MUI: Golput Tidak Haram, Kecuali Rokok….


golput-haram1Ketua MPR Hidayat Nurwahid mengusulkan agar MUI mengeluarkan fatwa haram terkait masalah golput. Namun MUI menilai, urusan golput bukan masalah agama melainkan politik.

“Fatwa harus dikaji dulu apa alasannya. Apakah kecenderungan golput sudah sangat kuat kalau rakyat kita apatis, lalu banyak sekali yang golput, itu dulu dibuktikan. Karena ini (golput) tidak masalah agama, ini masalah politik,” tegas Ketua MUI Amidhan ketika dihubungi INILAH.COM, di Jakarta, Sabtu (13/12).

Yang diharamkan mestinya yang main “money politik”. Yang menjual kecap nomor 1, namun tanpa pernah dibuktikan saat sudah duduk di singgasana.

Sementara Golput adalah sebuah pemanfaatan sebuah hak asasi dengan jalan tidak memilih. Bukannya tidak punya sikap. Dan ini tentu saja bukan perbuatan dosa. Lain dengan menebar uang (entah dari mana) serta ngobral janji-janji kosong. Jadi, kalau MUI menolak mengharamkan Golput, adalah benar adanya.

Lain golput lain rokok. Setelah menjadi wacana di banyak media masa. Ada yang pro dan ada yang kontra, akhirnya ditetapkan bahwa :

ROKOK ITU HARAM BAGI ANAK-ANAK……..

Lha, kalau rokok haram bagi anak-anak, tak perlu repot-repot menunggu fatwa MUI. Saya yakin, para orang tua yang bijak pasti akan melarang anak-anaknya untuk menghisap rokok, meskipun mereka (orang tua itu) adalah perokok. Tak ada orang tua yang menyuruh anak-anaknya untuk menjadi seorang perokok.

Apa lantaran banyak suara yang menentang pengharaman rokok ini, lantas fatwa MUI jadi 1/2 hati?

11 thoughts on “MUI: Golput Tidak Haram, Kecuali Rokok….

  1. repots.. yang kang… dan begitu dilematis, Fatwa… untuk rokok kali ini, gimana tidak dilematis, disaat perusahaan rokok bermunculan dengan konsep bisnis yang begitu menjanjikan mulai dari cukai-nya hingga efeknya bagi ekonomi masyarakat, pedagang kecil dan masyarakat bawah begitu bisa menikmati dari hasil berdagang rokok kecil-kecilan, sementara apa para kyai itu sendiri sudah berani memberi contoh untuk tidak merokok (nonsens) setidaknya hingga saat ini,

    belum lagi jika melihat wakil rakyat yang terhormat, dimana jelas-jelas dirungan ada tulisan dilarang merokok, eeeh… sambil rapat mereka tetap saja merokok didalam.. he.h.e.he.

    sukses kang Djung.. makasih atas kungjungan kang Djun.. di blog-ku http://www.ekasulistyana.co.cc

  2. Pingback: Ternyata Banyak Ormas Islam Menentang Fatwa MUI perihal Hukum Golput/Rokok « M Shodiq Mustika #1

  3. Setahu Saya agama Islam tdk mengatur golput, klau musyawarah memang ada. Saya takut orang yg mengusulkan golput haram bila jadi orang kuasa bisa mengatur kitab suci orang lain. wahh….. serem.

  4. repot nih klau cuma kepentingan personal/sepehak dampaknya ke orang banyak. klau yang rokok haram seharusnya orang makan jengkol juga haram dong.
    golput bisa itu suatu pilihan, akan tetapi bila dalam pilihan jumlah yang golput lebih dari 1/3 seharusnya diadakan pemilihan lagi bagi yang golput untuk wajib memilih.

  5. golput haram itu ga bener, perlu di klarifikasi segera. tolong yah!
    roko haram itu, ga salah juga sch. cuma kaya’nya MUI ma fatwa tsb kalo menurut saya mah, ga keren bgt!

  6. Golput bukan urusan agama? tapi urusan politik? Wallahu’alam…

    Tapi bagi saya Islam bukan sekedar agama (millah, agama dalam arti sempit) tapi Islam itu Ad-Dien… menjadi ideologi dan filosofi dalam tiap aspek kehidupan. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, dari urusan ranjang suami-istri sampai politik kenegaraan dan dunia. Islam sudah mengatur dalam tiap syariatnya…

    So,dalam perspektif saya, semua aspek dalam kehidupan perlu disangkutpautkan dengan Islam. Kenapa? karena kita hidup dunia ini punya misi yang telah Allah berikan pada manusia….

    wallahu’alam…

  7. golput gak haram.merokok haram dan dosa karena menduakan Tuhan.diperhamba.kecanduan.kalu gak nyandu gak haram.hehehe….sebelum nyandu jgn dicoba deh.ke blogku : debatkontroversi.blogspot.com rame nih !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s