Just The Way You Are: Obama


r_fokus_vote_asBarack Obama sudah dipastikan menjadi presiden Amerika Serikat mulai awal tahun depan setelah ia meraup suara dari California, negara bagian dengan 55 kursi Dewan Pemilih, dan total sudah mengumpulkan 297 kursi.

Hasil ini, yang dikutip dari CNN, menunjukkan apapun hasil di negara bagian lain sudah tidak mempengaruhi hasil lagi. Aturannya, Obama maupun McCain harus memperebutkan minimal 270 suara atau kursi Dewan Pemilih. Saat memenangkan, Obama  mengumpulkan  50 persen lebih dari jumlah minimal.

Obama antara lain unggul di nagara bagian seperti New York, Rhode Island, Massachusetts, Connecticut, Illinois, New Jersey, Maine, Maryland. Wisconsin, Michigan,  Minnesota, Pennsylvania, New Hampshire, Vermonta, Delaware, Maine, Washington DC, New Mexico  serta Ohio.

Obama kecil pernah tinggal di Menteng, Jakarta Pusat. Ia sekolah dan bergaul dengan anak kampung. Tepatnya Obama bersekolah dari 1968 hingga 1970 awal. Selanjutnya ia pindah ke Sekolah Dasar 01 Besuki, Menteng (sekarang Sekolah Dasar Negeri Menteng 01, Jalan Besuki) saat kelas III. Ia cuma  sampai  kelas IV dan kemudian melanjutkan pendidikan dasarnya di Hawaii, Amerika Serikat. (Anak Menteng Jadi Presiden Amerika TEMPO Interaktif )

3066236pObama menjadi fenomenal. Dia mengubah wilayah AS dari yang sebelumnya terkotak-kotak di antara warna biru dan merah. Warna biru merujuk pada wilayah di bagian Barat dan Timur AS yang pendukung Demokrat. Warna merah merujuk pada wilayah bagian tengah dan selatan AS yang pendukung Republik.

”Tennessee adalah juga wilayah merah, tetapi kali ini menjadi ungu karena terjadi pembauran yang kuat antara pendukung Demokrat dan Merah,” kata Profesor Dr John King, dosen ilmu komunikasi di ETSU. Warna ungu merujuk pada percampuran antara warna biru dan merah.

Alasan lain bagi peralihan pilihan warga Tennessee adalah karena melihat profil Obama, yang juga memiliki seorang ibu kulit putih. Hal ini relatif membantu posisi Obama di kalangan warga putih yang tidak begitu suka dengan kebangkitan tokoh kulit hitam.

Faktor tambahan lain bagi penampilan Obama adalah masa kecilnya yang sudah kehilangan ayah, tetapi dengan disiplin dan ketekunannya bisa lulus dengan baik dari Harvard. Obama juga dilihat sebagai tokoh yang sopan dan konsisten dan dianggap sebagai tokoh pemersatu bangsa. (Markas Republik pun Berpaling – Kompas).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s