Zakat: Solusi Atasi Problem Kemiskinan di Dunia?


Sekretaris Jenderal Dewan Zakat MABIMS, Tulus, mengatakan, zakat memiliki potensi untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia maupun di dunia.

“Dengan memerhatikan data jumlah orang miskin pada tahun 2007 yang mencapai 830 juta jiwa, maka potensi zakat dunia akan mampu mengatasi kemiskinan sampai 24,1 persen,” jelas Tulus dalam acara jumpa wartawan yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Jakarta, Kamis (19/8/2010)….

Segenap elemen pengelola zakat akan mengadakan konferensi internasional World Zakat Forum (WZF), yang akan diselenggarakan pada 28 September hingga 2 Oktober 2010 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, dan dihadiri oleh Organisasi Pengola Zakat, Organisasi Islam, perguruan tinggi, organisasi kerja sama zakat nasional dan regional, serta pusat-pusat kajian zakat dan perwakilan organisasi pengelolaan zakat dari sejumlah negara di dunia.

WZF merupakan forum pertemuan bersama organisasi-organisasi pengelola zakat di dunia dalam rangka membicarakan berbagai permasalahan zakat di dunia serta memutuskan dan merekomendasikan sebuah langkah atau kegiatan untuk meningkatkan fungsi zakat dalam memecahkan berbagai permasalahan di dunia.

Sementara, zakat, menurut Wikipedia,  terbagi atas dua tipe yakni:

  • Zakat Fitrah
    Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Besar Zakat ini setara dengan 2,5 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
  • Zakat Maal (Harta)
    Mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing tipe memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

Yang berpotensi untuk mengatasi kemiskinan tentunya Zakat Maal. Sementara Zakat Fitrah hanyalah zakat yang diberikan kepada yang berhak menerima, agar bisa makan enak di dalam menyambut Idul Fitri saja. Mudah-mudahan forum pertemuan WZF nanti betul-betul bisa menghasilkan solusi yang nyata, bukan merekomendasikan hal-hal yang masih harus diseminarkan, dilokakaryakan, didiskusikan,  dan sebagainya.

S E M O G A.

sumber : kompas.com, Zakat Bisa Atasi Kemiskinan Dunia

One thought on “Zakat: Solusi Atasi Problem Kemiskinan di Dunia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s