Kota Atlantis berada di wilayah Indonesia?


Lokasi Atlantis masih jadi misteri. Sejumlah spekulasi beredar, ada yang mengatakan kota kuno berperadaban tinggi itu berada di Kepulauan Mediterania, Gurun Sahara, Amerika Tengah, Antartika, bahkan Indonesia.

Dalam bukunya berjudul “Atlantis the Lost Continents Finally Found”, seorang ilmuwan asal Brazil, Arysio  Santos, menyebut Indonesia sebagai lokasi Atlantis, berdasarkan definisi yang disebut Plato dalam ‘Lost Civilization’.

Dalam wawancara yang dimuat laman YouTube, Santos tanpa ragu mengatakan bahwa Atlantis benar-benar ada dan bukan sekedar mitos.

Santos menjelaskan mengapa selama ini para ilmuwan gagal menemukan Atlantis dan bahkan ragu akan keberadaan kota yang hilang itu.

“Karena mereka mencarinya di tempat yang salah. Mereka mencarinya di Laut Atlantik,” kata dia dalam wawancara di YouTube, seperti dimuat laman Hubpages.

Anggapan bahwa Atlantis berada di Samudera Atlantik, memang logis. Namun, itu bukan lokasi yang tepat.

“Atlantis berada di Lautan Hindia [Indonesia], di belahan lain bumi,” kata dia. Di belahan bumi timur itulah, tambah Santos, peradaban bermula.

Lalu, pada Februari 2009, beredar kabar mengejutkan soal Atlantis. Google Earth menemukan bekas-bekas peradaban kuno di Samudera Atlantik, tepatnya di Afrika.

Spekulasi beredar, reruntuhan itu adalah Atlantis. Namun, pihak Google lalu mengkonfirmasi, bahwa apa yang disangka alur kota tua ternyata artefak dari proses pengumpulan data pengukuran dasar laut oleh kapal – dengan menggunakan sonar.

Alur garis, yang dikira bekas reruntuhan, adalah bayangan kapal saat proses pengumpulan data.

Sumber: Atlantis yang Hilang’ Diburu di Spanyol

5 thoughts on “Kota Atlantis berada di wilayah Indonesia?

  1. saya meragukan kalau atlantis itu ada di indonesia, karena walaupun ada di ndonesia, seharusnya banyak orang yang sadar dan menemukan the lost atlantis tersebut,

  2. Kota Atlantis kalau ada ataupun tdk ada, santai aja ditanggapi sesuai profesi masing2. Menurut saya sih kehidupan apalagi sebuah kota kuno pastilah ga jauh dari perairan seperti sungai dan pantai, apalagi landai.

    Jadi bisa saja letaknya jauh dari pulau atau benua sekarang, oleh karena kenaikan air laut zaman es mencair. Jadi bener2 tenggelam tuh kota yang menarik (konon). Seperti bangsa Afrika dengan suku Aborigin, yang hampir satu ras, dimungkinkan mereka terjadi pengembaraan melalui daratan yang sudah tenggelam, lewat air sedikit sekali kemungkinan. Hanya ketua2 adat yang bisa menurunkan cerita2 itu, kalau masi ada fosil2 pengabadiannya.

    Justru yang selamat sekarang adalah manusia2 yang ada dipegunungan saat itu, berikut hewan2nya. Hanya hewan dan orang2 tertentu yang dapat melarikan diri dari naiknya air laut, karena cairnya Es di Kutub2.

    Karena sudah 11000 SM situsnya sudah banyak berubah dan ada kemungkinan tak ada penerus cerita asli.
    Situs2 kuno dan bangkai2 peninggalan jaman lampau memang slalu jadi incaran keberadaan harta karunnya. Kalaupun ditemukan ada cerita tersembunyi tentang peradaban Manusia.
    thx deh

  3. atlantis sebenarnya sayang sekali hilang katanya sih karna ada badai wah sayang sekali ya padahal atlantis itu katanya pulau yang sangat indah kalau atlantis ada di indonesia hebat donk indonesia kan memang indah banget🙂

  4. Quote atlantis in Indonesia what’s not wrong but atlantis very beautiful city so famous wah Indonesia Indonesia is beautiful muatlantis is a world that its advanced technology and a doomsday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s