Olimpiade, Obor, Luna Maya dan Dik Doang


Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08.08.08 ( 8 malam lewat 8 menit dan 8 detik. (Angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepakbola, layar, voli pantai dan renang marathon 10km akan diadakan di kota-kota Tiongkok lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo resmi pertandingan, berjudul “Dancing Beijing” (Beijing Menari), dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing”, merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; Bahasa Inggris: Sikap bersahabat), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade adalah “One World, One Dream” (Satu Dunia, Satu Impian). Olimpiade Beijing akan terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Koran Sindo memberitakan, Luna Maya akan menjadi salah seorang pembawa obor Olimpiade 2008 yang berlangsung di Beijing, China. Luna terpilih melalui polling yang diselenggarakan secara online selama dua bulan, yang diselenggarakan oleh PT Samsung selaku sponsor utama Olimpiade Beijing terhadap 644.000 orang. Hasilnya, dari ratusan ribu suara itu, Luna mengumpulkan 31,88%-nya. Disusul atlet bulu tangkis Chandra Wijaya dan pebasket Denny Sumargo. Obor Olimpiade itu direncanakan dibawa oleh Luna pada 22 April mendatang. Aktris asal Bali ini akan berlari sepanjang 200 meter di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Di sana dia juga bakal bergabung dengan 80 pembawa obor Olimpiade lainnya dari Indonesia……..

Api dan obor Olimpiade telah memulai perjalanan keliling dunianya pada 25 Maret 2008. Dimulai dari Yunani, lalu dilanjutkan ke 136 kota di seluruh dunia. Perjalanan obor akan berakhir pada 8 Agustus mendatang di Kota Beijing. Total pembawa obor Olimpiade dari seluruh dunia adalah sekitar 22.000 orang.

Selain Luna, Dik Doang pun terpilih sebagai pembawa obor Olimpiade tersebut. Kabar ini saya lihat dalam Nuansa Pagi.

Estafet Obor Olimpiade Musim Panas Beijing 2008 berlangsung dari 24 Maret8 Agustus 2008. Rencana estafet obor telah diumumkan pada 26 April 2007, di Beijing, Cina.[1] Estafet obor ini, memiliki tema “Journey of Harmoni” dan slogan “Light the Passion Share the Dream”, berlangsung selama 130 hari dan melalui 137.000 km – jarak terpanjang dari semua estafer obor Olimpiade yang pernah ada. Setelah dinyalakan di Olympia, Yunani, obor akan dibawa ke Stadion Panathinaiko di Athena, dan kemudian ke Beijing, tiba pada 31 Maret. Dari Beijing, obor akan dibawa keliling dunia melalui enam benua. Obor akan melewati Jalur Sutra, sebagai simbolisasi hubungan antara Cina dan seluruh bangsa di dunia di masa lalu. Obor juga akan melalui pegunungan Everest.[2]

Walau prestasi Indonesia belum terlalu membanggakan, namun prestise patut dipertahankan.

Hidup Indonesia❗

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s