Obama Tinggal Selangkah?


Pertarungan sengit 16 bulan memperebutkan nominasi Partai Demokrat di Pilpres AS memasuki babak-babak akhir. Barack Obama hampir pasti menjadi pemenang setelah kemarin unggul di Oregon, meski pesaingnya, Hillary Rodham Clinton, menang telak di Kentucky. Demikian Jawa Pos Online memberitakan.

Oregon, lanjut Koran yang terbit dari Jawa Timur ini, Obama mengumpulkan 58 persen suara, sedangkan Hillary 48 persen. Sedangkan di Kentucky, Hillary menang telak dengan meraih 65 persen suara, meninggalkan Obama dengan hanya 31 persen suara. Dengan hasil akhir di Kentucky dan Oregon itu, Hillary mendapat tambahan 47 delegasi, sedangkan Obama 32.

Tambahan delegasi baru itu kini Obama meraup dukungan 1.956 delegasi dari 2.026 delegasi yang dibutuhkan untuk menang dalam pemilihan tingkat partai. Senator kulit hitam tersebut kini tinggal membutuhkan dukungan 70 delegasi untuk menantang John McCain dari Partai Republik pada pemilihan umum November mendatang.

Hillary sendiri, dengan dukungan 1.776 delegasi, membutuhkan keajaiban untuk menggaet 250 delegasi baru dalam tiga primary (pemilihan pendahuluan) tersisa. Tiga primary itu dilakukan di Puerto Rico pada 1 Juni, diikuti South Dakota dan Montana dua hari berikutnya, 3 Juni.

Harapan Hillary satu-satunya tinggal limpahan mayoritas delegasi Florida dan Michigan. Hasil primary di dua negara bagian itu dianulir komite pemilihan nasional partai karena melanggar jadwal. Hari ini komite partai akan memutuskan status delegasi Florida dan Michigan…………

Meski sudah meyakini dirinya tak terbendung lagi, Obama tetap memuji keberanian, komitmen, dan keteguhan mantan ibu negara itu. “Tidak peduli bagaimana hasil akhir proses ini, Senator Clinton menghancurkan mitos dan pembatas serta mengubah Amerika yang akan ditinggali putra-putri kita kelak,” kata kandidat presiden AS pertama yang pernah tinggal di Indonesia itu.

Sedangkan Hillary, meski peluang untuk mencetak sejarah dengan menjadi presiden perempuan pertama AS kian samar, tetap menolak mundur hingga berakhirnya primary Demokrat 3 Juni nanti.

Dana kampanye

Keberhasilan Obama, menurut KOMPAS, juga terlihat dalam pengumpulan dana kampanye. Dilaporkan, dia mengumpulkan 31,3 juta dollar AS pada April lalu meski turun dari perolehan pada Maret yang mencapai 42,8 juta dollar AS. Obama juga masih mempunyai 37,3 juta dollar AS di bank untuk membiayai kampanye.

Tim kampanye Hillary mengatakan berhasil mengumpulkan dana 22 juta dollar AS pada April, naik sedikit dari perolehan bulan Maret yang mencapai 20,9 juta dollar AS.

Meski demikian, tim kampanye Hillary juga mengakui memiliki utang lebih dari 20 juta dollar AS dan tidak mengatakan berapa besar uang kontan yang masih mereka miliki.

Jadi, wait and see saja:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s