Dana Rp 403 Milyar Siap Disalurkan Maret 2008


1999_100000_rupiah.jpgLembaga Pengelola Dana Bergulir dalam situsnya, tanggal 30 November 2007 memberitakan bahwa Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Suryadharma Ali memastikan program penyaluran dana bergulir sebesar Rp 403 miliar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) segera diluncurkan. “Prosedurnya sedang disiapkan. Kami berharap program ini bisa segera direali’ sasikan sehingga dapat membantu pelaku UMKM dari sisi permodalan,” ujar Suryadharma kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (23/10).

Menurut dia, dana bergulir sebesar Rp 403 miliar itu akan disalurkan melalui rekening khusus atas seizin Menteri Keuangan (Menkeu). “Soal besaran bunga yang akan dikenakan masih menunggu keputusan Menkeu,” tuturnya. Dia menambahkan, pihaknya masih menghitung UMKM yang akan mendapat dana bergulir tersebut. “Pokoknya, dalam waktu dekat, dana tersebut diharapkan dapat disalurkan,” ucapnya. Secara terpisah, Direktur Utama Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) Chairul Fadjar Sofyar mengungkapkan, Depkeu telah menyetujui pembuatan rekening baru untuk menyalurkan dana tersebut di sejumlah bank, di antaranya Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri.

Dia menjelaskan, bantuan permodalan yang diharapkan mampu menggerakkan sektor riil tersebut tidak disalurkan langsung kepada pelaku UMKM, namun melalui lembaga keuangan atau kelompok UMKM. Dana sebesar Rp 403 miliar itu, kata Fadjar, merupakan dana bergulir yang berhasil ditarik pemerintah untuk menambah permodalan LPDB. “Sekarang juga sedang disiapkan standard operating procedure (SOP) sistem penyalurannya yang akan mendapat persetujuan Menkeu.

Dua bulan berlalu, pada hari Senin, 18 Februari 2008 17:35,  kapanlagi.com menurunkan berita bahwa Departemen Keuangan (Depkeu) menjanjikan dapat menyelesaikan penyusunan peraturan mengenai dana bergulir pada Maret 2008, yang dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“PMK tentang dana bergulir sedang diselesaikan, kita harapkan bulan Maret nanti dapat diselesaikan. Diharapkan bulan Maret sudah terbit PMK-nya,” kata Sekjen Depkeu, Mulia Nasution.

Lalu, Sabtu, tanggal 1 Maret 2008 di kapanlagi.com lagi, diwartakan bahwa Menteri Negara Koperasi dan UKM, Surya Dharma Ali, menyatakan siap menyalurkan dana bergulir untuk penguatan modal UMKM begitu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) soal dana bergulir terbit, yang ditargetkan selesai Maret 2008.

“Kami siap begitu dana bisa dicairkan setelah PMK itu terbit,” kata Suryadharma Ali, di Jakarta, Jumat. Ia mengatakan, hingga kini telah banyak pelaku UMKM yang mengajukan permohonan bantuan perkuatan modal dalam program dana bergulir.

Sejumlah wirausaha baru pun tercatat turut mengajukan bantuan perkuatan modal dana bergulir di samping pelaku UMKM yang sebelumnya pernah mengajukan bantuan.

“Program ini seharusnya sudah bisa dimulai hari ini (kalau PMK dana bergulir sudah terbit),” katanya. Sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Departemen Keuangan dan sempat meminta penyelesaian PMK secepatnya.

“Dulu saya juga sempat meminta kepada Dirjen Depkeu terkait bahwa semua sudah selesai 75-80% pada akhir 2007,” katanya.

Ia juga memprioritaskan untuk memberikan peluang seluas-luasnya kepada pengelola UMKMB baru untuk mendapatkan bantuan dana bergulir.

Hal itu karena salah satu target program Kemenkop adalah menciptakan wirausaha baru melalui koperasi dan UKM.

“Untuk mengidentifikasi mereka cukup mudah tinggal cek badan hukumnya yang terdaftar di sini. Dari situ dapat diketahui apa dia `pemain UKM lama` atau `pemain` UKM baru,” katanya.

Dana bergulir merupakan salah satu program Kemenkop dan UKM sejak tahun 2000 yang disalurkan melalui sejumlah proyek “kelompok belanja modal fisik lainnya.”

Penyaluran dana tersebut dilakukan melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB). (*/lin)

Dan sekarang tanggal 10 Maret 2008. Apakah dana itu sudah cair? Sampai berita ini diturunkan di sini, belum ada kabar lebih lanjut. 

2 thoughts on “Dana Rp 403 Milyar Siap Disalurkan Maret 2008

  1. Adanya dana bergulir pada gilirannya berharap dapat membantu masyarakat miskin sehingga dapat bergulir keposisi meningkatnya taraf kehidupan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat Indonesia menjadi dan membangun realita kehidupan masyarakat yang adil dan beradab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s