SMS Termahal di Dunia


3d-brazil.jpgBeberapa waktu yang lalu saya melihat berita di Liputan 6 SCTV
memberitakan bahwa Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menengarai bahwa biaya SMS yang berlaku di Indonesia ini tergolong mahal. Teramat mahal malah. Dengan ongkos produksi tak lebih dari RP 70 per SMS, dijual dengan harga Rp 250 – Rp 350, tentu mendapatkan laba yang amat sangat luar biasa sekali. Di India saja, kata mereka (yang punya situs resmi di http://www.kppu.go.id), cuma Rp 80 per SMS.

Lantas, mahluk apa sih KPPU itu❓

Wikipedia menulis : Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) adalah sebuah lembaga independen di Indonesia yang dibentuk untuk memenuhi amanat Undang- Undang no. 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

UU No. 5 tahun 1999 pada intinya melarang hal-hal sebagai berikut:

  1. Perjanjian yang dilarang, Pelaku usaha dilarang melakukan perjanjian dengan pihak lain untuk secara bersama-sama mengontrol produksi dan/atau pemasaran barang dan/atau jasa yang dapat menyebabkan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Contoh perjanjian yang dilarang adalah penetapan harga, diskriminasi harga, boikot, perjanjian tertutup, oligopoli, predatory pricing, pembagian wilayah, kartel, trus dan perjanjian dengan pihak luar negeri yang dapat menyebabkan persaingan usaha tidak sehat.
  2. Kegiatan yang dilarang, Pelaku usaha dilarang melakukan kontrol produksi dan/atau pemasaran melalui pengaturan pasokan, pengaturan pasar yang dapat menyebabkan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat.
  3. Posisi Dominan, Pelaku usaha dilakukan menyalahgunakan posisi dominan yang dimilikinya untuk membatasi pasar, menghalangi hak-hak konsumen, atau menghambat bisnis pelaku usaha lain.

Kabarnya mereka akan menuntut agar para operator segera menurunkan harga SMS itu. Kalau berhasil, bakal semakin riuh itu jalur frekuens. Lha wong dengan harga yang berlaku seperti sekarang ini, sudah banyak traffick yang terjadi. Apalagi nanti.

Jadi, wait and see…🙂

2 thoughts on “SMS Termahal di Dunia

  1. Semua jadi mahal kalau udah di Indonesia. Memang negara ingin rakyatnya miskin.

    Mas MAWARDI, itulah Indonesia, mas. Kalau tidak menjadi mahal, bukan Indonesia namanya😳

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s