Blogger: Hanyalah Produsen Sampah!


0-malu.jpgMembaca beberapa opini yang beredar hari ini soal sinyalemen Roy Suryo (Pakar Telematika) dan Ahmad Dhani (pentolan Grup Dewa 19) membuat saya mengelus dada.

Roy, yang karena namanya dicatut blogger, entah dicatut masalah apa, menyatakan bahwa blogger (Indonesia) cuma produsen sampah belaka dan penipu. Jadi jangan peduli.

Kalau memang benar demikian adanya, ini artinya apa yang keluar dari otak Juwono Sudarsono, Putu Wijaya, Wimar Witoelar, Goenawan Mohammad, Yusril Ihza Mahendra, Hermawan Kartajaya, Dian Sastro, Agung Firdaus, A. Fatih Syahud, Budi Raharjo, Alix Wijaya, Djunaedi RD, dan masih banyak lagi, adalah sampah belaka.

Lain lagi pernyataan Ahmad Dhani, yang bilang blooger adalah orang-orang yang kurang kerjaan dan bodoh. Entah apa arti nggak punya kerjaan di benak Ahmad Dhani.

Marah? Jengkel? Tidak! Apa untungnya bila saya marah? Justru saya menyarankan kepada para penghuni blogosphere agar berkenan memaafkan mereka. Mereka juga manusia. Pasti lontaran dari ucapan itu penuh dengan muatan emosi. Siapa tahu, mereka lagi sumpek dengan masalah mereka. Lebih-lebih dengan Ahmad Dhani yang lagi perang dengan Maia Estianti.

Dengan melontarkan pernyataan semacam itu, siapa tahu bisa meredakan gejolak yang ada dalam dada mereka.

Bagi saya, segoblog-goblognya seorang blogger, mereka pasti bisa baca tulis, ngerti operasi komputer dan internet. Bisa membikin blog (untuk ukuran Indonesia) sudah boleh dibilang bagus. Dari sekian juta Warga Negara Indonesia yang menenggelamkan dirinya dalam ber-BLOGGER-ria pasti ada MUTIARA di antara tumpukan SAMPAH, kalau kita mau berbaik sangka. Kalau mereka mau sedikit meluangkan waktu, niscaya akan ditemukan itu MUTIARA.

Memang tak semuanya patut diperhatikan. Namun jangan “digebyah uyah podho asine“. Saya sebetulnya sangat respek dengan sepak terjangnya selama ini. Tapi mendengar penyataan tadi, respek saya agak surut. Demikian pula halnya dengan Ahmad Dhani.

Maklum, selebriti juga manusia. Mereka berhak marah. Karena mereka punya naluri.

6 thoughts on “Blogger: Hanyalah Produsen Sampah!

  1. Apa yang mereka definisi tentang blog hanyalah sebuah pendapat yang berasal dari wawasan mereka yang sempit. Sebaiknya mereka perlu menjadi blogger agar betul memahami apa artinya sebuah blog itu. Bukan hanya pandai berkomen asalan saja. Tanpa mengetahui apa yang dibalik blog itu sebenarnya. Btw, thanx ya linknya. Saia baru tahu pak yusril punya blog en bahkan jadi aktor film.

    Jadi, apapun kata orang, selama kita punya itikad baik dalam ber-blogger-ri niscaya akan ada manfaatnya. Bagi mas Roy mungkin (saat) ini tak ada manfaatnya. Siapa tahu nanti😛

  2. Hubungan Roy Suryo dengan para Blogger Indonesia sejak dulu memang kurang harmonis, entah sejarahnya bagaimana, Banyak para Blogger Indonesia yang mengkritik dan meragukan kepakaran Roy Suryo, sementara itu sering kali Roy Suryo berbicara ke media pers untuk tidak mengambil bahan berita dari para blogger, karena statement yang diajukan oleh para Blogger tidak bisa dimintai pertanggung-jawabannya. Berkali-kali Roy Suryo mengulang bahwa Blog adalah trend sesaat, dan kali ini Pakar Telematika kita mengatakan bahwa Blogger itu Tukang Tipu.

    Apakah anda memiliki Blog ? Apakah anda penipu ? tapi pertanyaan yang paling penting adalah
    Apakah Roy Suryo seorang Pakar Telematika ?

    Baca disitu http://www.disitu.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2483&Itemid=27

    Blog❓ Punya banyak. Penipu❓ Belum pernah.
    Pertanyaan yang terakhir❓ kayaknya begitu, paling tidak begitu media masa menyebutnya.
    Tapi mengatakan bahwa Blogger adalah penipu❓ Kayaknya ini bukan jawaban seorang pakar….
    Dari sekian juta blogger ada penipunya❓ Mungkin saja.
    Seperti juga, misalnya, koran. Dari sekian banyak koran, ada juga koran yang penipu, bikin berita sensasi. Kalau dianalogikan, apa semua koran penipu❓

  3. setuju pak, weblog memang tempat sampah, tapi juga ada mutiara disana. hanya untuk mereka yang mau mencari, yang bisa mendapatkan mutiara itu

    Terima kasih atas perse-7-annya.😛
    Semoga mutiara itu kian hari kian banyak. Sehingga sinyalemen yang dilontarkan kedua SELEB (bukan mesin selep beras) itu tak kan muncul lagi nanti.😀
    Numpang tanya, apa Warung Sari masih buka❓

  4. blogger sampah … ah kupikir engga ya … bener yang dibilangin tadi … orang yang ngeblog itu punya kelebihan dibanding yang ga ngeblog … secara kan bisa diliat dari tulisannya…. ada banyak mutiara dan pengetahuan yang ditulis sama si blogger di blognya… yang penting kita bisa milahnya aja …
    kalaupun memang ada yang isinya sampah, kupikir ga cuma blogger doank, musikus juga ada yang musiknya sampah, pejabat … ah semuanya pasti ada yang memang jadi sampahnya …
    salam kenal …. blogwalking ke blog aku ya kalo sempet. …

    Di mana tempat pasti ada yang bagus dan ada yang jelek.😛
    Mudah-mudahan saya bisa sempat ke sana.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s