Big Match: Spanyol vs Jerman


Minggu Dinihari ( 29/06/2008 ) pukul 01.45 WIB adalah Gong dari EURO 2008. Siapa yang bakal tampil sebagai jawara?

Sehari setelah Jerman menghentikan keajaiban Turki, 3-2, di Basel, Swiss, Bild membakar semangat Michael Ballack dan kawan-kawan untuk konsentrasi menghadapi partai final, antara Spanyol dan Rusia. ”Kini, kami boleh bermimpi. Jerman, rebutlah piala,” tulis Bild.

Sebetulnya, Bild tidak sepenuhnya menilai Jerman telah memberikan yang terbaik ketika menggulung Turki. Di bagian lain, Bild justru mengecam keras penampilan 90 menit Jerman. ”Jika kami masih bermain seperti melawan Turki, kesulitan besar akan kami hadapi ketika bertemu Rusia atau Spanyol yang bermain dengan kecepatan dan teknik yang tinggi,” lanjut Bild (Jerman, Rebutlkah Piala).

Pemain legendaris Jerman, Franz Beckenbauer, sangat kagum dengan permainan Spanyol saat melibas Rusia 3-0 di semifinal Piala Eropa 2008, Jumat (27/6) dini hari WIB. Karena itu, dia menyimpan sedikit kekhawatiran negaranya bakal kesulitan menghadapi permainan tekhnik tinggi sang “Matador” di partai final, Senin (30/6) dini hari WIB nanti.

Menurut Beckenbauer, Spanyol tampil nyaris sempurna di babak semifinal. Tim besutan Luis Aragones itu menampilkan permainan indah dibarengi tekhnik menawan, terutama pada babak kedua sehingga Rusia tak berdaya.

“Pada babak kedua, performa Spanyol sangat menawan. Itu adalah terbaik yang pernah saya lihat dalam satu dekade terakhir. Tim Spanyol dengan penampilan demikian akan mengalahkan tim mana pun di dunia,” ungkap pria berusia 62 tahun itu, Sabtu (28/6).

“Secara tekhnik, pada pemain Spanyol juga hebat dan mungkin lebih baik dari tim Jerman. Saya tidak tahu, jika secara fisik Jerman lebih kuat dari pada Spanyol,” tambahnya.

Karena itu, Beckenbauer memberikan tips kepada Jerman jika ingin menjadi juara. Menurut mantan pelatih Jerman yang membawa Der Panzer juara Piala Dunia 1990 itu, Michael Ballack dkk harus menunjukkan permainan seperti saat menaklukkan Portugal.

“Performa Jerman tak stabil seperti Spanyol. Karena itu, saya berharap besok (Senin dini hari,red), grafik penampilan mereka naik. Jika Jerman bermain seperti saat lawan Portugal, mereka punya kesempatan untuk juara Eropa,” tegas pria dengan julukan Der Kaizer itu. (Beckenbauer Puji Tekhnik Permainan Spanyol).

Jadi, siapakah jawaranya? Saya menjagoi Spanyol. Kalau Anda?

One thought on “Big Match: Spanyol vs Jerman

  1. saya menjagokan jerman, walau saya tidak tahu persis kekuatan jerman sekarang😉 hidup jerman😉

    Kalau kita percaya pada faktor x ternyata pengaruh warnah kostum pada pertandingan di EURO 2008 ini berperan akan kemenangan atau kekalahan suatu tim, seperti yang saya tulis di atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s