Ariel, Luna, Cut Tari Bohong……


Dalam wawancara khusus dengan tvOne, Ariel dan Luna tak secara tegas mengiyakan atau menolak bahwa yang video panas yang beredar itu adalah mereka.

Untuk memastikan siapa sebetulnya pelaku di video itu, menurut Roy, seperti yang dilansir Harian Surya (Surya Online), perlu dilakukan pencocokan gambar di video dengan kondisi fisik orang-orang yang patut diduga sebagai pelaku, yakni Ariel, Luna, dan Cut Tari. Meski begitu, pemeriksaan perlu juga melibatkan ahli kejiwaan.

Sejauh ini, Ariel, Luna, dan Cut Tari membantah bahwa video yang beredar itu mereka bintangi. Soal bantahan-bantahan itu, psikolog hipnoterapi Mardigu Wowiek Prasantyo punya pendapat. Ia mengungkapkan, sikap manusia tidak hanya bisa dibaca dari ucapan mereka, namun juga dari ekspresi wajah atau gerak tubuh yang muncul. Manusia akan menampilkan ekspresi yang berbeda-beda setiap menghadapi tekanan.

Wajah, misalnya, memiliki 780 otot yang akan menampilkan ekspresi yang berbeda bila mendapati masalah. Jika seseorang ditanya apakah ia melakukan selingkuh, dan bila benar-benar tidak melakukan tindakan itu, maka ia akan memperlihatkan ekspresi terhina dan lalu marah. Sebaliknya bila berbohong, wajah mereka pun tidak menampilkan penyangkalan meskipun bibir membantah.

“Pada saat saya lihat wawancara Ariel dan Luna di TV One, wajah mereka tidak menyatakan mereka menyangkal. Mereka tidak terlihat terhina, wajah mereka tidak tertekan saat ditanya apakah mereka yang di video itu. Jadi bisa ditafsirkan sendirilah,” kata Mardigu yang memimpin lembaga Narapati Center, yang sering dilibatkan membantu pemeriksaan psikologi oleh polisi.

Hal yang serupa juga ditampilkan Cut Tari. Sikap mantan presenter acara infotainment ‘Insert’ ini tidak alami dalam menjawab pertanyaan wartawan apakah ia bukan orang yang muncul di video porno dengan pria mirip Ariel.

“Kalau Cut Tari, ia selalu bergerak, canggung, sehingga memakai hal-hal lain untuk menutupinya, misalnya, menggendong anak, menggandeng suami,” kata Mardigu, yang menimba ilmu psikologi di San Fransisco State University, AS, itu.

2 thoughts on “Ariel, Luna, Cut Tari Bohong……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s