Kisah tentang Calon dan Menteri Kesehatan yang Tidak Sehat


Nila Djuwita, Menteri Kesehatan RI, begitu judul berita Kompas.com, Minggu, 18 Oktober 2009 | 15:21 WIB. Nila Djuwita F Moeloek SpM (K) digadang-gadang menjadi Menteri Kesehatan RI menggantikan Siti Fadilah Supari. Hal ini terungkap ketika Nila menyampaikan keterangan singkatnya kepada para wartawan… seusai menjalani proses wawancara dan uji kepatutan dan kelayakan di kediaman presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Minggu (18/10).

Namun, detik-detik menjelang hari H, bintang yang sudah bersinar itu mendadak meredup. Beliau dinyatakan tidak sehat. Otomatis gagal untuk jadi Menteri. Dan teka-teki di balik kegagalan Nila Djuwita F.  Moeloek merebut kursi Menteri Kesehatan, menurut lintas berita.com, karena Nila kurang tahan terhadap tekanan psikologis, sehingga mudah stres.

Muncul nama baru yang tak pernah disebut-sebut sebelumnya: Endang Rahayu Sedyaningsih, yang menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Depkes. Dan kemunculan Menteri Kesehatan yang baru ini sempat menjadi bahan polemik media massa.

Ada dugaan SBY lebih memilih Endang karena dia dekat dengan AS. Hal itu karena Endang Rahayu merupakan staf Departemen Kesehatan yang paling “dekat” dengan Namru (The US Naval Medical Reseach Unit Two) atau Unit 2 Pelayanan Medis Angkatan Laut. “Dia (Endang) adalah mantan pegawai Namru. Dia memang sekarang ini tidak mempunyai jabatan khusus sebagai peneliti biasa,” kata Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari. (kabarnet.wordpress.com).

Dan kini, ada kabar yang lebih mengejutkan: Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih Sakit Kanker, tulis Billy di gugling.com (17/01/2011). Padahal Saat Tes Kesehatan Calon Menteri, Gejala Kanker Menkes Belum Terlihat (detiknews, 16/01/2011).

Itulah manusia. Walau telah menjabat Menjadi Menteri Kesehatan, bukan berarti beliau akan bebas dari serangan penyakit, apalagi kanker. Kalau kebanyakan masyarakat Indonesia memang ASLI secara akut mengidap penyakit KANKER alias KANTONG KERING.

2 thoughts on “Kisah tentang Calon dan Menteri Kesehatan yang Tidak Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s