Salah Satu Sebab Kenapa Kita Bertambah Miskin…


Kemarin saya membaca twitter Iman Brotoseno ‏ @imanbr (biografinya:  Film director, Blogger, History lover, Soekarnoisme, Dive Instructur, Passionate Underwater Photography & My Works at http://www.vimeo.com/imanbrotoseno, Indonesia Archipelago · http://blog.imanbrotoseno.com) yang ngetwit tentang buku The New Rulers of the World karya John Pilger.

Berikut rangkaian twitter itu:

  1. Dalam buku “ The New Ruller of the World “, John Pilger menggambarkan konferensi di Geneva, Swiss November tahun 1967.
  2. Dikatakan, Menyusul diperolehnya hadiah terbesar ( baca : turunnya Bung Karno ). Time Life Corporation sponsori konferensi .
  3. Konferensi istimewa di Geneva th 1967 yang dalam waktu 3 hari merancang mengambil alih kekayaan Indonesia.
  4. Pesertanya kapitalis-kapitalis paling berkuasa di dunia seperti David Rocklefeller, General Motors, Imperial Chemical Industries dan lain-lain.
  5. Juga Bristish Leyland, Amex, Goodyear, Siemens, US Steel, International Paper Corporation, AT & T, Caltex, industri pertambangan lainnya.
  6. Di seberang meja, duduk peserta dari Indonesia, yakni para ekonom ekonom top serta perantara – Jenderal Ibnu Soetowo – kepada Jenderal Soeharto.
  7. Ibnu Soetowo yang saat itu sebagai Menteri Pertambangan & Perminyakan diperkenalkan kepada korporasi asing melalui Julius Tahija.
  8. Dalam konferensi ini kelihatan posisi Indonesia yg berat sebelah. Situasi perekonomian Indonesia berantakan, membuat pilihan negosiasi terbatas.
  9. Ditambah para juru runding pihak Indonesia dari teknokrat & lawyer belum berpengalaman berhadapan dg lawyer korporasi pihak asing yang handal.
  10. Kalaupun ada lawyer Indonesia yang bagus, dia sudah di-hire para korporasi, seperti Ali Budiardjo yang disodorkan Julius Tahija untuk Freeport.
  11. Kelak Ali Budiardjo menjadi presiden direktur Freeport. Sebagaimana Julius Tahija yang menjadi orang nomor satu di Caltex tahun 1966.
  12. Karena dukungan Ibnu Sutowo dan Soeharto, setelah Angkatan Darat memveto usulan menasionalisasi Caltex pada akhir 1965.
  13. Para CEO-CEO korporasi ini sudah mempunyai amunisi, yakni UU Penanaman Modal Asing 1967 yang sangat pro investor.
  14. UU PMA yang ditandatangani bulan April 1967 dibuat terburu buru dan langsung disodorkan ke Jenderal Soeharto.
  15. Saat itu Rocklefeller banyak mendiktekan klausul-klausul Undang Undang ini yang sangat menguntungkan mereka.
  16. Rocklefeller sudah berperan seperti Gubernur Van Imhoff yang menyodorkan Perjanjian Ponorogo kepada Mataram tahun 1743.
  17. Jika waktu itu VOC memaksa Mataram tidak berlayar atau membuat kapal. UU PMA juga memaksa pembebasan pajak untuk jangka waktu 5 tahun pertama.
  18. Walhasil dalam 3 hari itu Indonesia dibagi utk para korporasi asing. Freeport mendapat bukit tembaga di Papua ( walau terbesar dari emas ).
  19. Konsorsium Eropa mendapatkan nikel. Alcoa dapatkan bauksit. Perusahaan Amerika, Eropa mendapatkan kayu dari hutan di Sumatera & Kalimantan.
  20. Masih banyak lagi. Pembagian sangat rinci dan tidak menyisakan daerah konsensi kosong. Konferensi Geneva 1967 rinci membagi bagi Indonesia.
  21. Sekarang kita mencemooh Hugo Chavez karena keberaniannya menasioalisasi perusahaan asing. Alasannya karena bisa menghambat investasi.
  22. Kita lupa, ketika hari “itu“ tiba. Kita tidak punya apa-apa untuk dikelola. Beranikah kita menggugat Freeport yang sudah 43 tahun menguras?
  23. Pebruari 1976, ketika produksi minyak Caltex masih hampir sejuta barel sehari, kita sudah ketakutan meminta Caltex untuk beri potongan.
  24. Saat itu kita minta potongan satu dollar dari keuntungan Caltex yg waktu itu masih AS $ 2,30 utk setiap barrel minyak yang mereka hasilkan.
  25. Kini kita jg tak punya gigi meminta jatah yang lebih baik dari Freeport. Membayangkan merevisi perjanjian kontrak saja kita tidak berani.

 

2 thoughts on “Salah Satu Sebab Kenapa Kita Bertambah Miskin…

  1. Di no.18 terdapat catatan “walau terbesar dari emas”, apakah dimaksud, hasil emas lebih besar dari tembaga…………………………?????? Kandungan emasnya lebih besar dari kandungan tembaganya………………………..???????
    Atau hasil penjualan emasnya nilai total uangnya lebih besar dari nilai uang total hasil penjualan tembaganya…………………..?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s