Hati-hati Bila Ambil Uang di ATM


ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine; di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

Ada 2 macam ATM, yaitu ATM Clasic dan ATM plus Kartu Debit.
ATM Clasic diterbitkan oleh 53 Bank dan ATM Plus diterbitkan oleh 38 Bank.

Hampir setiap orang kini memiliki kartu ATM. Tak peduli berapa isi tabungannya, yang penting punya. Butuh duwit? Langsung saja menuju ke ATM. Namun, kita perlu hati-hati bila kita ambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), manakala Kartu ATM kita tertelan di sana.

Ada satu modus kejahatan baru di mesin ATM ini. Biasanya tempat di mana kartu ATM dimasukkan diberi permen karet. Setelah itu, penaruh permen karet keluar, sambil mempersilakan para pengantri berikutnya, sambil bilang kartunya masih macet, lalu antri di belakangnya. Pengantri yang kedua, saat memasukkan kartu ATM-nya jelas nggak bisa menarik kembali kartunya lantaran kena permen karet. Lantas si penaruh permen karet, setelah beberapa jurus, segera masuk ke ruang ATM, sambil bilang: “Wah, mas kartunya ketelan. Coba hubungi customer center (sambil menyodorkan nomor telepon)”. Setelah ditelpon, “customer center” gadungan biasanya tanya ini dan itu, sampai akhirnya bilang: “Coba masukkan kode pin anda…..” Karena panik, biasanya kita langsung menuruti perintahnya – tanpa sadar di belakang kita ada pihak lain yang mestinya tidak boleh tahu nomor pin kartu kita.

Karena tetap tak bisa keluar, lantas orang tadi bertanya: “Punya jepit atau apa yang bisa dipakai untuk mengambil kartu ATM. Saya juga sering mengalaminya.”

Kalau kita menuruti perintahnya, biasanya kita segera keluar dari ruangan dan mencari penjepit atau apa saja. Dan setelah ketemu, saat kita masuk, pasti deh sudah raib itu orang plus katu ATM kita. Dan dalam jangka waktu yang tidak lama, dijamin pasti dikuras itu isi duwit kita.

Jadi hati-hatilah bila kartu ATM kita terletan…..

( sumber : tvOne ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s