Slank Bakal Digugat DPR: Grup Musik Dilarang Berpolitik?


Gara-gara bikin lirik yang menyentil ‘sepak terjang’ DPR, seperti yang diberitakan Kompas.com, Senin, 7 April 2008,  Slank bakal digugat oleh DPR. Badan Kehormatan (BK) DPR mengeluhkan lirik lagu Slank mengenai pemberantasan korupsi. Dalam salah satu bagiannya, dinilai sangat menyudutkan anggota dewan. Hal ini menjadi salah satu materi dalam konsultasi tertutup yang dilakukan BK dan Ketua DPR Agung Laksono, di Ruang Kerja Ketua DPR, Gedung DPR, Jakarta.

“Ada Grup Band yang lagi aktif mendukung KPK, membuat lirik yang menyakiti lembaga. Bunyi liriknya ‘DPR tukang buat UU dan korupsi’. Itu akan ditindaklanjuti lewat Bamus. Ini grup komersial, bukan LSM. Kalau menjual memojokkan seseorang itu ada hukumnya. Seluruh bangsa di negara ini, kehormatannya ada di gedung ini. Ini rumah rakyat,” terang Wakil Ketua BK, Gayus Lumbuun usai rapat konsultasi.

Saat ditanya, apakah grup band yang dimaksud adalah Slank, Gayuus menjawab, “Ya”. Ketua BK Irsyad Sudiro menambahkan, pihaknya tengah melengkapi bahan-bahan berupa kaset dan rekaman, serta meminta pertimbangan komisi hukum (Komisi III) DPR, apakah layak untuk ditindaklanjuti secara hukum. “Kita akan minta pertimbangan apakah ini termasuk menistakan lembaga dan layak ditindaklanjuti,” kata Irsyad.

Oh, jadi yang boleh bermain politik itu cuma LSM doang❓

19 thoughts on “Slank Bakal Digugat DPR: Grup Musik Dilarang Berpolitik?

  1. nah klo baru dikritik aja kaya gitu
    mau sampai kapan indonesia berada dalam keterpurukan??

    Lha ya itu, kalau memang tidak seperti yang dituduhkan, kenapa sampai kebakaran jenggot❓

  2. Emang dpr itu bnyk omong jd g heran klo ke singgung sedikit aja bs sewot
    Mestinya ini dipakai untuk instropeksi diri😛

    Cocok😛

  3. Badan Kehormatan ?? cieeeee… gw baru denger ada badan kehormatan DPR… fungsinya buat apa ya ? untuk jaga kehormatan anggota DPR … ? huh.. kehormatan.. kehormatan…. , menggugat musisi…. wah ini sih trik jamannya orba yang uda basi… cuma mo cari perhatian aja kali… biar keliatan kerja getooo… dan biar ngetop… klo uda ngetop trus calonin diri buat pemilihan depan…. basiii

    Jadi, ingak ingak, 2009, jangan sampai salah pilih LAGI. Masak lagi-lagi salah lagi…….

  4. haha..keliatan banget “coward”-nya, sok-sok rumah rakyat..padahal yg masuk ke sana pada pake mobil mewah…rakyat dari mana???

    Yang boleh masuk sana memang WAKILNYA SAJA. Rakyat janganlah. Nanti ngiler lihat prabotannya.😛

  5. idealnya dibentuk badan kehormatan yang melindungi rakyat miskin .. kaum tertindas sehingga harga diri dan kehormatan pemimpin bangsa ini tidak dilecehkan oleh bangsa lain..

    Badan Kehormatan, Kepala Kepanasan (kena kritik)..

  6. apa urusannya band dilarang berpolitik, saya kira setiap warga negara indonesia mempunyai hak untuk berpolitik dan mengkritik setiap anggota DPR yang notabene dipilih oleh kita juga!!!!!!!

    Kalau pemusik dilarang berpolitik, mestinya anggota DPR juga dilarang:
    MENDENGARKAN MUSIK………

  7. 1. telinga pasti mudah terbakar manakal dikritik….dan tindakan BK DPR menunjukkan kalau memang tidak bisa menolelir kritik yang disampaikan slank…

    2. sebenarnya kalau mau bereaksi kenapa tidak sejak tahun 2004 ketika lagu tersebut awal-awal dirilis…nampaknya BK DPR reaksioner….karena lagu ini akan dijadikan lagu jingle-nya KPK…artinya bereaksi setelah lagu tersebut sampai ke KPK

    3. tapi kritik slank juga tidak berhasil menggunakan bahasa yang cerdas sehingga mengundang kontroversi sedangkan apa yang disampaikan oleh iwan fals dengan terminologi wakil rakyat justeru lebih kena dan akurat……kalau langsung mengatakan dpr maka menyerang pada institusi sedangkan kalau wakil rakyat mungkin lebih personal…walaupun masyarakat awam akan mengeneralisasikannya juga

    Mungkin kata DPR perlu diganti menjadi kata RPD, atau PDR, DRP, atau …….😛

  8. Aneh sekali…lagu itu diributkan setelah Slank medukung KPK dalam pemberantasan korupsi. Padahal lagu tersebut dilansir tahun 2004. Oom Gayus dan Oom Irsyad baru dengerin ya lagu-lagunya Slank? Atau takut ditangkap KPK karena isi syair lagunya Slank itu benar adanya? atau ganti saja UUG..Ujung-Ujungnya Gayus…

    Mari kita tunggu, apa yang terjadi selanjutnya❓

  9. Biasa aja napa jadi anggota DPR, namanya negara demokrasi. Nggak perlu sampai gugat menggugat. Mendingan ambil hikmahnya kalau masih ada orang peduli sama DPR.

    Yang diusut mestinya anggota DPR yang nakal, bukan Anak-Anak Slank Yang Memang Nakal😛

  10. haha… dari situ kan udah keliatan..
    siapa yang ngerasa melakukan dan siapa yang gak ngerasa melakukan…

    *betapa bodohnya*

    Apalagi itu lagu sudah beredar sejak 4 tahun yang lalu😛
    Untungnya mereka segera mengurungkan niatnya😀

  11. DPR harusnya minum susu Dencao
    “koyok cah cilik ae”
    pemikiran dak dewasa
    “seni tidak bisa dilihat dari satu titik, harus dilihat global”
    kalo dipenggal liriknya memang di telinga panas
    tapi kalo didengerin semuanya “gosip jalan”
    asumsi : cuma gosip, belum tentu pasti
    tapi kalo yang di kritik “tersinggung”
    berarti “Benar” kritikan itu
    SLANK dan SLANKERS Vs DPR

    Untungnya para Anggota DPR segera menyadari kekeliruannya. Kabarnya mereka mengurungkan niatnya itu. ALhamdulillah😛

  12. manipulasi di sini, perkosaan moral di sana, ribut soal harga diri, permainkan kuasa…..lalu mau bilang apa dan bagaimana…mending mainkan bluesku……buat slank..loe harus grak..jangan takut, jangan mundur..oh temanku ayo maju…….kami putra putri slankers indonesia slalu di belakangmu..

    Zaman sekarang kritik tidak dilarang😛
    Yang dilarang adalah mengedarkan FITNA. Apalagi bikin fitnah:mrgreen:

  13. weah tadi seru bro acara di sctv bang jayus kehabisan akal ama bapk pengamat politik emang DPR tu kerjanya cuma cari2 selah buat gedein perutnya ngak pernah mkirin rakyat!!!!!!hidup slank aku lah pendukungmu hiec

    :mrgreen:
    Seperti orang kehilangan peluru ………❓

  14. DPR harusnya sadar klo kinerja meraka kurang baik, baru dikritik gitu aja udah puyeng, knapa pada saat korupsi dia ga puyeng?

    Ironinya beberapa hari kemudian, ada seorang anggota DPR ditangkap KPK karena ada dugaan korupsi.😛

  15. DPR kurang kerjaan.. tugas masih bnyk, rakyat masih bnyk yg susah malah ngurusin lagu. ngaca… emang persis ky anak tk

    Saya ingat Gus Dur dulu soal kayak anak TK, 7 tahun yang lalu.
    Jadi sudah kelas 1 SMP ya❓

  16. Alhamdullilah, akhirnya suara rakyat bisa didengar oleh telinga para wakil rakyat kita yang sekarang sudah berada nan jauh disana… walaupun__masih dijawab dalam bentuk gugatan, bukanya dengan introspeksi kinerja.
    Harusnya anggota DPR bertanya kepada diri sendiri mengapa group musik SLANK bisa memiliki presepsi seperti itu terhadap DPR.
    Tph, kalau memang DPR tidak seperti yang tertulis dalam lirik lagu SLANK, coba buktikan_bukan melalui alasan-alasan (gugatan) namun bukti yang nyata.

    Untungnya niat itu diurungkan.😛
    Apa karena ada seorang temannya yang ditangkap KPK karena ada tengara korupsi, ya❓

  17. hush…. jangan pada ribut dong…
    mereka itu,
    memang gue tugasin mewakili gue…
    ceritanya gini…

    saat itu gue lagi sibuk..
    mereka pada nganggur…
    daripada bikin repot…
    gue suruh mereka pada jadi “WAKIL” rakyat…

    kalo mereka pada begitu…
    mohon maklum…
    udah bawaan orok…
    sejak mereka lahir….
    asalnya tukang palak…

    tapi.. kasihan…
    daripada jadi tukang palak…
    kita kasih dasi….
    itung-itung kita sedekah…
    pake uang pajak kita…. he he he….

    Mestinya sampeyan kasih pesan pada mereka supaya jangan sekali-kali melepas head-phone. Agar mereka bisa mendengar lagu-lagu yang sesuai dengan mereka saja:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s