Pendaftaran CPNS Diundur Sampai Minggu Depan


Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Jawa Timur dijadwalkan dilaksanakan secara serentak pada 12 hingga 25 Nopember 2010. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jawa Timur memastikan rekrutmen CPNS ditunda selama sepekan, atau dilaksanakan mulai 19 Nopember hingga 3 Desember 2010 mendatang.

Penundaan pendaftaran CPNS tersebut karena menyangkut persoalan administrasi, yakni surat persetujuan formasi CPNS untuk Jawa Timur dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemen PAN) yang baru diterima Rabu (10/11) kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang Drs. Wahyu Santoso, SH.M.Si. mengatakan, kesepakatan itu dibuat setelah seluruh BKD di Jawa Timur mempertimbangkan jarak yang pendek antara pengumuman informasi dan sosialisasi tentang pendaftaran CPNS daerah setempat. ’’Pengumuman tentang informasi dan prosedur CPNS ini kan baru saja. Waktunya mepet dengan pelaksanaanya, jadi kami sepakat untuk mengundurkan pendaftarannya,’’ kata Wahyu.

Dia menyebut, jadwal baru yang disepakati mundur satu minggu dari jadwal semula dengan lamanya pendaftaran dibuka selama dua minggu. ’’Pendaftaranya mulai 19 November sampai 3 Desember. Caranya juga sama seperti tahun lalu, dengan PT Pos Indonesia,’’ lanjutnya.

Sedangkan untuk rencana tes CPNS, Wahyu menyebut belum ada jadwal resmi dari BKD Provinsi hingga saat ini. Namun informasi yang beredar menyebutkan tes akan dilakukan pada 21 Desember nanti. ‘’Kalau tesnya kami tunggu pengumuman dari BKD saja. Yang jelas Provinsi serentak tesnya,’’ imbuhnya.

Sementara itu Manajer Pemasaran PT Kantor Pos Besar Malang Imam Syafi’i mengaku pihaknya nanti akan mendapatkan perintah untuk distribusi formulir CPNS serta distribusi hasil tes perlengkapan administrasi. Tentang jadwal mulai kerjanya Imam menyebut akan disesuaikan dengan pemberitahuan dari BKD masing-masing di Kabupaten Malang, Kota Malang dan juga Batu. Selain di Kantor Pos Besar Kota Malang, persiapan serupa juga berlangsung di 36 kantor cabang PT Pos yang ada di seluruh Malang Raya.

Seperti tahun lalu, fungsi kantor pos akan berperan sebagai distributor saja. Seluruh formulir yang diberikan BKD akan didistribusikan dan dikembalikan ke Kantor Pos. Nantinya setiap peserta pendaftaran CPNS akan mendapatkan hasil dari tes perlengkapan administrasi yang telah dikirim bersama dengan penyerahan formulir di kantor pos.

Untuk jumlah formasi CPNS Kota Malang tahun 2010 mendapat jatah sebanyak 235 lowongan. Rinciannya lowongan untuk tenaga guru sebanyak 107 lowongan, 78 tenaga kesehatan dan 50 lowongan untuk tenaga teknis. Jumlah ini menurun drastis dibanding tahun kuota CPNS tahun lalu dengan jatah sebanyak 420 lowongan untuk tiga tenaga yang sama.(bip)

Sumber: Pemkot Kota Malang

About these ads

4 thoughts on “Pendaftaran CPNS Diundur Sampai Minggu Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s