Selamat Hari Bumi 2010


Selamat Hari Bumi 2010! Jangan lupa matikan lampu selama sejam, pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Berbagai kota dari 92 negara hari ini, lanjut kompas.com, bersiap-siap untuk mematikan lampu selama sejam saja untuk memperingati Hari Bumi dan mendukung gerakan penyelamatan lingkungan terhadap perubahan iklim.

Tahun lalu, acara ini diikuti oleh 88 negara. Daerah-daerah baru yang turut serta pada tahun 2010 termasuk Kosovo, Madagaskar, Nepal, Arab Saudi, Mongolia, Kamboja, Ceko, Paraguay, Ekuador, dan Kepulauan Marina Utara di Samudra Pasifik. Demikian kompas.com mengawali beritanya dalam menyambut Hari Bumi 2010.

Sementara Wikipedia versi Indonesia menulis, Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April secara Internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Maret Equinox.

Dan mesin pencari Google, seperti biasa, dalam menyambut hari bumi merubah logonya seperti yang di atas.

Pada tanggal 22 April 1970, Hari Bumi menandai awal gerakan lingkungan modern. Sekitar 20 juta warga Amerika berpartisipasi. Ribuan perguruan tinggi dan universitas protes terorganisir terhadap kerusakan lingkungan. Kelompok yang telah berjuang melawan tumpahan minyak, polluting pabrik dan pembangkit listrik, kotoran baku, kesedihan beracun, pestisida, Freeway dan pemberontakan tol, hilangnya padang gurun, dan kepunahan satwa liar tiba-tiba menyadari bahwa mereka berbagi nilai-nilai umum.

Cakupan Media Hari Bumi pertama adalah One-Hour Prime-Time CBS News Laporan Khusus disebut “Hari Bumi: Sebuah Pertanyaan Hidup,” dengan wartawan melaporkan dari belasan kota besar di seluruh negeri, dan diriwayatkan oleh Walter Cronkite (yang latar belakang adalah Panitia Minggu Earth logo Philadelphia). Segmen terbesar dari laporan khusus (20 menit dari program 60-menit) difokuskan pada Earth Day di Philadelphia. (http://en.wikipedia.org/wiki/Earth_day)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s