Revolusi Perkoperasian Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Rakyat


Judul ini adalah merupakan tema Hari Koperasi yang ke-61 di tahun 2008. Sejarah pergerakan koperasi telah mencatat bahwa tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi melalui Kongres I di Tasikmalaya 61 tahun yang lalu. Demikian antara lain Siaran Pers Hari Koperasi Nasional ke-61 yang disampaikan oleh Panitia Harkopnas ke-61 ( 08/04/2008 ).
Secara lengkap siaran pers ini dapat dibaca di situs dekopin. Bila sulit mengaksesnya, secara lengkap, bisa saya kutipkan seperti berikut ini:
Siaran Pers Hari Koperasi Nasional Ke-61
Oleh : Panitia Harkopnas ke-61 ( 08/04/2008 )
Kategori : Sekretariat

PRESS RELEASE
HARI KOPERASI NASIONAL KE-61 TAHUN 2008 DI JAKARTA
Sejarah pergerakan koperasi telah mencatat bahwa tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi melalui Kongres I di Tasikmalaya 61 tahun yang lalu. Gerakan koperasi tersebut didirikan dalam masa perjuangan melawan upaya pihak kolonial yang ingin kembali menguasai Negara Republik Indonesia. Dan hingga kini menjelang 12 Juli 2008 yang akan diperingati sebagai Hari Koperasi ke-61, koperasi tetap relevan sebagai wadah perjuangan rakyat Indonesia khususnya dalam menuju bangkitnya ekonomi rakyat yang berkeadilan sosial dan sejahtera.
Ketua Umum Panitia Bambang W. Soeharto menyatakan bahwa Hari Koperasi ke-61 ini merupakan momentum Revolusi Perkoperasian Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Rakyat. Hari Koperasi adalah harinya gerakan ekonomi rakyat maka marilah kita sukseskan dengan semangat kerakyatan, kebangsaan dan kemandirian. Semangat ini harus kita kobarkan untuk menjadi bangsa yang bermartabat dalam pergaulan internasional. Dan inilah saatnya kita bangkit, bersatu padu untuk menjadi bangsa yang besar. Di tengah kesulitan ekonomi bangsa yang masih membelit, maka koperasi adalah jawaban dari kebangkitan ekonomi rakyat.
Dalam kesempatan ini juga bertepatan dengan ulang tahun Kota Jakarta yang ke 481, sehingga DEKOPIN menggandeng Pemerintah Provinsi DKI untuk mensukseskan rangkaian hari koperasi tersebut yang rencananya akan dihadiri oleh Bapak Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta 150.000 anggota gerakan koperasi. Rangkaian acara lain diantaranya adalah Gebyar Pameran Koperasi dan UKM 2008, Pasar Rakyat, Karnaval Koperasi, Gerak jalan sehat, Bhakti sosial, Ziarah makam Bapak Koperasi, Seminar Nasional Munaskop, Pelayaran Kebangsaan dan Gelar Budaya Koperasi. Seluruh rangkaian acara tersebut akan diselenggarakan mulai bulan Juni – Juli 2008 dan akan disemarakkan di setiap daerah untuk menyambut hari koperasi tersebut.
DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia) sebagai wadah tunggal gerakan koperasi di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 sadar akan pentingnya membangun ekonomi rakyat sebagai dasar dari perekonomian nasional. Oleh karena itu momentum Hari Koperasi ke-61 ini akan dijadikan tonggak perubahan Koperasi Indonesia menuju Kemandirian Ekonomi Nasional, sehingga Tema yang akan diusung dalam Hari Koperasi ke-61 ini adalah “Revolusi Perkoperasian Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Rakyat”.
Melalui Hari Jadi Koperasi ke-61, DEKOPIN sebagai wadah gerakan Koperasi menegaskan kembali untuk bersikap tegas, positif dan optimis dalam menatap masa depan yang penuh tantangan. Dengan sikap dan tekad seperti di atas maka Gerakan Koperasi diharapkan akan tumbuh prakarsa kreatif untuk melakukan kerjasama dengan semua komponen bangsa untuk menghadapi globalisasi di masa depan. Globalisasi akan merubah tatanan perekonomian dunia, dan dengan semangat gerakan koperasi kita akan menghadapinya. Gerakan koperasi bertekad untuk menghadapi perubahan tersebut dengan cara yang cerdas, arif dan bijaksana dengan dasar dan semangat kebangsaan, kerakyatan dan kemandirian untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tidak menjadi bangsa pinggiran dalam pergaulan antar bangsa-bangsa di dunia internasional.
Untuk mewujudkan tekad dan semangat di atas maka DEKOPIN mengundang semua komponen bangsa untuk dapat bersama-sama mengembangkan dan memperkuat kerjasama, kesetiakawanan, dan meningkatkan kinerja kolektif dalam semangat kebersamaan dan solidaritas. Oleh karena itu DEKOPIN mengajak bersama-sama dengan semua pelaku ekonomi nasional baik pemerintah, BUMN, swasta maupun seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan bangkitnya ekonomi rakyat ini melalui peringatan Hari Koperasi ke-61 tahun 2008 sekaligus untuk menyongsong Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-63. Dirgahayu Koperasi Indonesia, Bangkitlah Ekonomi Rakyat Indonesia dalam semangat kerakyatan, kemandirian dan Kebangsaan.
MERDEKA !!!
Panitia Harkopnas ke-61 Tahun 2008 Wisma Tamara Lt 7 Jl. Sudirman Kav 24 Jakarta Telp 021-5206525 Fax 021-5206523 http://www.dekopin.coop www.harkopnas.com email panharkopnas61@yahoo.com

One thought on “Revolusi Perkoperasian Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s