Malang: Ngurus KTP Cukup 3 Menit & Gratis


Kabar gembira bagi masyarakat Kota Malang yang akan mengurus dan membuat KTP. Masyarakat yang akan mengurus dan membuat KTP tidak perlu lagi jauh-jauh ke Perkantoran Terpadu (Office Block) Pemkot Malang di Tlogowaru Malang, pembuatan KTP dapat dilayani di kantor kecamatan melalui layanan KTP keliling (mobile KTP).
Layanan KTP keliling itu dilakukan sinergi antara Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispebduk Capil) dengan Dinas Kominfo Kota Malang. Layanan KTP keliling menggunakan armada Kominfo dengan sistem online. Sehingga pembuatan KTP semudah pengurusan SIM keliling. Hanya butuh waktu sekitar 3 s/d 5 menit, KTP baru sudah dapat dimiliki.

“Mulai hari ini layanan KTP keliling sudah dimulai. Pelayanan KTP keliling ini untuk semakin memudahkan masyarakat dalam pengurusan KTP. Pelayanan ini semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kadispenduk Capil Kota Malang, Rachman Nurmala kepada Malang Post, kemarin. (Bikin KTP di Kecamatan Hanya 3 Menit, 28/10/10, Malang Post)

Penerapan e-KTP di Kabupaten Malang baru akan dilaksanakan pada tahun 2012 mendatang. Kabupaten Malang tertinggal dengan dua daerah di Malang raya, Kota Malang dan Kota Batu yang lebih dulu menerapkan e-KTP pada tahun 2011.
Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Malang, Dra. Hj. Cholis Bidajati, MM, Pemkab Malang memang meminta agar penerapan e-KTP dapat dilakukan pada 2012 mendatang. Mengingat kondisi geografis wilayah Kabupaten Malang yang luas dengan 33 kecamatan di dalamnya. “Pada tahun 2010 ini, Kabupaten Malang menggelar Pemilukada. Persiapan data base untuk data kependudukan tidak dapat maksimal. Karena itu, kami meminta pelaksananaanya dapat dilakukan pada 2012,” kata Cholis kepada Malang Post, kemarin. (Jelang e-KTP, Lakukan Pemutakhiran Kependudukan, 01/11/10, Malang Post)

Masyarakat bisa langsung datang ke KTP mobile dengan membawa KTP lama dan foto copy KTP bagi KTP yang masa berlakunya masih kurang minimal 14 hari.
Masyarakat hanya tinggal mengisi formulir yang disiapkan petugas, melampirkan KTP lama dan foto copy KK. Verifikasi data dan langsung foto. Beberapa saat kemudian KTP baru yang sudah menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) sudah dapat diterima pemohon….

Warga Lowokwaru yang ketempatan KTP mobile banyak yang lebih dulu bertanya cara perpanjangan KTP. Petugas pun dengan ramah melayani warga yang bertanya tentang prosedur pelayanan KTP mobile, meski di depan tenda pelayanan sudah ada prosedur tertulis yang dapat dibaca warga…

Tahun depan, dia berharap pelayanan itu mendapat dukungan dari anggota DPRD Kota Malang. Idealnya, satu kecamatan memiliki satu mobil layanan KTP mobile yang dapat keliling di masing-masing kelurahannya. Jadi butuh lima unit pelayanan KTP mobile pada anggaran tahun depan.(Melihat Gebrakan Pemkot Malang pada Pelayanan KTP Keliling, 01/11/10, Malang Post)

3 thoughts on “Malang: Ngurus KTP Cukup 3 Menit & Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s