Google & Arthur “Art” Clokey


Arthur “Art” Clokey (12 Oktober 1921 – 8 Januari 2010) adalah seorang pelopor dalam mempopulerkan stop motion clay animation, dimulai pada tahun 1955 dengan percobaan film berjudul Gumbasia, dipengaruhi oleh profesor-nya, Slavko Vorkapich, di University of Southern California.

Dari proyek Gumbasia, Seni Clokey dan istrinya Ruth menciptakan Gumby.  Sejak itu Gumby dan Pokey kudanya telah hadir akrab di televisi, muncul di awal beberapa seri Howdy Doody Show dan kemudian The Adventures of Gumby. Karakter menikmati pembaruan bunga di tahun 1980-an ketika aktor dan komedian Amerika diparodikan Gumby Eddie Murphy dalam sebuah drama komedi di Saturday Night Live. Dalam tahun1990 Gumby: The Movie dirilis, memicu bunga bahkan lebih.

Kedua produksi Clokey yang paling terkenal adalah duo Davey and Goliath, yang didanai oleh Gereja Lutheran di Amerika. Dalam menghormati kontribusi untuk animasi tanah liat dan untuk merayakan ulang tahun ke-90 kelahirannya, Google doodle pada 12 Oktober 2011 menghias logonya yang didasarkan pada karakter animasi tanah liat.

Lahir di Detroit, Michigan, pada tanggal 12 Oktober 1921. Nama lahirnya Arthur C. Farrington. Ketika Clokey berusia sembilan tahun, orang tuanya bercerai dan dia tinggal dengan ayahnya, Charles Farrington. Setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan mobil, dia pergi untuk tinggal bersama ibunya di California, namun ayah tirinya tidak tertarik untuk mengasuh anak orang lain, dan Arthur dikirim ke panti asuhan. Ketika ia berusia 12, dia diadopsi oleh Joseph W. Clokey, seorang komposer musik klasik dan organ yang mengajar musik di Pomona College di Claremont, California. Arthur diisekolahkan mengenai lukisan, gambar, dan pembuatan film. Lingkungan estetika kemudian menjadi rumah dari karakter Clokey paling terkenal, Gumby, yang namanya berasal dari pengalaman masa kecilnya selama kunjungan musim panas ke peternakan kakeknya, ketika ia asyik bermain dengan tanah liat dan campuran lumpur yang disebut “gumbo”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s