Andai Muhammad Lahir di Jawa


behindwindow.jpg6 hari lagi, 12 Rabiul Awal 1429 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 20 Maret 2008 dan bersebelahan dengan Kenaikan Nabi Isa, umat Islam merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Kaum ulama yang berpaham Salafiyah dan Wahhabi, (saya comot dari sini) umumnya tidak merayakannya karena menganggap perayaan Maulid Nabi merupakan sebuah Bid’ah, yaitu kegiatan yang bukan merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW. Mereka berpendapat bahwa kaum muslim yang merayakannya keliru dalam menafsirkannya sehingga keluar dari esensi kegiatannya.

Sementara itu, masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten.

Sedang di sebagian masyarakat muslim Sunni dan Syiah di dunia merayakan Maulid Nabi. Muslim Sunni merayakannya pada tanggal 12 Rabiul Awal sedangkan muslim Syiah merayakannya pada tanggal 17 Rabiul Awal, yang juga bertepatan dengan ulang tahun Imam Syiah yang keenam, yaitu Imam Ja’far ash-Shadiq.

Tadi malam, rencananya saya mau melakukan pembunuhan 1000 setan dengan istri saya. Namun karena istri saya nampak asyik terlelap dengan anak-anak saya, maka hanya bisa memandangnya saja. Lantar pikiran nakal saya muncul, seperti yang menjadi judul opini ini. Andai Muhammad lahir di Jawa,bagaimana perkembangan Islam. Apakah bisa seperti sekarang, tidak berkembang atau malah berkembang lebih pesat?

Kemungkinan, demikian pikiran saya menerawang, Al-Qur’annya pakai bahasa Jawa: Ha Na Ca Ra Ka. Lalu kiblatnya di mana?

Ah, setan alas! Kenapa pikiran ini jadi ngaco begini. Segera saja saya bangkit dari tempat tidur dan pergi mengambil air wudlu. Saya nelakukan sholat tobat. Semoga saya mendapat ampunan dari Allah SWT atas keliaran pikiran saya ini.

Subhanallah!

Selamat merayakan Maulid Nabi. Semoga jalan terang akan terus membimbing kita semua. Amiin ya Robbal Alamiin…….

150px-muhammed.gif

14 thoughts on “Andai Muhammad Lahir di Jawa

  1. tahun ini saya sepertinya tidak bisa merayakan maulid nabi. hiks hiks…
    kalo di rumah pasti rame, karena banyak orang membacakan sholawat untuknya…

    salam

    Ya, paing tidak walau jauh di rantau, kita bisa selalu berpegang pada tuntunannya. Insya Allah bakal selamat dunia akhirat😛
    Salam kembali.

  2. MAS, NGGAK APA2 SAMPEYAN PENGIN MEMBUNUH 1000 SETAN CUMA SETAN ALAS ATAU DIBESET ISINE KETAN ALIAS LEMPER.
    SETAN MALAEKAT BAIK BURUK BENAR SALAH SEMUA ITU ADI KODRATI SANG MAHA PENCIPTA.

    KITA SERING INGIN YANG BAIK SAJA SEDANGKAN KITA INI BUKAN MALAEKAT LALU YANG BURUK ITU MILIK SAPA ? ADA YANG LAGI YANG INGIN MEMBUNUH NAFSUNYA ? LHA ITU KARUNIA ALLOH KOK MAU DIBUNUH! APA KITA TIDAK INGIN MEMILIKI KETURUNAN ? DAN TIDAK INGIN MEMANFATKAN KENIKMATAN YANG DIKARUNIAKAN TUHAN ? BLAI ! KABEH MUBAZIR KON!

    UDAH YA KETERUSAN NANTI KAYA TUKANG JUAL OBAT AJA.

  3. kemaren adalah HARI KELAHIRAN NABI MUHAMMAD, sebelumnya aku lupa akan hal itu karna ditempat saya kerja, tak ada yg merayakannya… sedih sich klo inget yg dirumah…
    tp ALHAMDULILLAH saya mendapat sms dari man*n yg memberitahukan hari MAULUD NABI MUHAMMAD.
    SHOLLU ALA NABI MUHAMMAD………
    SALAM……..

    ————aim_nuzul17—————

  4. katur Mas Djun..

    Saya juga prnah mengandaikan hal tsb Mas. malah parahnya pasti Baju cirikhasnya Batik dan Blangkon. bukan Jubah dan Sorban. Tapi yang saya sayangkan Mas, jaman sekarang “seragam” itu hanya sebatas Lahir atau Kulit luarnya aja.
    Sehingga orang ramai2 berseragam tanpa mentauladani akhlak Beliau..

    Matur nuwun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s