Google & Les Paul & Gitar Listrik


Gitar listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di body gitar yang biasa disebut “pick up“. Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb ataupun distorsi.

Gitar listrik awalnya didisain oleh pembuat gitar, pencinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik.Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation di tahun 1932. Disain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro String Company.Gitar baru tersebut dinamai “Rickenbacker” oleh perusahaan dan menjadi yang pertama di jenisnya. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada 2 oktober 1932 dan terus tampil dalam bulan tersebut.

Metrotvnews.com memberitakan: Ada yang unik ketika kita membuka situ Google, dimana mesin pencari Google Doodle ini menampilkan gambar gitar di logonya. Hal ini dilakukan guna untuk merayakan tepat 96 tahun lalu kelahiran gitaris jazz dan country legendaris asal Amerika Serikat, Les Paul.

Gambar gitar tersebut juga bisa kita mainkan dengan mengarahkan mouse ke senarnya. Tak hanya itu kita juga bisa memainkannya dengan keyboard dengan mengklik ikon keyboard yang ada di bawah.

Bagi pecinta musik terutama para gitaris nama Les Paul memang tak asing lagi. Pemilik nama asli Lester William Polsfuss ini juga merupakan pioneer dalam pengembangan musik rock and roll saat ini. Atas dedikasinya ini namanya pun digunakan sebagai merek gitar Gibson yang dikenal dengan Gibson Les Pauls. Les Paul sendiri meninggal di rumah sakit White Plains Hospital pada 12 Agustus 2009 karena komplikasi pneumonia. Sebelum kematiannya, beberapa minggu Les Paul sempat menggelar konsernya. (Google Rayakan Ultah 96 Tahun Les Paul)

4 thoughts on “Google & Les Paul & Gitar Listrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s