Maaf, Kecerdasan Bukan untuk Orang Miskin


Untuk masuk ke perguruan tinggi di zaman sekarang ini minimal harus mempunyai dana minimal Rp 100 juta. Belum termasuk SPP yang sekitar Rp 70 juta per semester. Lalu, berapa banyak warga negara Indonesia yang bakal bisa masuk perguruan tinggi. Padahal nggak ada jaminan, kelak saat lulus. Apa bisa mengembalikan modal apa tidak.

Cerita ini saya baca di KOMPAS Cetak, Senin, 12 Mei 2008, dengan judul Masuk PTN Bisa Lebih dari Rp 100 juta. Menurut KOMPAS benang merah persoalan menyangkut biaya masuk perguruan tinggi negeri yang didapatkan Kompas dalam pencarian selama sepekan terakhir, mulai dari Jakarta (DKI Jakarta), Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), hingga Makassar (Sulawesi Selatan).

Jadi, bagi orang miskin jangan harap untuk bisa menikmati ‘kampus menara gading’ ini. Percuma. Lebih baik uangnya, kalau ada, dibuat modal saja. Buat apa pinter, cerdas, kalau ternyata nanti menjadi ‘pengangguran elit’……

4 thoughts on “Maaf, Kecerdasan Bukan untuk Orang Miskin

  1. hmmm iya… dulu jaman aku msh daptar jd mahasiswa, cuma modal 500rb doang udah tmsk SPP buat semester 1 plus plus kegiatan opspek, jaket almamater dsb dsb… selanjutnya SPP “cuma” 125rb… tnyata adek tingkat 2 th dibwh aku udah musti bw duit berjut jut buat masuk doang… hehhhh… emg susah ya skrg😐

    Indonesia ini (sebetulnya) negara yang kaya raya😛
    Buktinya berkat Indonesia, Belanda menjadi makmur.
    Buktinya, saat sebelum menggarap tambang di Papua (dulu Irian Jaya) Freeport adalah perusahaan gurem. Kini, menjadi raksasa.
    Tapi kita, sebagai pemilik sah negeri ini, kok masih banyak yang miskin, ya❓

  2. sayang sekali sekarang semenjak otonomi daerah, siswa lulusan sekolah menengah mulai susah masuk ke PTN, dulu saya masuk kuliah cuma modal 325rb dah komplit, termasuk SPP semester. Aku ga bisa bayangin, hidup makin susah sekarang, sekolah perguruan tinggi jadi barang lux, gmn tuh pak presiden….?????

    Zaman saya dulu (tahun 1979 masuk ke Unibraw cuma bayar uang gedung Rp 25.000. Lalu SPP Rp 15.000 per semester.
    Zaman sekarang, masuk TK saja masih tekor. Apa kata dunia❓

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s