Daftar Haji Sekarang, Berangkat 4 Tahun Lagi?


cover-surya.jpgSURABAYA – Surya Online Umat Islam yang mampu dan berniat untuk menunaikan ibadah haji, tampaknya kini harus ekstra sabar. Sebab, jatah pendaftar untuk pemberangkatan haji hingga tiga tahun ke depan (2011), sudah tidak ada lagi alias penuh. Itu terjadi di sejumlah provinsi.

Untuk Jawa Timur (Jatim), meski jatah bagi pemberangkatan haji tahun 2011 masih ada saat ini, namun terbuka kemungkinan jatah itu akan cepat terisi. Sebab, sampai awal Maret ini saja, jumlah pendaftar sudah mencapai 5.866 orang dari kuota Jatim sekitar 33.935 orang.

Jadi, jika jumlah pendaftar haji makin hari terus bertambah dengan cepat, maka sangat mungkin kursi untuk pemberangkatan tahun 2011 di Jatim pun akan penuh. Artinya, baru empat tahun ke depan (2012), pendaftar baru bisa berangkat. Itu sebagaimana sudah terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini..

“Untuk awal tahun ini, pendaftar haji 2008 di Jatim masih akan bisa berangkat tiga tahun mendatang atau tahun 2011. Tapi, untuk pemberangkatan tahun 2008, 2009 dan 2010 sudah tertutup,” kata Kepala Kanwil Depag Jatim, H Roziqi MM, di Surabaya, Jumat (7/3).

Melihat antusiasme dari umat Islam dalam melaksanakan Rukun Islam kelima ini, apa ini pertanda kemakmuran atau apa? Sementara di beberapa tempat masih sering kita dengar, kita baca dan kita lihat, masih banyak warga miskin yang kelaparan. Bahkan ada anak yang nekat gantung diri karena tindak kuat menahan lapar?

3 thoughts on “Daftar Haji Sekarang, Berangkat 4 Tahun Lagi?

  1. Wahhhh… disini (padang) antri 5 tahun😀

    Yang ndaftar saja antri 4 – 5 tahun. Bagaimana yang masih ndaftar dalam niat bin dalam hati, ya❓

  2. kakek saya bernagkat haji di usia 70 tahun. Sebelumnya ia sudah ditawarkan berkali2 untuk berangkat haji oleh anak2 nya. Tapi selalu menolak dengan alasan, tetangganya masih banyak yg susah, bahkan untuk makan sekalipun. Ia menunda ibadahnya untuk menunggu para tetangganya dapat hidup layak. Dan selama hidupnya, setiap kali panen, 1/2 hasil panen diberikan para tetangga. Uang pensiun yg tak seberapapun selalu dibagikan kpd tetangga. Saya yakin ia tersenyum di rumah Tuhan sekarang..

  3. repot emang kalo dikaitkan dengan kondisi lingkungan. Tapi gimana lagi la wong kita diharuskan antri 4 tahun. Itu aja dibantu bank. Kalo nunggu tabungan ya… belum tentu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s