Internet Explorer Rentan Hackers


Peretas (Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.

Pertanyaannya: Apakah Anda selalu memperbarui browser dengan versi terbaru? Jika jawabannya ”pernah”, boleh jadi aman-aman saja. Akan tetapi, jika jawabannya ”tidak pernah”, Anda mungkin salah satu dari 637 juta pengguna internet yang rentan akan penyusupan para hackers. Akses internet yang tidak aman, saat mesin pencari bekerja, akan menjadi surga buat para pembobol internet itu dalam menjalankan aksi kriminalnya.

Demikian tulis Kompas berdasarkan hasil sebuah survei internet yang dilansir baru- baru ini seperti diberitakan USA Today versi online, Rabu (2/7). Menurut survei itu, jika para pengguna internet menggunakan Internet Explorer (IE) dari Microsoft, tingkat kerentanan komputer Anda akan lebih tinggi lagi. Masalahnya, IE memang belum meluncurkan versi terbarunya.

Survei itu ingin mengetahui mengapa akhir-akhir ini target kejahatan para hackers itu justru terjadi saat browser bekerja dan mengapa mereka berhasil melancarkan aksi jahatnya. Dengan menggunakan data dari pertengahan hingga akhir Juni, 40 persen pengguna internet menggunakan browser yang tak pernah di-update.

Survei menyebutkan, hanya 52 persen pengguna IE yang menggunakan versi terakhir. Saingan IE, seperti Firefox, Safari, dan Opera, sudah lebih sadar lagi menggunakan browser versi terbarunya. Sebanyak 92 persen pengguna Firefox menggunakan browser yang sudah diperbarui, 70 persen pengguna browser Safari juga menggunakan browser yang di-update, sementara 90 persen pengguna Opera yang menggunakan browser yang diperbarui.

3 thoughts on “Internet Explorer Rentan Hackers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s