Memegang Keramik Produksi Schlaggenwals Czeckoslovakia Tahun 1792


Beberapa waktu yang lalu, mbah buyut istri saya meninggal dunia dalam usia – sekitar – 95 tahunan. Di antara para penta’ziah ada yang bilang: “Di sini banyak menyimpan benda antik, ya. Bagaimana kalau saya beli?” dan langsung oleh istri saya dijawab: “Oh, nggak ada. Nggak ada benda antik di sini…….”

Lalu istri saya cerita bilang tentang ‘benda antik’ tersebut. Saya pun cuma ketawa.

Malamnya iseng-iseng, saya lihat keramik yang telah lama saya buat menyimpan mur, baut, lem, dan sebangsanya. Saya teliti dengan seksama, lalu saya lihat bagian belakang.

Terlihat (kayaknya angka  tahun pembuatan) 1792, produksi Schlaggenwals, Czeckoslovakia. Ini berarti produksi 219 tahun yang lalu. Apa ini yang dimaksud dengan ‘benda antik’ itu ya? Dan lagi, ada yang buatan Fraureuth, Germany:

2 thoughts on “Memegang Keramik Produksi Schlaggenwals Czeckoslovakia Tahun 1792

Leave a Reply

