Siapa yang Berhak Meraih Predikat Idul Fitri? (Part II)


Apa inti dari makna Idul Fitri? Idul itu artinya kembali; fitri artinya suci. Jadi makna idul fitri itu adalah saat manusia kembali menjadi suci kembali, sama seperti bayi saat baru lahir. 100% gres! Tanpa dosa……….

Sementara itu, kalau kita perhatian pada 10 hari terakhir, pelaksanaan sholat terawih berlangsung secara spekatakuler. Jamaahnya (di semua tempat di Indonesia) ‘mbeludak’ ke mana-mana. Sampai ke mall-mall, supermarket-supermarket, maupun waralaba-waralaba. Dzikir dipenuhi dengan membuka/menutup dompet, sementara tangan sibuk meneliti potong demi potong dan kedua kaki berlalu lalang ke sana kemari menuruti keinginan yang punya tubuh, demi mencari PAKAIAN yang paling baru, paling bagus dan (kalau bisa) paling murah.

Sementara di dalam masjid sendiri, ironinya tak sampai dua atau tiga shaf sahaja. Ini belum dipilah mana yang khusuk dan mana yang setengah maupun mana yang tidak.

Banyak dari kita yang sibuk menghias kulit namun lupa akan isinya. Makna idul fitri di jaman kiwari betul-betul full pressed body (pinjam istilah mobil). Yang penting tampil trendy.

Padahal Lebaran bin Idul Fitri terjadi lantaran karena kita umat Islam telah berhasil berperang melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan dan menang. Tanpa berperang dan menang, Idul Fitri hanya ada dalam bibir saja.

Memang pada saat idul fitri (biasanya) semuanya serba baru. Ya bajunya, ya sandalnya, ya semangatnya. Tapi kalau hanya itu saja,maka kita hanya sebatas memperbaharui kulitnya saja. Sementara di dalam jiwa masih tetap dengan sikap yang lama, tanpa ada perubahan lagi.

Iti namanya Lebaran Tanpa Idul Fitri. Semoga kita tak termasuk yang demikian ini.

Selamat Mencapai Idul Fitri 1431 Hijriyah.

Taqobbalallohu minna wa minkum taqobbal yaa kariim.

Mohon maaf lahir bathin.

Edisi revisi dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s