12 Langkah Menuju Daya Ingat Lebih Baik


12-langkah2.jpgWalaupun beberapa bagian spesifik daya ingat bisa menurun sesuai umur, seluruh daya ingat tetap tajam sampai sedikitnya umur 70-an. Peneliti ahli menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata umur 70 sama baiknya dengan beberapa tes daya ingat 30% dari yang berumur 20 tahun. Dan banyak orang yang lebih tua pada umur 60 dan 70-an skornya secara signifikan lebih baik dalam intelegensia verbal daripada orang-orang muda. Demikian penulis mengawali langkah 11 yang berjudul Menjaga Daya Ingat Sesuai Umur.

Sementara itu dalam kata pengantarnya, penulis bilang, bahwa orang sering beranggapan bahwa daya ingat mereka adalah sebuah benda,…. Padahal kenyataanya daya ingat bukanlah sebuah obyek yang benar-benar ada, melainkan sebuah proses mengingat.

Lantas (sebetulnya) di mana daya ingat itu bersemayam? Jawab penulis: saat ini, tempat daya ingat tidak dapat ditemukan di otak. Namun, para ahli meyakini bahwa sebenarnya fungsi-fungsi daya ingat banyak berada di tingkat dasar – tingkat dari sinaps-sinaps yang berpencar pada pola jarring laba-laba di dalam otak. Pada kenyataannya para ahli tidak sepenuhnya membuat suatu pemisahan antara proses bagaimana Anda mengingat dan bagaimana Anda berpikir. Tak ada satupun proses yang sepenuhnya dimengerti. Penelitian untuk menemukan bagaimana otak mengorganisir daya ingat dan di mana daya ingat itu diperoleh dan disimpan masih merupakan tantangan bagi para peneliti.

Yang jelas sekarang, bagi kita sekarang adalah, bagaimana kita bisa memaksimalkan dan memelihara daya ingat yang kita punyai. Penulis buku ini memberikan 12 langkah. Yaitu:

  1. Mengerti Bagaimana Daya Ingat Bekerja.
  2. Mengenal Kunci-kunci Menuju Daya Ingat Lebih Baik.
  3. Meningkatkan Daya Ingat Sehari-hari.
  4. Mempelajari Metode Loci.
  5. Mengikuti Metode Penghubung.
  6. Menguasai Sistem Peg.
  7. Mengingat Nama-nama.
  8. Mengingat Teks Pidato dan Bahasa Asing.
  9. Mengingat Angka-angka.
  10. Meningkatkan Metode Belajar Anda.
  11. Menjaga Daya Ingat Sesuai Umur.
  12. Meningkatkan Daya Ingat Anda melalui Gaya Hidup Anda.

Jadi, kesimpulannya: walau kehilangan daya ingat adalah efek penuaan yang tak terhindarkan, dengan buku ini kita bisa mempelajari teknik-teknik yang berdasarkan pada penelitian neuropsikologik yang dapat membantu mencegah penurunan daya ingat – dan bahkan mengembalikan kondisi daya ingat orang-orang yang tidak sehat, jika itu sudah mulai terjadi.

Buku ini terbit tahun 1996 dengan judul: 12 Steps To A Better Memory, ditulis oleh Carol A. Turkington, lantas pada tahun 1997 buku ini diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh PT. Grasindo, Jakarta, 1997, Cetakan I, Rp. 15.800, hasil terjemahan Dr. Dini Adityarini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s