Gawat, Rp 1.000.000 Akan Disanering Menjadi Rp 1.000


Pernahkah Anda membayangkan untuk menerima gaji sebesar Rp 1.500 per bulan? Ya, jika saat ini gaji Anda sebesar Rp 1,5 juta, kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi kira-kira lima tahun mendatang. Pasalnya, pihak Bank Indonesia (BI) tengah melakukan pembahasan internal untuk dapat melakukan redenominasi.  Pertanyaan menohok ini say abaca di harian SURYA tadi pagi.

Redenominasi, lanjut SURYA, adalah pengurangan nilai pecahan tanpa mengurangi nilai uang tersebut. Kasarnya, angka nol dalam sebuah pecahan uang akan dikurangi, dan jika dikurangi tiga angka nol maka Rp 1.000.000 akan menjadi Rp 1.000.

Menurut Darmin, pihaknya akan menyampaikan hasil final pembahasan internal kepada pemerintah pada tahun 2010. “Belum bisa diputuskan sekarang, berapa angka nol yang dikurangi – apakah tiga atau empat – namun hasil pembahasan diusahakan disampaikan ke pemerintah tahun 2010 ini,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua Perhimpunan Bank Swasta Nasional (Perbanas) Jatim, M Pujiono Santoso, berpendapat bahwa denominasi atau sanering rupiah kurang tepat jika diterapkan. “Kalau denominasi di tahun 1965, zaman Presiden Soekarno, itu kan karena faktor darurat. Inflasi tembus 600 persen, wajar dilakukan denominasi. Lha kalau sekarang? Inflasi pun masih sangat terkendali,” cetusnya, Minggu (1/8).

Lamat-lamat saya ingat jaman rezimnya Bung Karno dulu. Waktu itu (tahun 1965) rupiah menderita keterpurukan yang sangat (inflasi mencapai 650%). Indeks biaya mencapai angka 438. Index harga beras mencapai 824, tekstil 717, dan harga Rupiah anjlok tinggal 1/75 (seper tujuh puluh lima) dari angka Rp 160/US$ menjadi Rp 120,000 /US$. (Sanering Uang Kertas, Lho Kok Masih Ada…?)

One thought on “Gawat, Rp 1.000.000 Akan Disanering Menjadi Rp 1.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s