Arema Tanpa Aremania: Jasad Tanpa Roh


”Singo Edan” Arema Malang kembali ompong saat bermain di kandangnya sendiri pada lanjutan Djarum Liga Super Indonesia 2008. Menjamu PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (2/8), Arema, yang pada laga sebelumnya dipermalukan Pelita Jaya 0-2, hanya mampu bermain imbang 0-0 (Kompas).

Akibat kejadian ini Bambang Nurdiansyah (Banur) – yang baru mengarsiteki empat laga yang dilakoni Arema di pentas kompetisi Liga Super 2008 – mundur dari pelatih kepala Singo Edan. Pengunduran Banur itu disampaikan usai Arema ditahan imbang PSIS Semarang 0-0 dalam laga kandang di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (2/8).

Pengunduran Banur ini sangat mengejutkan karena tim yang diarsiteki baru empat kali mengarungi kompetisi Liga Super 2008, sehingga kegagalan meraih angka sempurna di dua laga kandang tak dapat dijadikan barometer kegagalan prestasi.

Apalagi dalam dua laga tandang sebelumnya yaitu melawan Persita Tangerang dan Persijap Jepara Arema mampu berprestasi dengan menjungkalkan kedua tim itu. Dari empat laga itu, kini Arema bercokol di posisi 6 klasemen sementara dengan poin 7 dari dua kali menang, sekali kalah, dan sekali seri. Tentunya prestasi ini tidaklah terlalu jelek. Demikian Surya Online memberitakan.

Saya melihat, bahwa meskipun para Aremania sejak awal hingga akhir terus mensupport dengan nyanyian dan berbagai lagak dan gaya, nampaknya Arema tetap sia-sia menjebol gawang PSIS. Kenapa? Menurut saya lantaran para Aremania dilarang pakai atributnya, maka nuansa biru yang biasanya selalu mengitari mereka, menjadi hilang. Berubah menjadi warna hitam.

Arema seperti kehilangan roh.

Walau penuh semangat, nampaknya spirit yang biasanya hadir, menjadi sirna. Kapan ya atribut itu bisa dipakai lagi?

One thought on “Arema Tanpa Aremania: Jasad Tanpa Roh

  1. PROGRAM KOIN CINTA/ KOIN SOLIDARITAS
    Untuk Arema Indonesia
    ( GERAKAN PEDULI AREMA INDONESIA )
    ————————————————————————
    Arema Indonesia Kebanggaan Kita, Arema Indonesia Kebanggaan Bangsa…tetapi kenapa selalu penuh dengan kemelut yang tiada akhir….? Kami dari Forum Solidaritas Peduli Arema Indonesia, mencoba untuk BERBUAT SECARA NYATA guna MEMULAI PROGRAM GERAKAN PEDULI AREMA INDONESIA ( GEPARINDO ) INI.. Banyak sudah Saran, Tulisan dan debat-debat tentang Permasalahan Arema Indonesia, kami beranikan diri untuk membuat sebuah Wadah bagi Gerakan Ini, Yaitu Gerakan Peduli Arema Indonesia ( GEPARINDO ).
    Wujud dari Gerakan Peduli Arema Indonesia ini ialah :
    1. Program Wira Usaha Mandiri Melalui Pulsajitu.
    2. Program Koin Cinta / Koin Solidaritas Untuk Arema Indonesia
    3. Program Sumbangan dana Sukarela untuk Arema Indonesia.
    Saat ini, kegiatan ini masih terpusat di WARMASIF KANTOR POS MALANG jln.MERDEKA SELATAN no.2 MALANG ( Depan Alun-Alun Malang ), agar terkontrol dan lebih transparan. Nantinya akan diperluas ke Perwakilan tiap Kota dari Seluruh Jawa Timur dan Indonesia. Program ini akan diumumkan setiap harinya di harian Malang Post dan Media Online http://www.ongisnade.net tentang jumlah koin yang berhasil dikumpulkan.Rekan kita, Iskhaq Assyafi’i, Malang pernah menulis seperti dibawah ini, dan kami mencoba merealisasikan tulisan dari Rekan kita tersebut. Kritik dan saran demi suksesnya Program ini, kami nantikan dengan hati yang terbuka. Harapan kami, semoga bisa mendapat dukungan dan support dari rekan-rekan Aremania yang Sejati…………………… Jangan sampai salam SATU JIWA hanya menjadi sebuah Slogan saja..kita harus Buktikan dan Nyatakan melalui perbuatan kita, bahwa antara Aremania dan Arema Indonesia benar-benar SATU JIWA..Arema Indonesia butuh Bantuan Nyata dari Kita….
    Sebuah ironi, setelah Aremania merayakan gelar juara ISL yang telah diraih Arema Indonesia, kini tersiar kabar bahwa manajemen tim Arema Indonesia sedang sibuk berburu sponsor untuk musim depan. Seharusnya untuk tim sebesar Arema Indonesia dengan gelar yang disandang sekarang, Arema Indonesia tidak akan mengalami kesulitan untuk memperoleh sponsor. Di satu sisi,manajemen Arema Indonesia berusaha dengan segala daya upaya untuk membangun squad tim yang lebih baik untuk musim depan,tapi di sisi lain manajemen Arema Indonesia juga harus berpikir keras bagaimana cara memperoleh dana yang dibutuhkan klub untuk musim depan.Pertanyaan yang mungkin slalu terbersit di benak kita “Apakah tiap tahun harus seperti ini, keadaan yang harus dihadapi oleh manajemen Arema Indonesia?”Sedangkan kita Aremania, yang kita tahu mungkin hanya bisa usul & menuntut pada manajemen tim untuk membangun squad tim yang lebih baik daripada tahun lalu,tanpa bisa memberikan bantuan konkrit yang memang benar-benar dibutuhkan manajemen.Apa kita hanya bisa menonton manajemen Arema Indonesia berjuang dengan segala daya upaya mencari dana yang dibutuhkan tim?Apa kita hanya bisa berteriak menuntut “Cepat kontrak pelatih & pemain!!!”.
    Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang nawak Aremania yang kebetulan punya ide cemerlang.Ia berpikiran “Kenapa kita Aremania tidak membuat suatu perusahaanmandiri untuk membantu manajemen tim Arema Indonesia???”.Perusahaan mandiri yang dimaksud adalah suatu perusahaan yang independen di luar manajemen tim Arema Indonesia,yang didirikan oleh Aremania dengan modal usaha dari patungan seluruh Aremania,dan hasilnya dapat digunakan untuk membantu keuangan tim Arema Indonesia.Jumlah Aremania jagad raya,saya perkirakan bisa mencapai jutaan orang,bahkan bisa puluhan juta orang.Seumpama dari satu juta orang saja bersedia menyisihkan uang sebesar Rp.10.000 untuk dipakai sebagai modal usaha perusahaan,kita dapat menghitung berapa uang yang akan terkumpul untuk modal?kira-kira Rp.10M,jumlah yang cukup untuk mendirikan sebuah perusahaan.Ide ini baru sekedar wacana.Tapi perlu kita pikirkan & kita wujudkan segera.Sudah waktunya kita Aremania sebagai darah & nyawa Arema untuk bertindak dan memberi solusi nyata untuk membantu Arema Indonesia.

    Kita yakin sepenuhnya suatu saat Arema Indonesia dapat mandiri 100% kalau kita Aremania bersatu membantu Arema Indonesia.Mari kita bicarakan & tindaklanjuti wacana ini demi eksistensi Arema Indonesia di masa depan.Kita tahu dulu Manchester United hampir mengalami kebangkrutan, tapi sekarang MU termasuk dalam 10 klub terkaya di dunia.Kalau MU bisa kenapa Arema Indonesia tidak bisa??? Kita pasti bisa!!!Saya pribadi menunggu respon dari nawak-nawak Aremania untuk membicarakan wacana ini.Arema Indonesia tak cukup hanya membutuhkan “Program Koin Peduli”,mungkin sudah saatnya kita berhenti menuntut dan memberikan solusi nyata yang benar-benar dibutuhkan oleh Arema Indonesia.
    LET’S CARE FOR AREMA INDONESIA !!!!!!!!!
    MARI KITA SUMBANGKAN KOIN UNTUK AREMA INDONESIA
    KOMPETISI ISL 2010 dan 2011 ini…Kita bisa berbuat untuk AREMA INDONESIA….

    Arema adalah Milik kita semua, Arema adalah kebanggaan kita dan Arema sudah menjadi milik Bangsa Indonesia darimanapun sukunya serta masalah Arema adalah masalah kita. Kita harus Peduli/Care pada Arema, Arema Harus bisa berkiprah dikancah Asia, yang akan membawa harum nama bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan semua itu memerlukan dana yang besar, inilah waktunya bagi kita semua para simpatisan Arema dan Aremania untuk berbuat demi KEJAYAAN AREMA. Forum Solidaritas Peduli Arema Indonesia ( Forsold Parindo ), adalah mencoba untuk berbuat guna memberikan sesuatu yang mungkin bisa membantu Arema Indonesia khususnya dalam bidang pendanaan. Sistem penggalangan dana yang dilaksanakan oleh Forsold Parindo adalah dengan cara menampung sumbangan dari para distributor/ Member “ PulsaJitu “ yang telah berhasil dan telah mendapatkan keuntungan dari hasil usaha. Jadi yang disumbangkannya adalah bukan yang berasal dari kantong pribadinya tetapi dari hasil usaha yang telah didapatkannya setelah bergabung dengan “PulsaJitu”. Jumlah sumbangan akan kami umumkan di harian Malang Post setiap hari, jadi benar-benar transparan dan terbuka. Jika ada Aremania atau simpatisan Arema Indonesia lainnya yang ingin ikut Care/Peduli, dapat bergabung dengan PulsaJitu ( Biaya Pendaftaran Rp 50.000,- Jika Anda mendapatkan 5 orang member Anda akan langsung mendapatkan dana sebesar Rp 62.000,-).Infomasinya dapat dilihat di http://www.pulsajitu.com atau informasi di 0812 7177 6600.
    Jika Anda ingin Menyumbangkan KOINT dapat Anda berikan/Masukan pada KOTAK KOINT PEDULI AREMA INDONESIA di WARMASIF KANTOR POS MALANG, Jalan Merdeka Selatan, Alun-Alun, MALANG. Kontrak Person Bapak Zulkifli.
    Adapun jumlah SALDO yang telah terkumpul pada posisi diterbitkannya pengumuman ini adalah :

    No Nama Alamat Besarnya
    Sumbangan
    1 Madianto Malang Rp 50.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    2 Sugiharto Mojokerto Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    3 Zulkifli Malang Rp 40.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    4 Oktiva Jakarta Rp 100.000,- Transfer
    5 Nasrul Effendi Jakarta Rp 20.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    6 Zainal Malang Rp 20.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    7 Hamzah Malang Rp 40.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    8 Mahfud Malang Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    9 Rini Malang Rp 20.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    10 Agus Surabaya Rp 50.000,- Tranfer
    11 Leo Surabaya Rp 20.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    12 Bella Surabaya Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    13 H.Asril Sidoarjo Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    14 Murlin Umar Sidoarjo Rp 20.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    15 Armen Mukhtar Malang Rp 50.000,- Transfer
    16 Judika Jakarta Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    17 Adrian Indra Jakarta Rp 50.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    18 Joseph Jakarta Rp 150.000,- Transfer
    19 Ardi Malang Rp 10.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    20 Dadan Malang Rp 30.000,- ( Saldo PulsaJitu )
    21 Arif Malang Rp 10.000,- ( Saldo PulsaJitu )

    Total terkumpul Rp 830.000 ( Delapan Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah )
    Untuk Sumbangan Peduli Arema lainnya yang tidak melalui PulsaJitu dapat disalurkan ke Rek.BCA No. 0450 620556 a.n Nirwana ( Bendaharawan Forsold Parindo ). Setiap sumbangan yang ditransfer harap SMS ke No.Hp 081271776600, Cantumkan Nama, Alamat dan besarnya sumbangan.
    SALAM SATU JIWA

    Ketua Harian DPP Forsold Parindo
    TTD
    G. AULIA AKBAR
    HP :081233889990

    Bagi Arek Arek yang berada diluar Malang dan diluar Indonesia, jika berminat untuk menjadi koordinator daerah Program ini, dapat menghubungi kami. Kami akan keluarkan SK Resmi sebagai Koordinatornya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s