Tertawalah Selagi Bisa, Lho…..


Apa (di Indonesia) ada pelarangan untuk tertawa? Tidak. Belum ada pelarangan untuk itu. Kita masih diperbolehkan tertawa, bahkan ngakak sekalipun.

Lalu, tertawalah selagi bisa? Ya, menurut kompasdotkom tertawa hanyalah milik orang muda usia. Semakin tua usia seseorang,semakin susah untuk tertawa.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa “Setiap periode usia memiliki skala tertawa sendiri. Kelompok usia yang paling jarang tertawa adalah di usia 50-an,” kata Dr.Lesley Harbidge, peneliti dari Universitas Glamorgan.

Dalam penelitian yang dilakukan Harbidge, balita dan anak-anak pada umumnya tertawa 300 kali dalam sehari karena hidup bagi mereka sangatlah menyenangkan. Sementara itu kelompok remaja rata-rata tertawa 6 kali dalam sehari. Hal yang bisa memicu mereka tertawa adalah kesialan orang lain.

Di usia dewasa, jumlah kita tertawa makin sedikit lagi, yakni tinggal 4 kali dalam sehari. Namun di usia 30-an jumlahnya akan meningkat menjadi 5 kali sehari dan terus bertambah ketika memiliki anak.

Ketika kita memasuki usia 50-an, para peneliti dari Inggris menemukan paling banyak mereka tertawa 3 kali dalam sehari dan jumlahnya menyusut menjadi 2,5 kali di usia 60 tahun. Mereka juga jarang menceritakan lelucon.

Padahal, tertawa adalah obat stres yang paling manjur. “Saat tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hari-hari yang dilengkapi dengan tawa akan membuat kita jarang terkena stres,” kata Harbidge.

Para ahli juga menemukan, sifat suka marah dan mengeluh yang dialami orang tua, atau disebut Sindrom Victor Meldrew ini lebih sering dialami pria dibanding wanita.

2 thoughts on “Tertawalah Selagi Bisa, Lho…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s