Google & Louis Daguerre


Hari ini adalah hari ke 224 kelahiran seniman dan kimiawan Perancis yang bernama Louis-Jacques-Mandé Daguerre. Google merayakannya dengan merias logonya sebagai berikut:  


Louis-Jacques-Mandé Daguerre
 (1787 – 1851) ialah seniman dan kimiawan Perancis yang dikenal untuk penemuannya yakni proses fotografi Daguerreotype.

Ia mengadakan percobaan untuk menciptakan gambar pada 1824, mempertunjukkan diorama dengan berkeliling Perancis, Inggris, dan Skotlandia. Beberapa tahun setelah Nicéphore Niépce memproduksi fotografi pertama di dunia, kedua lelaki itu memulai kerja sama 4 tahun – sampai kematian Niepce pada tahun 1833.

Daguerre mengumumkan penyempurnaan terakhir Daguerreotype, setelah tahun-tahun percobaan, pada tahun 1839, dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis yang mengumumkan prosesnya pada 9 Januari tahun itu. Paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Perancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah “sumbangan untuk dunia”.

Bagaimanapun, Daguerre sendiri tidak mematenkannya untuk Inggris pada tanggal 12  Agustus, dan secara besar hal ini memperlambat pengembangan fotografi di Britania Raya.

2 thoughts on “Google & Louis Daguerre

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s