Obama Dikuntit Hillary dengan Ketat


temp_flashheader.jpg

Setelah 12 kali menang berturut-turut, akhirnya Obama terseok di Ohio dan Texas. Walau posisinya masih memimpin dengan perolehan suara 1.477 delegasi sementara Hillary baru dapat 1.391 delegasi.

Jawa Pos Online, Kamis, 06 Mar 2008, menyebutkan bahwa rahasia kemenangan Hillary (menurut para analis politik AS, sukses Hillary tak lepas dari hasil strategi agresifnya menyerang Obama. Dengan pertaruhan yang begitu tinggi di Texas, Ohio, Vermont, dan Rhode Island, Hillary mampu menunjukkan secara meyakinkan ke publik bahwa pengalaman dan senioritas sangat penting bagi seorang presiden AS.

hillary_menang_di_ohio_dn_texas.jpgKarena itu, dalam debat terakhir di University of Claveland dan iklan televisi, senator New York itu gencar mempertanyakan kemampuan Obama menjadi presiden AS dengan pengalaman sangat minim. Keraguan itu terus dikobarkan oleh tim kampanyenya dalam iklan televisi yang dramatis tentang dering telepon di Gedung Putih. Iklan itu dengan jelas menggambarkan kapasitas Obama jika memegang mandat panglima perang.

Hillary juga menuding Obama mendua soal pasar bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement/NAFTA), sesuatu yang dibenci pemilih Ohio dan Texas yang memiliki angka pengangguran di atas rata-rata nasional. Karena itu, mereka mengganti pilihan pada menit-menit terakhir.

Citra Obama semakin merosot setelah hubungannya dengan patron politik yang menghadapi tuduhan kecurangan terungkap.

Di Ohio, Hillary yang mengibarkan slogan experience (pengalaman) unggul dengan meraih 54 persen suara, mengalahkan Obama yang mendapat 44 persen suara. Sedangkan di primary Texas, Hillary unggul tipis 51 persen suara dan Obama 47 persen. Ibu bermata biru itu juga unggul di Rhode Island dengan 58 persen suara, sementara Obama 40 persen. Satu-satunya negara bagaian yang lepas dari Hillary hanya Vermont. Obama unggul telak sampai 60 persen, sedangkan Hillary hanya 38 persen suara.

Selanjutnya, kandidat presiden AS yang pernah empat tahun tinggal di Indonesia itu mengatakan, yang diperhitungkan dalam pemilihan adalah delegasi. “Apa pun yang terjadi malam ini (kemarin malam, Red) kami masih memiliki keunggulan jumlah delegasi yang sama seperti pagi tadi dan kita akan sedang dalam perjalanan memenangi nominasi,” kata Obama kepada pendukungnya di San Antonio, Texas.

Total ada 370 delegasi Demokrat yang diperebutkan di empat negara bagian kemarin. (AFP/AP/Rtr/kim)

Nampaknya pihak Tim Sukses Obama harus putar otak, agar jagonya bisa menjadi kandidat dari Partai Demokrat.

One thought on “Obama Dikuntit Hillary dengan Ketat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s