Selamat Pagi, Korupsi……


kemasyahya_japos.jpgTepat 17 hari sejak menghentikan penyelidikan kasus BLBI Sjamsul Nursalim, Kemas Yahya harus merelakan jabatannya. Padahal, jauh-jauh hari sebelumnya, Kemas dikenal punya semangat luar biasa untuk menyelesaikan tunggakan kasus-kasus korupsi di Gedung Bundar, demikian antara lain berita Jawa Pos Online, 18 Maret 2008 yang memberitakan tentang Imbas Kasus Suap Jaksa Urip. Jaksa Agung Hendarman Supandji melakukan bersih-bersih di Gedung Bundar. Seluruh pejabat di gedung yang menjadi pusat pengusutan korupsi itu dicopot. Mulai Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kemas Yahya Rahman yang sejak kemarin harus meninggalkan jabatannya, Direktur Penyidikan M. Salim, hingga seluruh pejabat di bawahnya.

Masih segar dalam ingatan para wartawan peliput di kejaksaan saat Kemas Yahya mengucapkan “selamat pagi” untuk melecut semangat kinerja anak buahnya. Ucapan “milik” motivator Andry Wongso itu pernah menjadi ciri khas jaksa senior tersebut.

Jargon “selamat pagi” juga dipinjam Kemas Yahya saat menyampaikan hasil penyelidikan kasus BLBI bersamaan dengan evaluasi kejaksaan 2007 pada 2 Januari lalu. Kemas yang ketika itu duduk berdampingan dengan Wakil Jaksa Agung Muchtar Arifin dan para jaksa agung muda (JAM) Kejagung, terlihat mengepalkan tangan sambil berteriak, “Selamat pagi!”. Tanpa dikomando, puluhan anak buahnya pun menjawab lantang, “Selamat pagi juga!” Anak buahnya itu tak lain anggota tim jaksa 35 yang sebagian dikoordinasikan Urip.

Kemas pun melanjutkan, “korupsi!” yang kemudian disahuti anak buahnya dengan, “No…no…no.” “Pemberantasan korupsi!” Kemas kembali berteriak. ” Yes…yes…!” balas anak buahnya.

Kala itu, Kemas mengakui, ucapan selamat pagi merupakan cambuk agar anak buahnya tidak loyo. Tak peduli siang, petang, bahkan malam, Kemas selalu mengawali pertemuan dengan anak buahnya dengan ucapan, “Selamat pagi!” Ini dipraktikkan sejak Kemas Yahya menduduki jabatan JAM Pidsus mulai 24 Juli 2007.

Sekarang, pak Kemas tak lagi bisa bersalam “Selamat Pagi” kepada anak buahnya. Karena ia bakal menginap di hotel pordeo, bersama dengan para napi yang mungkin saja dulu pernah dijebloskan ke penjara oleh pak Kemas.

Pasti mereka kini siap-siap menyambut dan menyapa Pak Kemas :

Selamat Pagi, Korupsi!

4 thoughts on “Selamat Pagi, Korupsi……

  1. harapannya semoga yang lain pada ngerti dan ngga buat korupsi lagi
    setuju ndak?

    Mestinya memang begitu😛
    Tapi bagi yang ‘julig’ bin cerdik, maka ini ‘warning’ agar permainan harus lebih canggih lagi❓
    Biar tidak kejatuhan sial…….

  2. Saya salut pada Bapakku pegawai negeri di salah satu instansi BUMN yang basah dengan Gol IV D tapi rumahnya masih papan semi permanen dihuninya sampai
    ia meninggal, Ia memberi contoh pada anak istrinya agar hidup hemat, pernah dulu saya minta sepeda motor tapi tidak dibeliin malah suruh jalan kaki saja soalnya anaknya teman Bapak yang jabatannya rendah pada punya mobil dan motor kalo sekolah.
    sekarang aku baru tahu ternyata cari duit memang susah, sekarang saya punya duit dari hasil kerja keras. Dan saya sungguh beruntung dalam mendapatkan kerja saya tidak pernah pakai ijasah, tapi orang menawarkan pekerjaan pada dan saya lakukan dengan tanggung jawab mereka suka dan puas dengan kerjaanku gajinya jutaan. Saya paling benci lihat anak pegawai negeri bawa mobil dan mejeng ,pasti itu hasil korupsi coba diitung secara normal pasti tidak akan pas kantong bapaknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, bukan saya iri tidak bisa beli mobil, tapi hingga saat ini saya jarang menikmati hasil dari jerih payah saya, karena untuk membantu saudara yang kekurangan serta untuk ibuku yang tercinta kalo aku agak egois aku sudah kaya dari dulu tapi aku bersyukur menikmati hidup ini , aku bukan orang suka korupsi yang mengambil keuntungan atau mengambil sesuatu yang bukan haknya.

    Sayangnya contoh seperti bapak sampeyan itu termasuk barang langka. Seribu satu, atau bahkan sekian juta satu.😛
    Karena apa❓ Karena masuknya sudah makan biaya banyak. Makanya lantas kejar setoran, bahkan – sialnya – sering kebablasan. Habis enak❗

  3. Pretty section of content. I just stumbled
    upon your website and in accession capital to assert that I acquire actually
    enjoyed account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement
    you access consistently quickly.

Leave a Reply

