Tolak Microsoft, Yahoo Pinang Google


mata_yahoo.jpgNEW YORK, SELASA – Habis menolak pinangan Microsoft senilai ratusan triliun, Yahoo merapat ke barisan Google. Dalam pernyataan yang dirilis Selasa (25/3), perusahaan tersebut telah bergabung ke dalam komunitas OpenSocial yang digagas untuk mengembangkan layanan-layanan online yang bekerja di semua latform web.

Pernyataan tersebut ditulis Wakil Presiden Yahoo, Wade Chambers, dalam tulisan blognya. Ia menyatakan pilihan untuk bergabung ke dalam OpenSocial saat ini karena sudah tidak ada waktu lagi untuk mencoba-coba, melainkan langsung memakainya. Ia juga berharap para pengembang software tidak ragu menggunakan platform OpenSocial sebagai pondasi untuk membuat berbagai aplikasi sosial berbasis web di masa mendatang.Inisiatif pengembangan platform OpenSocial didasari keinginan untuk menyamakan standar koding dalam pembuatan aplikasi yang berjalan di web. Dengan demikian, aplikasi-aplikasi seperti ruang chatting, games, dan album foto dapat dikolaborasi.

Situs-situs yang belum bergabung ke dalam komunitas ini menggunakan standar koding yang berbeda-beda sehingga aplikasi yang berjalan di suatu situs tidak dapat dipakai di situs lainnya. Sementara, beberapa penyedia layanan sudah bergabung ke dalam komunitas ini, antara lain Friendster, hi5, Linkedln, Nng, Orkut milik Google, dan Bebo yang segara dibeli AOL Time Warner senilai 850 juta dollar AS.

Masuknya Yahoo sekaligus bersamaan dengan didirikannya OpenSocial Foundation untuk memastikan bahwa pengembangan platform netral dan terus berlanjut. Organisasi nonprofit yang akan bekerja efektif mulai 1 Juli 2008 akan menyusun segala aspek teknis, legal, dan skema perlindungan hak cipta. (AP/WAH)

[sumber : KOMPAS TEKNO ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s