Siapa Penunggang Demo BBM?


BIN menuding bahwa demonstrasi anti kenaikan BBM itu ditunggangi. Lantas pihak DPR bekata, tolong tunjukkan si penunggang itu. Sementara pihak Kepolisian bilang bahwa ia belum menemukan siapa penunggang itu.

Bagi saya yang menungganginya adalah rasa kecewa dari segenap lapisan masyarakat akar rumput. Hanya saja mereka tiada punya daya untuk demonstrasi. Lantas aura ini ditangkap oleh sebagian mahasiswa untuk dijadikan momentum dan bahan untuk demonstrasi anti kenaikan BBM.

Sudah bukan masanya lagi menyebutkan adanya pihak yang menunggangi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak. Yang terjadi saat ini adalah aksi bersama karena munculnya perasaan senasib.

Hal itu, tulis KOMPAS, disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPR Ganjar Pranowo, Rabu (14/5) siang. Dalam jumpa pers tersebut, F-PDIP DPR menegaskan sikapnya menolak rencana kenaikan harga BBM dan akan bergabung dengan elemen masyarakat yang bersikap sama.

Ucapan Ganjar itu menanggapi pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar yang menuding sejumlah unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga BBM belakangan ini ditunggangi. Penunggang unjuk rasa itu, menurut Syamsir, beragam, antara lain mantan pejabat.

Anggota F-PDIP, Aria Bima, menyebutkan, terhadap rencana pemerintah menaikkan harga BBM, banyak elemen yang bersikap sama.

Justru Aria menyebutkan, jangan-jangan keputusan menaikkan harga BBM itu yang ditunggangi. Hal itu mungkin terjadi ketika perusahaan besar sudah bersenyawa dengan pengambil kebijakan.

Jadi soalnya bukan siapa penunggangnya, tapi kenapa BBM harus naik, di saat seperti sekarang ini. Karena seperti yang sudah kita mafhumi bersama, BBM sebagai kebutuhan sumber energi, akan mengkatrol kenaikan sembako dan barang-barang lain.

Dan ini, yang paling menderita, rakyat juga, pemilik sah negeri ini. Karena rakyat tidak tahu dan tidak mau tahu, apa itu defisit anggaran dan tetek bengeknya.

Sekedar catatan :

Setelah rezim Orde Baru jatuh, seperti yang ditulis TEMPO, Kredit macet di bank pemerintah hampir Rp 300 triliun. Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia mengucur sampai Rp 140 triliun untuk menyelamatkan bank-bank yang digerogoti pemiliknya sendiri.

Badan Penyehatan Perbankan Nasional pun jadi timbunan sampah kredit macet. Bermacam aset yang diserahkan pemilik bank sebagai ganti bantuan likuiditas pun banyak yang bodong. Sampai Februari 2004, ketika Badan Penyehatan itu ditutup, aset-aset tersebut hanya bisa dijual dengan harga 29 persen dari taksiran harga beli pemerintah. Sisanya harus ditutup dari anggaran negara. Entah sampai kapan dana penyelamatan ekonomi Rp 600 triliun itu tidak lagi menjadi beban anggaran negara.

Orde Reformasi bin Orde (ter)Baru menjadi penerusnya. Dengan dana yang serba cekak, harus bisa mengemudiakn perahu yang bocor di sana sini.

13 thoughts on “Siapa Penunggang Demo BBM?

  1. kasihan rakyat kecil😦

    Memang sejak dulu hingga kini, yang namanya rakyat kecil slalu menjadi korban, karena mereka tak punya kuasa lagi. Soalnya mandatnya sudah diberikan kepada para wakilnya.
    Sementara para wakil, sibuk dengan dirinya, sehingga saat Pemerintah bakal menaikkan BBM, mereka terkaget-kaget dan lantas bikin interpelasi.😀

  2. Mohon maaf sebesar-besarnya. Menurut saya BIN itu gombal.

    Sekarang siapapun bebas untuk anti Pancasila dan berkampanye untuk menyingkirkannya. Saya yakin BIN juga tahu, tapi diam saja. Lha giliran urusan BBM malah bersuara yang kontra dengan kepentingan rakyat banyak.

    Sebenarnya BIN kita kerja untuk kepentingan siapa ya?

    Soal kenaikkan BBM, saya setuju subsidi dicabut, kita tak bisa menghindar terus. Tapi tentunya hanya pantas naik setelah korupsi berhasil diurus, setelah para pejabat dipotong gaji, kinerjanya jadi baik dan transparan🙂

    Mestinya jangan hanya demi APBN, rakyat dikorbankan, dong😛
    Perlu dicari formula yang saling menguntungkan semua pihak.:mrgreen:

  3. Yang seharusnya diperhatikan oleh BIN adalah siapa yang menunggangi Pemerintah Indonesia. siapa yang mnenguras kekayaan Indonesia sampai-samapai semua beban dilimpahkan kepada rakyat yang sudah tidak berdaya. Buta Kah anda untuk melihat bahwa kenaikan harga BBM secara terang-terangan ditolak oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia

    Memang untuk meredam gejolak demonstrasi, perlu dicari kambing hitam saja.😛
    Atau kalau perlu buat referendum saja, berapa yang setuju dan berapa yang menolak😛

  4. Saya setuju dengan pendapat Bpk. Jouhari Achmad. Kenaikan BBM harus dibuat referendum..dan kalo bisa bikin seperti PEMILU. jadi hasil yang akan dicapai maksimal dan adil. sesuai dengan sila kelima Pancasila, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    Tapi apa mau mereka melakukan itu……❓

  5. memang selama ini beragam mahasiswa sering ditunggangi oleh borjuis nasional (elit politik anti rakyat) dalam aksi-aksi politiknya. ini yang kemudian tidak pernah dijadikan refleksi gerakan mahasiswa menuju perubahan yang lebih fundamental. gerakan mahasiswa harus mampu turun ke grassroot (massa rakyat) untuk mentransformsikan nilai-nilai kesadaran kritis rakyat dalam menggelorakan revolusi total di negeri yang sakit ini. hal itulah yang mestinya dilakukan oleh gerakan mahasiswa untuk menghindari penunggangan politik dalam momentum isu yang sangat populis ini (TOLAK KENAIKAN HARGA BBM). BERGERAKLAH BERSAMA MASSA RAKYAT YANG TERSADARKAN OLEH PENINDASAN SISTEM KAPILISME !!! HIDUP BURUH !!! HIDUP TANI !!! HIDUP RAKYAT TERTINDAS !!!

    Soal tunggang menunggang itu memang sudah biasa😛
    Dan memang saat masih menjadi mahasiswa jiwa ‘patriotik’ lebih mudah terbentuk. Karena idealismenya masih tinggi dan menggebu-gebu.
    Bila sudah jadi Sarjana atau malah sudah berumah tangga, mereka kebanyakan sibuk.
    Yang sarjana sibuk cari kerja. Yang sudah kerja sibuk cari istri. Yang sudah beristri, sibuk bikin anak, dsb. dsb.😀
    Hidup Mahasiswa❗

  6. tunggang menunggang adalah isu klasik yang diterbitkan penguasa dari dulu.masihkah perlu ditanggapi?? dari jaman kita menuntut kemerdekaan dari penjajah belanda juga udah dibilang ditunggangi !!, ANARKIS !!, EKSTRIMIS, anti stabilitas dll. ini menandakan ada sebuah kenyataan gerak batin antara rakyat dan rejim penguasa yang berbeda haluan..semakin klaim2 diatas makin rajin di-release makin nyata gamblang apa maksud penguasa ini..thanks ..ANDA sudah mengaku siapa gerangan sesungguhnya anda.
    apa logis 100% rakyat INDONESIA harus stuju kenaikan BBM?? sebagai rakyat kecil yang bodoh ini gak peduli spekulasi politik-politikan, yang kami tahu semenjak BBM naik pengidupan ini pokonya PAHIT- HIT-HIT. PAHIT!! kalau hanya maen forward kebijakan harga minyak mentah dunia..mbok ya pendapatan perkapita negara2 maju itu juga diforward sekalian,..jangan tanggung-tanggung.
    sekolah murah, orang sakit pengobatannya juga murah, pengangguran dilatih keterampilannya dll. JANGAN SAMPAH DOANG YANG DI FORWARD!!! adalagi SI KONYOL bilang harga BBM kita termasuk murah dibanding Thailand dan Singapura..! ini konyol bin lucu..lha wong pendapatan perkapita negara mereka tinggi.! saya sebenernya nggak masalah misal bensin mau dijual Rp. 25.000/ liter kalo memang pemerintah mau meningkat kan pendapatan saya berkali-kali lipat..jadi jangan sok obral corong dengan hal yang aneh-aneh. yang rakyat minta hanya hanya 3 kata..
    TURUNKAN HARGA BBM..!!!!
    TITIK!!!~!

    Akur, akur😛

  7. Saya setuju mahasiswa berunjuk rasa kenaikan BBM, selamat pada mahasiswa, dan selamat berjuang. Tapi yang saya sesali adalah demo yang merusak pasilitas umum, apalagi sambil bakar-bakaran itu makin membuat kita sakit. Wah….wah….wah….kapan yah bangsa ini sadar pada peraturan dan hukum. pada mahasiswa sekali lagi selamat berjuang tapi ingat jangan merusak yah. Pada cemo yang merusak pasilitas umum semoga cepat sadar, kalao ngga sadar semoga cepat mati, Ammminn…….
    PADA PAK POLISI JANGAN BRUTAL YAH BAIK…..BAIK ARAHKAN SENYUMAN PADA PENDEMO JANGAN MENGARAHKAN SENJATA. TAPI KALAO JIWA PAK POLISI TERANCAM TINDAK AJA TUH YANG BRUTAL YANG MENGATAS NAMAKAN RAKYAT.

    HIDUP MAHASISWA HIDUPPPPPPPPPPP…………….
    DAN JUGA SERMOGA POLISI SABAR DALAM MENGHADAPI PENDEMO HIDUP………PAK POLISA DAN SELAMAT BERTUGAS DEMI KEAMANAN NEGARA OK

    WASALAM dODON

    Demo diera reformasi sah-sah saja. Tapi kalo anarkhi, haram deh.😛
    Lalu dalangnya siapa? Mestinya dicari, diselidiki, disidik, bukan main tuding dengan mengecat kambing jadi hitam😛

  8. SAYA MENGUTUK PERBUATAN MAHASISWA YANG BERDEMO BRUTAL. HAI MAHASISWA YANG BRUTAL JANGAN MENCONTOH PADA RAKYAT UNTUK BRUTAL. WAH BANGSA INDONESA MELAHIRKAN GENERASI-GENERASI YANG BRUTAL

    PARA PEJABAT YANG BRUTAL
    APARAT YANG BRUTAL
    MAHASISWA YANG BRUTAL
    MUNGKIN SAYA JUGA BRUTAL KARENA UDAH ADA YANG MENCONTOH HE……HE……HE……..
    HIDUP BRUTAL, HIDUP ANARKIS
    HIDUP…………………..HAHAHAHAHAHAHAHAHAHH SAMPAI DOWER

    Brutal memang bukan tindakan yang terpuji. Walau tujuannya mungkin mulia. Bila dilakukan dengan cara-cara yang brutal, sangat disayangkan😛

  9. BIN perlu ati2 deh klo ngomong,,palagi di depan media yg d dngar,dilihat n dibaca masy.Indonesia…..selidiki dl baru boleh nge-just orang…mulutmu hariamu-mu
    heran juga sh ma tmen2 mahasiswa,,tiap hari demo mpe anarkis gni,,tpi tetep aja khan BBM ga turun??!!klo maw ungkap aspirasi boleh bgt asal jgn kaya gni…qta2 yg mahasiswa pd dikatain orang loh,,,harusnya sbg mahsiswa qta bsa ciptakan kedamaian di tengah situasi yg panas ky gni..taw ga?klo tmen2 pada ngerobohin pagar kantor ato ngebakar mobil dinas,,malah qta jg yg rugi…pasti deh bentar lg tu pagar dibenerin n beli mobil dinas baru lg ,,nah klo gni sapa yg rugi?qta jg khan?

    sbenernya yg naik khan bukan cma BBM di negara qta,,di negara lain jg n malah lebih mahal…demo ky gni mnurutku krn mental orang Indonesia ya manja krn slalu di subsidi,,nah skalinya subsidi di cabut…kacau deh….

    Budaya bikin kambing hitam sudah out of date…..😛

    klo q seh tmen2 d kampuzku ga da yg minat demo,,,dr pd tar jd anarkis mending ga ikut aja deh,,mendingan qta blajar aja biar IP bisa tinggi,,ato jg aktif d kegiatan kampuz…

  10. Hidup rakyat ………….
    Hidup rakyat ………….
    Hidup rakyat ………….
    Hidup mahasiswa …………..

    Demo anarkhis ?
    lebih anarkis mana mahasiswa yang demo bakar mobil dibandingkan dengan pejabat yang korup milyaran bahkan triliunan?

    lebih anarkis mana mahasiswa yang melempari aparat dengan batu ataupun molotov dibandingkan dgn aparat yang nyerang mahasiswa didalam kampus, yang nabrak mahasiswa, yang nembak mahasiswa, yang nyulik mahasiswa, yang bunuh mahassiwa?

    kepada pemerintah jgn bodohi lagi rakyat dengan mengatakan kenaikan harga BBM krn minyak dunia yang naik.

    1. sita dong asset para koruptor itu
    2. nasionalisasi asset asing di bidang pertambangan, peminyakan dan gas
    3. turunkan sby-jk

    Yang paling baik adalah demo yang tidak anarkis dan tidak ada koruptor di Indonesia.
    Dukung Hukuman Mati bagi Koruptor❗

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s