Kasih Ibu Sepanjang Masa


Kasih Ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi, tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia

Lagu ini begitu lekat dalam benak. Sehingga, walau tidak pernah saya hapalkan, karena sering mengisi memero saya sejak kecil, hingga kini syair maupun nadanya tidak pernah saya lupa. Yang sampai sekarang, saya tidak tahu, siapa penggubah lagu ini?

Hari ini Indonesia memperingati Hari Ibu. Hari Ibu adalah hari peringatan/ perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebas-tugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia hari ini dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong dalam Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke dua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 8 Maret.

Namun, dalam masyarakat awam, Hari Ibu ini adalah hari biasa saja, seperti layaknya hari-hari yang lain. Tak ada yang khusus demi untuk menghormati peranan Ibu dalam membentuk karakter bangsa.

Mendidik seorang lelaki itu artinya – HANYA – mendidik 1 orang saja. Sementara kalau mendidik seorang perempuan (calon Ibu) artinya mendidik 1 keluarga.

Bahkan seorang Nabi Muhammad SAW. menempatkan derajat Ibu adalah 3 tingkat di atas derajat seorang Ayah.

Maka dari itu, bagi yang masih mempunyai seorang Ibu, jangan sia-siakan beliau. Hormati dan mulaiakan beliau. Kerna jalan menuju sorga berawal dari bawah telapak kaki seorang Ibu.

[ gambar diambil dari sini ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s