Bubarkan Badan Wasit Sepakbola Indonesia!


Ada pepatah kuno bilang: sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak kan percaya.
Kemarin, saat Arema laga lawan Persiwa, Wasit tak hanya lancung sekali. Tapi berkali-kali. Aremania awalnya masih percaya.
gawang-terbakar-amarah-aremania.jpgBetapa tidak. Gol Patricio Morales (menit 10) dianulir wasit Jajat Sudrajat (Bandung), karena dianggap hands-ball. Bolehlah, gumam Aremania, mungkin saja. Lalu pada menit ke-36 kembali gol Patricio dianulir wasit dengan alasan off-side. Ada satu Aremania mulai naiki pitam. Hakim Garis pun terkapar pingsan dipukulnya. Puncaknya, saat goal Emile Mbamba, menit 51, juga dianggap off-side. (Sementara komentator ANTEVE bilang (sebetulnya) tidak off-side.

Maka kesabaran sudah habis nampaknya. Mereka tidak saja terbakar amarah. Tapi ada seorang Aremania membakar kain di atas jaring gawang. Prosesnya dilakukan dengan tenang, tanpa ada halangan yang berarti dari aparat keamanan.

Jadinya  pas menit ke-71 berhenti sudah itu pertandingan.

Ketua BWSI (Badan Wasit Sepakbola Indonesia) IGK Manila menganggap wasit sudah baik. “Saya pikir kepemimpinan wasit sudah cukup baik. Tapi, emosi penonton yang tak terkontrol akhirnya membuat situasi kacau.”

Menurut akibat kepemimpinan wasitlah yang membuat pertandingan yang sebetulnya menarik itu menjadi kacau.

Efeknya, pertandingan akhirnya ditunda. Bagi Suporter Aremania, terhitung sejak Rabu kemarin, menurut Hinca Panjaitan, Ketua Komisi Disiplin PSSI, mengharamkan Aremania masuk ke seluruh stadion yang ada di Indonesia. (Tak jelas, apa kriteria dan batasannya. Apakah hanya atributnya yang dilarang, atau akan ada razia KTP?

Saya, waktu itu nonton (bersama-sama pem-bezoek yang lain, di lingkungan Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang, karena sedang menunggu Ibu saya yang opname di sana). Yang menonton tak semuanya warga Arema. Apalagi Aremania. Mereka berasal dari Tulungagung, Blitar, Pasuruan, dan masih banyak lagi.

Melihat pertandingan kemarin, hampir semua menghujat Jajat Sudrajat, sang wasit. Khususnya saat gol yang di-heading oleh Emile Mbamba.

Bubarkan saja Badan Wasit Sepakbola Indonesia❗ Begitu mereka secara serempak berteriak.
Aremania juga manusia. Manusia ada batas kesabarannya. Cacing saja akan menggeliat bila diinjak. Lha, ini Singo Edan dizalimi di depan mata. Adalah pengkhianat namanya manakala kemarin malam warga Arema (apalagi Aremania) mengutuk perbuatan segelintir orang itu.

Last, but not least, mari kita kibarkan bendera setengah tiang untuk Aremania selamam 3 tahun.

Catatan Tambahan : Bahkan, saat saya lihat laga Persija vs Persik, para pemain pada berantem. Muaranya : W A S I T❗ Karena dianggap waktu masih ada, wasit nyemprit bubar.

10 thoughts on “Bubarkan Badan Wasit Sepakbola Indonesia!

  1. terkadang untuk mencari kebenaran itu butuh pengorbanan. Dan saat ini AREMA menjadi martir untuk membuka borok dan bobroknya wasit, PSSI dan antek2nya….
    Mdh2an kejadian semua ini DAPAT MEMBUKA MATA seluruh Rakyat Indonesia terhadap kelakuan para ANTEK PSSI……..

    Salam Satu Jiwa

    Semoga saja demikian. Kalau bukan kita, siapa yang mau dan mampu membenahi amburadulnya PSSI.

    Salam Satu Jiwa juga❗

  2. hmm..
    intinya cuma satu
    itu semua gara2 kualitas wasit indoensia

    terus terang
    saya sangat geram ketika melihat pertandingan
    Persija- Persik

    pertandingan yang sempat terhenti 10
    menit, dan kembali dilanjutkan
    hanya mendapat tambahan waktu 5 menit!

    dan jelas saja hal itu bikin kondis di tengah lapangan manjadi kacau..

    Meski saya bukan Jak mania atau pun persik mania
    saya sangat kecewa dengan kondisi itu..

    klo kita bisa mendatangkan pemain asing,
    asisten pelatih asing, pelatih asing, sampe direktur teknik asing..

    kenapa kita ga mendatangkan juga
    wasit asing.. buat mengganti wasit2 indonesia
    yang sebenernya ga ada yang ngerti sama perkembangan peraturan pertandingan sepak bola!

    semoga tuhan memaafkan orang2 yang penuh
    kesalahan tersebut

    -aaf-

    Amat Sangat Se-7 Se-X. Kayaknya memang itu yang belum dilakukan oleh PSSI, setelah semua komponen pada ngimpor, kenapa nggak wasitnya sekalian.

  3. Setuju dukung wasit indonesia dibubarkan, datangkan wasit asing…sekalian juga penonton asing juga …aman dehh
    heheh

    Wasit asing, pemain asing, penonton asing❓ Lalu kita pada ke mana❓

  4. salam sepakbola indonesia

    saya sebenarnya iba juga dengan kondisi perwasitan di indonesia, apa sih yang diplajari oleh mereka. sejujurnya sebagai orang yang selalu merasa pengen adil apakah p[ernah terpikirkan kalo kita berada sebagai wasit disana, apakah kita sadar tugas yang dia emban di lapangan. sulit memang melihat atau menanggapi hal ini, tapi kita harus memposisikan diri sebagai orang netral pasti ada benang merah dimana letak kesalahannya… saya sendiri ketika wasit di goblog-gobloki pengn rasanya berada di lapangan memimpin sebuah pertandingan, pernah saya coba di pertandingan biasa tetap saja sulit menjadi pengadi lapangan, hanya faktor situasi di lapangan ini yang ga bisa dikontrol oleh beberapa pihak. kalo mau bubarkan wasit indonesia, trus sapa yg memimpin toh mereka berlindung di sebuah badan itu,
    saran sih… kalo kita mau memperbaiki sepakbola indonesia yah harus sadar dulu nie klub” untuk bermain fair, jangan sampai wasit memihak kepada sebeuah klub, dan wasit pun jangan sampai di sogok untuk sebuah kemenangan, pernah lihat kasus calciopoli di italia, hebat ga tuh italia, bisa merubah juara di akhir” periode, mungkin beberapa hal dirasakan seorang wasit ketika memimpin di setiap pertandingan, mungkin beberapa pimpinan yg bisa jadi berhubungan dengan sepakbola indonesia menginginkan hal ini, apa perlu nurdin halid, nugraha besoes, igk manila, andi darussalam memimpin pertandingan.
    wasit memang salah, atau ragu dengan keputusan dia jadi pembinaan yang baik perlu dilakukan kita lihat saja mau seperti apa sepakbola indonesia, siap juaranya dan bagaimana prosesnya patut kita perhatikan,
    http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2008/10/22/224803/1024421/76/badan-wasit-janjikan-perbaikan

    Selama Uang (masih) Maha Kuasa, sulit deh untuk bisa fair. Yakin❗

  5. yang salah bukan seorang wasit, melainkan orang yang ga pernah bisa menerima kekalahan. seseorang pasti pernah berbuat salah. jika saya melihat wasit kita sama dengan wasit di liga spain, sama-sama buruk. sama-sama ragu dan takut terhadap suporter tuan rumah. sekarang sudah jarang sekali kita melihat wasit yang baik dan berkualitas di indonesia. mungkin karena takut di hajar suporter tuan rumah. hahaha…
    jika liga dan wasit kita mau baik kita semua harus bisa mengakui dan menerima kekalahan. banyak klub di indonesia tidak mau mengakui kekalahan, padahal klub tersebut juga blum pernah mengharumkan nama bangsa alias buruk. jika klub kalah dan hanya menyalahkan seorang wasit saya bisa menyimpulkan bahwa klub tersebut tidak akan punya masa depan yang cerah. dan kita melihat sebuah organisasi yang bernama pssi terlalu meremehkan dalam menghukum dan memberi sanksi. jika di gedung DPR banyak koruptor maka di PSSI banyak komentator. jangankan wasit seorang komentator pun sering salah ngomong, ngomong aja salah apalagi prediksi, gitu koq disebut pengamat, ngamati aja salah… polisi aja salah tangkap apalagi wasit pasti salah ngeliat hahaha. inilah masalah sepakbola di dalam negaraku tercinta… Indonesia-Indonesia kapan mau maju… ???? Gue mau jadi wasit ni ada yang tahu caranya gak?….

  6. Salam olah raga,

    bicara tentang wasit indonesia, bisa dibilang adalah titik yang terlemah dalam sepak bola indonesia. suporter sudah cukup baik, club dan stadion sudah sangat layak, jadi jalan satu2ny agar sepak bola indonesia menjadi lebih baik adalah ganti semua kepengurusan PSSI dan BWI, semua calon pengurus maupun wasit harus standar FIFA dan mengikuti pelatihannya baik itu skill, fisik, maupun mental.

    savogilland
    bobotoh PERSIB

  7. Each month management consultants in the Great Britain receive more than
    $9 billion for their services. Much of this money pays for
    shadowy data and poorly prepared resource fo review services, local rules &
    procedure evaluation.

    Our business system is focusing in ensuring the safety and increase the efficiency of
    practice. We and our partners undertake a wide range of
    zones of activity, including RTF – our own unique framework of review.
    We, have goodly experienced and talented consultants offer a wide variety
    of special session services to meet people many needs.

    We together with you provides you with the research and statistics frameworks to grow your share of
    the global market. We offer detailed support that can help you achieve
    your business goals through consulting on strategic things, product development,
    marketing programs and channels for distribution.

    A common objective for a statistical research project is
    to investigate causality, and in particular to draw a actionable conclusion on the effect of changes in the values of predictors or other
    variables on other variables or reactions. There are two major types
    of causal statistical studies: experimental studies and
    observational studies. In 2 types of studies, the effect
    of differences of an independent variable (or variables) on the behavior of the dependent variable are observed.

  8. Hi there, I found yor blog by eans of Google whklst searchhing for a similar matter, your website got here up, it appears great.

    I have bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, simlly was alert to your blog thru Google, and located that it’s truly informative.
    I am going to watch out for brussels. I will appreciate should you continue this in future.

    Numerous people will be benefited out of your writing. Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s