New Wave Marketing bagi Kompas.com


KOMPAS adalah bacaan saya sejak dulu.

Meskipun teman sekantor jarang yang suka koran ini, tapi tetap saja saya suka. Walau terus terang belakangan ini saya membeli KOMPAS hanya pada hari-hari tertentu saja. Maklum zaman repot nasi. Terlebih setelah sering menengok internet, saya malah jarang beli.

Dengan membaca di internet, selain lebih banyak, lebih variatif, juga bisa dicopy untuk dikliping dengan mudah. Tidak harus gunting-tempel. Menyusahkan saja. Apalagi bila di baliknya ada tulisan bagus. Mesti beli dua atau difotokopi dulu sebelum digunting.

Selain Kompas.com, juga ada Kompas cetak, Kompas Mobile, Kompas Image, Kompas TV, Seleb TV, Community, Entertainment, Bola dan Tekno.

Selasa kemarin, ada berita yang membanggakan. Di sana dikatakan Kompas.com Raih New Wave Marketing. Lengkapnya itu berita adalah sebagai berikut:

Kompas Gramedia, yang memelopori pendekatan pemasaran baru melalui
megaportal Kompas.com, meraih New Wave Marketing Award. Perusahaan
konsultan pemasaran MarkPlus Inc, yang memberikan penghargaan, menilai
Kompas.com membangun relasi partisipatif dan kolaboratif dengan
penggunanya.

Chief Executive MarkPlus Institute of Marketing
Yuswohady di Jakarta, Selasa (27/5), mengatakan, penghargaan yang baru
pertama kali diberikan ini dinominasikan pula untuk Toyota Astra Motor
dan Sony Ericsson, sebelum akhirnya dimenangi kelompok Kompas Gramedia
(KG).

”Melalui Kompas.com, KG telah bertransformasi dari media
konvensional menjadi lebih sosial,” ujar Yuswohady sebelum penyerahan
penghargaan.

Chief Executive Officer MarkPlus Inc Hermawan
Kartajaya menjelaskan, pendekatan pemasaran baru tak terhindarkan
karena tuntutan kreativitas yang didorong perkembangan teknologi
digital. Keterbukaan pasar serta menguatnya peran individual dalam
perubahan sosial-ekonomi juga menjadi pendorong.

Perubahan dinamika itu membuat langkah promosi dari atas ke bawah tidak lagi efektif. Konsumen ingin lebih partisipatif.

”Sekarang
tidak jelas lagi siapa kompetitor dan pelanggan Anda. Kadang diperlukan
kolaborasi dengan customer, bahkan dengan kompetitor,” ujar Hermawan.

Menyikapi
perubahan dinamika itu, megaportal Kompas.com didesain lebih
partisipatif dengan beberapa fitur, seperti KompasTV, SelebTV, Videoku,
sekaligus membangun komunitas dengan Forum Pembaca Kompas dan blog.

Akhir pekan lalu, Kompas.com juga meraih penghargaan Cakram, mengalahkan Detik.com dan Okezone.com. (DAY)

Profisiat untuk KOMPAS.

2 thoughts on “New Wave Marketing bagi Kompas.com

  1. yang saya suka dari kompas adalah analisisnya yang tajam dan menggigit sehingga layak dijadikan sebagai salah satu referensi terhadap hal2 yang berkaitan dengan konteks kekinian.

    Akur mas sawali, akur😛

  2. Setuju, pergunakan IT, video streaming, dan hal lainnya untuk memajukan bangsa Indonesia, dan membuatnya lebih bermartabat di dunia International…

    Tetaplan berkarya untuk INDONESIA ku tercinta…

    Yang penting tetap semangat, berjuang demi Indonesia nan gemilang.
    Jangan jadi bangsa yang cengeng, menyerah dengan keadaan.
    Terima kasih atas kunjungannya. Sukses untuk Anda & co.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s