2008 Foto Telanjang Menyambut EURO 2008


Kompas, dalam BolaRopa ’08 (Laporan Khusus Piala Eropa), Kamis kemarin (10 April) memberitakan bahwa Spencer Tunick, sorang seniman komtemporer dari New York, akan bikin Foto Telanjang Massal Sambut Euro 2008.

Seniman kontemporer New York Spencer Tunick yang dikenal mendunia karena karya foto bugil massal berencana mengumpulkan hingga 2.008 fans sepakbola yang rela tidak berbusana sama sekali untuk diabadikan dalam karya fotonya di stadion sepakbola yang akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan final turnamen Euro 2008.

Perusahaan kereta api nasional Austria akan menawarkan tiket gratis ke 2.008 pendaftar pertama baik pria maupun perempuan yang rela difoto secara bersama tanpa sehelai benang pun melekat ditubuh pada tanggal 11 Mei 2008 baik dalam kondisi cuaca hujan maupun cerah. Spencer Tunick akan mengabadikan mereka yang rela diambil sebagai objek foto bugil massal ini di Stadion Ernst Happel, yang akan menjadi lokasi final Euro 2008. Austria dan Swiss akan secara bersama menjadi tuan rumah Euro 2008 yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 29 Juni mendatang.

“2.008 orang telanjang akan jadi luar biasa!” kata Katharina Murschetz dari Kunsthalle Wien, sebuah pusat eksibisi seni Wina yang mengorganisir foto bugil massal tersebut. Murschetz berpendapat karya seni Tunick yang unik tersebut sebagai karya sempurna untuk menyambut kejuaraan Euro 2008. “Ini karena Tunick menyebarkan lewat karyanya itu semangat komunitas yang kuat sesuai dengan semangat yang dikobarkan oleh olahraga,” jelas Katharina Murschetz.

Tunick dikenal karena karya foto telanjang massal hasil bidikannya di depan gedung Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) New York, Amsterdam, hingga di sejumlah balkon hotel yang menghadap ke South Beach, Miami serta lebih dari 70 lokasi lainnya mulai dari Montreal hingga ke Melbourne, Australia. Rekor Tunick adalah mengabadikan foto lebih dari 18.000 orang tanpa busana di alun-alun utama Mexico City tahun 2007 lalu.

Pihak penyelenggara menjelaskan lebih dari 2.000 orang telah mendaftar pada awal Maret lalu untuk pengambilan foto bugil bersama menjelang Euro 2008. Foto tersebut nantinya akan diperagakan ke publik di Karlsplatz, Wina mulai tanggal 23 Juni mendatang dan setiap relawan dalam acara foto bersama tersebut akan mendapatkan 1 foto.

Yang pasti kita hanya akan bisa mendengar beritanya saja. Soalnya nggak bakal bisa diunduh, ditengok atau apalah, di media internet ini😛

27 thoughts on “2008 Foto Telanjang Menyambut EURO 2008

  1. gak punya jiwa seni tu. kemudin maksain…

    Di sono, orang tak lagi berpikir itu seni apa tidak. Yang penting berkarya cipta. Soal seni atawa bukan, porno atawa norak, bukan urusan dia😛

  2. yah inilah….memang sdh dari sononya…telanjang gak risi, bahkan budaya. Krn agama mereka gak ngelarang…jadi intinya…seperti kambing dipadang gembala…bisa terjadi kawin ibu, kakak, nenek, ayah, adik dst…
    yah…inilah…artinya mereka mengatasnamakan seni termasuk kumpul kambing tsb…berarti mereka Bin,,,bin…bina…..dst

    Apa memang ada agama yang membolehkan telanjang di muka umum❓

  3. Pingback: abg-bispak.com » Sexy Supporter on EURO 2008

  4. Di Indonesia banyak juga tuhhh,,,yang nikmati anaknya sendiri,,,ada juga yang guru ngaji ngembat muritnye,,,,,,jadi gak usah ngurusin agama orang laen dehhhh,,,gak garing bangettt.

  5. TeLanJanG dPan uMuM ????
    wAh aQ KiRa mRekA TeLanJanG kLo Di WC aZ ???
    kLo Di IndOneSia mAh iTu uDah DiiLaNg OrAng GiLa ..
    TeLanJang kOk DiDpaN uMum ….

    Kalau di pedesaan, masih banyak orang yang telanjang di depan umum. Dan mereka jelas bukan orang gila, karena mereka sedang mandi di kali😛

  6. yaaa itu tadi, orang2 disana udah g’ bisa bedain mana yang namanya seni ma porno aksi, kalo menurut gue itu jelas sangat bertentangan dengan adat ketimuran bangsa indonesia.jadi mudah-mudahan di indonesia tidak terjadi hal yang seperti itu.

    Kalau terjadi di Indonesia? Wah, pasti nekat sekali para pelakunya.

  7. waaahhh.. asik tuch… seni kan ga harus selalu monoton.. telanjang juga seni. tergantung cara mandang and menyikapinya

    Yaaaaa….. gitu deh😛

  8. EGP, ajdi terserah mereka dooooooooooooooooong………. itukan sebuah ekspresi seni yang ditunjukjkan dengan cara mereka. tapi sebagai orang Indonesia yang masih memegang teguh adat ketimuran DON`T TRY THIS AT HOME. toh disana jarang terjadi penolakan terhadap kejadian-kejadian sperti ini. nah sebagai penikmat yang baiak sebaiknya kita nikmati saja suguhan se3ni ytang mereka suguhkan……..oke coyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy…………………………

    Oke juga lah😛

  9. eh kox ga` d bales mang komentar gwe kayak oran setuju, tp sbnernya gwe trmasuk orang yang netral knpa demikian? kalw melihat komentar bpk nizar, ohon maff pak saya kurang setuju dengan pendapat anda, sebagai salah satu wujud eksistensi mereka ingin menunjukkan dengan caranya sendiri, so, itu bkn krn norak atau tidak, porno atw tdk, ttp lebih karena ingin menunjukkan eksistrensi diri aja………… toh disono sudah menjadi hal yang biasakan telanjang dengan menunjukkan awratnya, karn sudah biasa itu saya kira tidak menimbulkan syhwat………… jd bkn sesuatu yang mengkhawatirkan jika terjadi disana….. tp kalw terjadi di Indonesi tercinta baru teramat sangat mengkhawatirkan sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…………………………………………

    Untuk norma yang berlaku di Indonesia, memang hal ini sangat tidak etis, norak, kampungan, menjijikkan, dsb.😛
    Bagi mereka, ini mungkin merupakan ide briliant walau setengah berbau kegilaan 8)

  10. biasa aja………
    ga berlebihan………..
    to orang2 itu mau juga di pose kaya’ gitu
    so what geee too lhooooooooo……….
    tp…
    amat buruk jika semua itu terjadi di Indonesia
    kadang org pakai bikini aja banyak yg ngintip,
    apalagi klo bugil2 ria……….

    GIMANA GEEE TOOO LHOOOO

    Kalau di sini, yang lagi rame banyak anggota DPR yang ‘ditelanjangi’ KPK😛

  11. Bugil kayak binatang aja. lha ya persis kayak gerombolan orang utan aja. apa ini yang disebut seni

    Seni tergantung dari sudut budaya mana kita memandang😛

  12. mau dong kalo disini aku ikutan dah mumpung gratis. ehheeee…….loe loe pada stop muna lah, kita disini bicara soal telanjang tu tabu, padahal kalo dibelakang maunnya setengah mati

    Itulah sifat (sebagian besar) kaum lelaki.:mrgreen: Termasuk saya❓

  13. whooow mantab, hahahaha gitu aja kok repot. hehehe
    semua orang punya hak, yang mau telannja aja gak repot.
    hehehehehehe.
    yang penting buat kita gak ikut ngeliat “titik” jaman sekarang gak usah pake kekerasan karena cepat atau lambat kita pasti MUAATIIII hahaha. gitu aja kok repot.

    Intinya semua tergantung pada kita😛

  14. foto bugil….!!!???
    aji gile…!!
    tapi,gapapa dwech!apalagi klu fotonya Fabregas.
    he…he…he

    Hati-hati aja bila melihat orang bugil. Kalau nggak ada solusinya, bisa gaswat❗

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s