Badan Gemuk Bisa Menular?


Bukan penyakit saja yang bisa menular, kegemukan juga bisa. Bila teman sepergaulan Anda gemuk, hati-hatilah, kecenderungan kelebihan lemak sangat besar.

Tim ilmuwan dari University of Warwick, Dartmouth College, dan University of Leuven menemukan hasil tersebut dari penelitian terhadap 27 ribu orang partisipan. Menurut hasil riset para ahli yang dibahas dalam sebuah konferensi di Cambridge Massachusetts, Amerika Serikat, fenomena itu disebut ”obesitas imitatif” atau mencontoh kebiasaan teman mengkonsumsi kalori.

Dari riset itu ditemukan, hampir 50 persen wanita di Eropa merasa dirinya mengalami kelebihan berat badan. Sedangkan di kalangan pria, perasaan yang sama ditemukan kurang dari 30 persen. Semula tim itu mengira, obesitas adalah suatu respons terhadap daya beli yang makin kuat. ”Tetapi anehnya kami selalu menemukan kecenderungan orang kaya lebih kurus ketimbang orang miskin,” kata Professor Andrew Oswald, peneliti dari University of Warwick.

Karena itulah Oswald berpendapat, meningkatnya kegemukan sebagai fenomena sosiologis dan bukan fisiologis. ”Orang akan terpengaruh penilaian dari rekan-rekannya,” ujarnya. Namun David Haslam, Direktur Klinis National Obesity Forum, menilai menempatkan obesitas sebagai fenomena sosiologis tak tepat. ”Penjelasan yang lebih tepat adalah, bila dikelilingi orang yang kelebihan berat badan, Anda berada di lingkungan orang yang menyantap banyak makanan salah,” katanya. Dan, Anda pun akan tertular menyantap makanan tak sehat itu.

Sumber: Majalah Berita Mingguan TEMPO Edisi. 16/XXXVIII 08 Juni 2009 (Awas, Gemuk Menular)

One thought on “Badan Gemuk Bisa Menular?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s