Tak Ada Manusia Bodoh Di Dunia Ini


otak.jpgKemarin saya mampir di blog mas Budi Rahardjo. Ia merasa (senang) menjadi orang bodoh. Kenapa begitu? Menurut saya dengan mengaku dirinya bodoh, maka sah untuk berkata apa saja, tanpa ada rasa salah. Kan orang bodoh….

Tapi saya yakin, seperti komentar saya di sana, mas BR ini tengah mendalami ilmu padi. Semakin padi itu berisi, semakin ia menunduk. Lain dengan padi yang ‘tidak jadi’ alias kopong. Kepalanya akan tegak menantang.

Sejatinya manusia lahir ke dunia ini sudah membawa segumpal otak, sebagai pembeda dengan mahluk Allah yang lain. Jadi manusia dihadirkan ke dunia adalah sebagai mahluk yang cerdas. Meskipun (hewan) juga punya otak, dalam anatomi hewan, Otak atau encephalon, adalah sentral supervisori dari sistem syaraf. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Sementara Otak manusia juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

otak_einstein_wikipedia.jpgBahkan Otak Albert Einstein sering dijadikan sebagai objek riset dan spekulasi. Otak dari tokoh fisika terbesar di abad ke-20 ini diambil 7 jam setelah kematiannya pada tahun 1955. Otak ini menarik perhatian dunia karena reputasi Albert Einstein sebagai seorang jenius, dan nampaknya kelainan dan ciri khas di dalam otaknya ini mempunyai korelasi kuat dengan kemampuan intelegensi yang menyebabkan terciptanya banyak ide brilyen dalam dunia fisika dan matematika.

Hanya soalnya saat hadir di dunia, mahluk yang bernama manusia itu cukup makan apa tidak? Karena, galibnya, setiap makhluk hidup membutuhkan makanan.

foods_wikipedia.jpgTanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktifitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda.

foodmeat_wikipedia.jpgKarbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. Lemak digunakanmilk_glass_wikipedia.jpg oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.

Intinya, manusia itu butuh makanan (dari tumbuhan) berupa :

Sementara dari hewan berupa :

Ketakcukupan makanan akan membuat manusia menjadi bodoh, walau sejatinya ia punya bekal untuk menjadi cerdas.

Terbukti banyak anak bangsa yang menjadi juara internasional di bidang matematika. Meskipun (yang lebih banyak, celakanya) banyak yang kurang makan.

Kesimpulannya: seperti judul tulisan ini: Tak Ada Manusia Bodoh Di Dunia Ini.

Keadaanlah yang membikin manusia itu (menjadi) bodoh atau (menjadi) cerdas.

[ sumber tulisan : wikipedia ]

4 thoughts on “Tak Ada Manusia Bodoh Di Dunia Ini

  1. lam kenal….

    saya mampir d blog ini…setelah baca baca blognya BR…

    artikelnya bagus banget buat d jadiin pencerahan….:)

    wasalam..

    Ya, memang mas BR (yang sekarang ingin menjadi “manusia bodoh” itu) tulisannya selalu segar dan menarik. Apa pun yang ditulisnya selalu ada yang menarik……
    Terima kasih kunjungannya, Wassalam juga😛

  2. makanya banyak rakyat Indonesia yang bodoh ya, karna banyak yg kelaparan bahkan kurang gizi.

    Mereka bodoh karena memang mereka telah mengalami pembodohan yang akut.😛

  3. saat ini telah ditemukan beberapa manusia bodoh, pengen tau ya, itu ada band he he artikel ini bagus untuk membangun kesadaran manusia atas potensinya, makasih.

    Semoga manusia-manusia Indonesia (khususnya generasi balita hingga remaja) tidak menjadi bodoh lantaran tidak dapat mnemperoleh pendidikan yang kian hari kian mahal harganya itu😛

  4. Andai semua orang bisa berfikir dan mempelajari ilmu padi pasti orang tidak akan salah mengartikan hadist Rasul yang melarang menunduk kepada orang lain. Maksud hadist tersebut jelas namun banyak yang menyamarkan artinya. Sayang sekali.

    good post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s