongres I di Tasikmalaya 63 tahun yang lalu. Gerakan koperasi tersebut didirikan dalam masa perjuangan melawan upaya pihak kolonial yang ingin kembali menguasi Negara Republik Indonesia. Dan hingga kini menjelang 12 Juli 2010 yang akan diperingati sebagai hari Koperasi ke-63, koperasi tetap relevan sebagai wadah perjuangan rakyat Indonesia khususnya dalam menuju bangkitnya ekonomi rakyat yang berkeadilan sosial dan sejahtera.

Peringatan Hari Koperasi ke-63 tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Gerakan Koperasi Kota Malang dan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Kota Malang bersama Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang mengambil tema Kebangkitan Koperasi “Mendorong Daya Saing Koperasi sebagai Pelaku Ekonomi Nasional dalam Menghadapi Perdagangan Bebas”.

Dasar Kegiatan

  1. Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian
  2. Rencana Kerja DEKOPIN Daerah Kota Malang tahun 2010
  3. Keputusan Rapat Koordinasi Pimpinan DEKOPIN Daerah Kota Malang dan Gerakan Koperasi Kota Malang beserta Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang serta dinas/instansi terkait pada tanggal 14 Mei 2010 di Gedung DEKOPIN Daerah Kota Malang.

Tujuan

  1. Terwujudnya gerakan koperasi sebagai dasar pengembangan kegiatan ekonomi rakyat yang mampu mendorong pembangunan ekonomi nasional secara mandiri, berkeadilan sosial, dan berkelanjutan.
  2. Tertanamnya nilai kebersamaan, kesetiakawanan, dan kejujuran dalam berekonomi sebagai dasar untuk mewujudkan kehidupan perekonomian nasional yang mampu bersaing dalam era globalisasi.
  3. Memberikan makna tentang arti pentingnya koperasi sebagai dasar kekuatan ekonomi rakyat.
  4. Memperkuat nilai-nilai jati diri koperasi dalam kehidupan berbangsa bernegara untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional.
  5. Memasyarakatkan potensi organisasi dan daya dukung koperasi yang berkemampuan dalam menyediakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha.

Sasaran

  1. Tumbuh dan berkembangnya semangat membangun kehidupan berkoperasi di berbagai bidang kegiatan ekonomi, baik oleh gerakan koperasi sendiri maupun pemerintah dan masyarakat.
  2. Meningkatkan semangat, komitmen, apresiasi, dan kesadaran masyarakat dalam berkoperasi.
  3. Meningkatnya fasilitasi pengembangan usaha anggota melalui pengembangan kerja sama antarkoperasi, dan antara koperasi dengan badan usaha lainnya.
  4. Mendorong gerakan koperasi untuk bekerja sama, bersinergi, dan integrasi usaha dalam gerakan koperasi dalam rangka mewujudkan keunggulan daya saing.

Target

  1. Peringatan Hari Koperasi dijadikan sebagai wahana ekspose keberhasilan kerja gerakan koperasi, selama dua tahun terakhir yang diikuti oleh anggota dan masyarakat luas.
  2. Meningkatkan semangat berkoperasi di kalangan generasi muda dan kaum perempuan.
  3. Meningkatnya semangat bekerja sama dan bersinergi dalam gerakan koperasi untuk menciptakan keunggulan bersaing.
  4. Mendorong gerakan koperasi untuk bekerja sama dan integrasi usaha dalam rangka keunggulan bersaing.
  5. Mendorong gerakan koperasi dalam mewujudkan misinya dalam menyejahterakan masyarakat.

Jenis Kegiatan

  1. Upacara Hari Koperasi ke-63 tahun 2010
  2. Gerak Jalan Sehat Gerakan Koperasi Kota Malang dan Masyarakat
  3. Bhakti Sosial
  4. Malam Keakraban
  5. Tasyakuran
  6. Jambore Koperasi Sekolah
  7. Temu Koperasi
  8. Pameran UKM

Sumber : Panitia Hari Koperasi ke-63 Tahun 2010 Gerakan Koperasi Kota Malang

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s