Membumikan Nilai Etis Wayang Kulit


nilai-etis-wayang.jpgLakon-lakon wayang yang “pakem” maupun yang “carangan”, betapapun asal mulanya dikembangkan dari babon-nya yang Mahabarata dan Ramayana asli India, secara simbolik yang khas wayang mencerminkan pandangan hidup yang Jawa, yang Pancasila, yang Indonesia.

Perwatakan manusia dalam segala aspek dan manifestasinya tersembulkan dengan sangat halus dalam penampilan tokoh-tokoh protagonis maupun antagonis dalam repertoir wayang yang serba luas jangkauannya dan serba dalam jajagannya. Penonton tidak jarang mengindentifikasikan diri dengan wayang yaang dicocoki. Apa yang ditawarkan wayang, apabila diteliti secara kritis, lepas dari chauvinisme yang berlebih-lebihan dan pengagung- agungan masa lalu, akan sangat bermanfaat bagi kehidupan bangsa Indonesia, yang dalam kiprah pembangunannya sedang mencari nilai-nilai yang dapat dipergunakan bagi pembangunan watak bangsa.

Nilai-nilai yang terdapat dalam wayang, oleh sejarahnya yang teramat panjang, merangkum nilai-nilai yang berasal dari sistem etika purba, Hinduisme/Budhisme, Islam, aliran-aliran kepercayaan/kebathinan dan lain-lain. Hazim Amir dalam karya tulisnya (Nilai-nilai Etis dalam Wayang, Penerbit Sinar Harapan, Jakarta, 1997m Rp 13.800) ini berhasil mengangkat 20 butir nilai etis yang luhur dalam ajaran-ajaran lakon wayang purwa (wayang kulit) disertai contoh pribadi pelakunya. Dikupas secara ilmiah dan jelas, tidak bertele-tele sehingga pembacanya mudah menangkap dan mencernanya.

Bagi orang yang ingin tahu apa yang terkandung dalam ajaran wayang purwa, yang banyak mempengaruhi cara berpikir dan perilaku masyarakat penggemarnya (Jawa), baik yang rakyat biasa maupun para pemimpinnya, buku ini merupakan satu petunjukkan yang berharga.

[ Review ini saya ambil dari tulisan saya di sini ]

3 thoughts on “Membumikan Nilai Etis Wayang Kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s