Google & Robert “Synthesizer” Moog


Bob Moog adalah pelopor musik elektronik dan pencipta Moog synthesizer. Terlahir dengan nama Robert Arthur Moog pada tanggal 23 Mei 1934. Hari ini, Rabu 23 Mei 2012 bertepatan dengan ulang tahun Bob Moog yang ke 78 tahun. Google memperingatinya dengan memasang Moog Synthesizer yang membentuk logo Google pada kontrolernya.

Moog Synthesizer merupakan salah satu instrumen musik elektronik yang pertama kali. Proses pengerjaan awal komponen synthesizer ini dilakukan di studio Columbia-Princeton Electronic Music Center di Amerika, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Computer Music Center. Saat di sana, Bob Moog mengembangkan osilator pengatur tegangan, generator ADSR, dan modul synthesizer lainnya bersama dengan komposer Herbert Deutsch.

Moog menciptakan synthesizer pengendali tegangan yang memanfaatkan keyboard sebagai controller dan memamerkannya pada konvensi AES di tahun 1964. Pada tahun 1966, Moog mengajukan permohonan paten untuk low-pass filter dengan nomor paten 3.475.623 yang diakui pemerintah Amerika pada Oktober 1969.

Di bawah payung perusahaan Moog Music, beliau memproduksi dan memasarkan synthesizer dengan keyboard bergaya piano sebagai user interface standar untuk synthesizer-nya. Moog juga menetapkan standar untuk antarmuka kontrol synthesizer analog.

Instrumen pertama yang dihasikan adalah synthesizer modular. Pada tahun 1971 Moog Music mulai memproduksi Minimoog Model D dan merupakan salah satu synthesizer portabel yang relatif terjangkau pada masanya.

Salah satu pelanggan awal Moog Music adalah Wendy Carlos yang banyak memberikan masukan berharga untuk pengembangan Moog synthesizer lebih lanjut. Melalui keterlibatannya dalam musik elektronik, Moog menjalin hubungan dekat dengan artis seperti Don Buchla, Keith Emerson, Rick Wakeman, John Cage, Gerson Kingsley, Clara Rockmore, dan Pamelia Kurstin.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2000, Bob Moog mengatakan “Saya seorang engineer. Saya melihat diri saya sebagai pembuat alat musik dan musisi adalah pelanggan saya. Mereka menggunakan ciptaan saya.”

Sumber :  Bob Moog Pelopor Musik Elektronik di Logo Google

 

7 thoughts on “Google & Robert “Synthesizer” Moog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s