Idul Mudik, Kembali Fitri


Mudik lebaran tahun ini sebaiknya menjadi inspirasi bagi bangsa tentang perlunya menemukan otentisitas kehidupannya. Banyak tanggal pada tahun 2008 berbicara tentang mudik atau kembali ke kampung. Kita mudik ke tahun 1908 saat organisasi Boedi Oetomo (BO) didirikan. Mudik ke tahun 1928 saat ”Sumpah Pemuda” (SP) dikumadangkan. Kembali ke BO dan SP untuk menemukan, mencium, dan menghirup kembali aroma berbangsa yang otentik dan segar. Kita ingin mudik karena banyak hal otentik yang sudah hilang dari kehidupan berbangsa. Kita ingin kembali ke ”sangkan paraning (asal muasal) Indonesia”. (Indonesia Mudik-KOMPAS)

Jumlah pemudik dengan angkutan umum tahun ini 15.799.853 orang, naik 6,14 persen dibandingkan dengan tahun 2007 atau 14.885.490 orang (Kompas, 25/9/2008).

Pemudik dari Jakarta diprediksi naik sembilan persen, dari 2.184.502 orang (Lebaran 2007) menjadi 2.485.165 orang (Lebaran 2008). Dari jumlah itu, 18 persen menggunakan motor. (Optimalisasi Dana Mudik-KOMPAS)

Di jalur padat Malang – Surabaya di saat arus mudik maupun arus balik, nampak begitu padat. Pergerakan kendaraan menjadi lebih lambat ketimbang para pejalan kaki. Gambar berikut saya ambil pada pukul 19.00 WIB. Gambar pertama adalah arus kendaraan dari arah malang menuju ke Surabaya. Terjadi arak-arakan panjang sekitar 3 kilometer.
Sementara di jalur Surabaya – Malang boleh dikatakan berjalan normal tanpa hambatan.

Menurut berita di Metro TV, pada saat mudik lebaran tahun ini terjadi kecelakaan kendaraan sekitar 3000 kali, dengan korban meninggal sekitar 400 orang.

Mudah-mudahan para korban yang meninggal itu sudah melaksanakan ibadah puasa Romadhon dengan baik, sehingga, walau mereka tak sempat tiba kembali ke kampungnya, namun mereka telah kembali fitri ke pangkuan Ilahi. Idul Fitri, dalam arti yang sebenar-benarnya. Amiin..

5 thoughts on “Idul Mudik, Kembali Fitri

  1. Idul Mudik, Kembali Fitri? Ini judul yang unik, menyiratkan makna yang kita harapkan dari perjalanan mudik untuk tujuan bersilaturrahmi…
    Namun, bagaimana informasi tentang jumlah nyawa yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas karena mudik ini? Semoga mereka khusnul khatimah. Amin.

    Soal info, maaf saya nggak bisa kasih data yang akurat, maklum lagi sibuk silaturahim.😛

  2. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum
    dariku… dan keluarga.

    Em.. jadi anda ikutan mudik ya??? Atau hanya mengangkat dalam tulisan???

    Maunya mudik jauh, apa daya rumah saya tunggal RW dengan ibu saya. Jadi mudik sambil jalan kaki saja😀

  3. Tradisi mudik di Indonesia memang unik dan antik. Mungkin juga menjadi satu2nya di dunia. Memang yg perlu diresapi pada istilah mudik adalah kembali ke asal.

    Minal aidin wal faidzin,
    Mohon maaf lahir dan bathin.

    Mudah-mudahan selain mudik ke kampung, kita bisa mudik seperti bayi. Bersih dari segala noda. Semoga.
    Wal ma’bulin. Mohon Maaf Lahir Bathin😛

  4. semoga kita bisa ketemu kembali bulan suci tsb di tahun depan..
    oiya pak mohon maaf lahir batin …

    Itu harapan kita semua, agar yang namanya dosa bisa bersih sebersih-bersihnya. Dan saya juga mohon maaf lahir bathin, manakala saya telah berbuat salah, berbuat tidak enak, atau hal-hal lain yang tak pantas.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s