Google & Doctor Who’s 50th Anniversary


Hari ini adalah ulang tahun yang ke 50 program televisi fiksi ilmiah di televisi BBC. Demi menyambut peristiwa tersebut,  Google menghias wajahnya dengan animasi sekitar Doctor Who.

Doctor Who adalah sebuah program televisi fiksi ilmiah Inggris yang diproduksi oleh BBC. Program ini menceritakan petualangan seorang Time Lord—sesosok alien humanoid penjelajah waktu yang dikenal sebagai Doctor. Ia mengeksplorasi alam semesta dengan ‘TARDIS‘, sebuah pesawat luar angkasa penjelajah waktu yang berkesadaran. Bagian luarnya tampak sebagai sebuah police box berwarna biru, pemandangan yang lazim di Inggris pada tahun 1963, saat serial ini ditayangkan pertama kali. Bersama dengan pendamping yang silih berganti, Doctor menghadapi berbagai macam musuh sambil bekerja untuk melindungi peradaban, membantu masyarakat biasa, dan membasmi kejahatan.

Sebelas aktor telah membintangi serial ini sebagai Doctor. Transisi dari satu aktor ke aktor yang lain dituliskan dalam plot acara ini sebagairegenerasi, salah satu proses kehidupan para Time Lord di mana karakter Doctor menempati sebuah tubuh baru dan, sampai taraf tertentu, kepribadian baru. Meskipun tiap aktor memiliki pembawaan yang berbeda-beda, dan bahkan ada kesempatan di mana inkarnasi-inkarnasi berbeda bertemu satu sama lain, mereka semua dimaksudkan sebagai aspek-aspek dari karakter yang sama. Saat ini Doctor diperankan oleh Matt Smith, yang mengambil peran ini setelah penampilan terakhir David Tennant dalam sebuah episode yang ditayangkan 1 Januari 2010.

Doctor Who pertama kali muncul di televisi BBC pada 17:16:20 GMT pada tanggal 23 November 1963, berikut diskusi dan rencana yang telah berlangsung selama satu tahun. Kepala Drama, Kanada Sydney Newman, terutama bertanggung jawab untuk mengembangkan program, dengan dokumen format yang pertama untuk seri yang ditulis oleh Newman bersama dengan Kepala Departemen Script (kemudian Kepala Serials) Donald Wilson dan staf penulis CE Webber . Penulis Anthony Coburn, David Whitaker, cerita editor dan produser awal Verity Lambert juga sangat memberikan kontribusi terhadap pengembangan seri. [16] [catatan 1] Program ini awalnya ditujukan untuk menjangkau khalayak keluarga, sebagai program pendidikan menggunakan perjalanan waktu sebagai sarana untuk mengeksplorasi ide-ide ilmiah dan momen terkenal dalam sejarah. Pada 31 Juli 1963 Whitaker ditugaskan Terry Bangsa untuk menulis sebuah cerita dengan judul The Mutants. Sebagai awalnya ditulis, Daleks dan thals menjadi korban serangan bom neutron alien tapi Nation kemudian menjatuhkan alien dan membuat Daleks agresor. Ketika script telah disampaikan kepada Newman dan Wilson itu segera ditolak karena program ini tidak diizinkan untuk mengandung “monster bermata”. The serial pertama telah selesai dan BBC percaya itu penting bahwa yang berikutnya menjadi sukses, namun, The Mutan adalah satu-satunya naskah siap untuk pergi sehingga acara punya banyak pilihan selain untuk menggunakannya. Menurut produser Verity Lambert, “Kami tidak memiliki banyak pilihan – kami hanya memiliki serial Dalek untuk pergi … Kami memiliki sedikit krisis kepercayaan karena Donald [Wilson] begitu bersikeras bahwa kita tidak seharusnya membuatnya. Seandainya kami memiliki apa pun siap kami akan membuat itu. ” Skrip Bangsa menjadi Doctor Who kedua serial – “The Daleks” (alias “Mutan”). Serial memperkenalkan eponymous alien yang akan menjadi monster seri ‘paling populer, dan bertanggung jawab atas ledakan merchandise pertama BBC.

Divisi Serials BBC drama departemen menghasilkan program selama 26 musim, disiarkan di BBC 1. Jatuh nomor melihat, penurunan persepsi publik dari acara dan slot transmisi kurang menonjol melihat produksi dihentikan pada tahun 1989 oleh Jonathan Powell, Controller BBC 1.  Meskipun (seperti seri mainnya Sophie Aldred dilaporkan dalam film dokumenter Doctor Who:. Lebih dari 30 Tahun di TARDIS) itu efektif, jika tidak secara formal, dibatalkan dengan keputusan untuk tidak komisi serangkaian 27th direncanakan acara untuk transmisi pada tahun 1990, BBC berulang kali menegaskan bahwa seri akan kembali

Sementara produksi in-house telah berhenti, BBC berharap untuk menemukan sebuah perusahaan produksi independen untuk meluncurkan acara. Philip Segal, seorang ekspatriat Inggris yang bekerja untuk Columbia Pictures ‘televisi lengan di Amerika Serikat, telah mendekati BBC tentang usaha tersebut pada awal Juli 1989, sedangkan seri ke-26 masih dalam produksi.  negosiasi Segal akhirnya menyebabkan sebuah film televisi Doctor Who, disiarkan di Fox Network di tahun 1996 sebagai co-produksi antara Fox, Universal Pictures, BBC dan BBC Worldwide. Meskipun film itu sukses di Inggris (dengan 9,1 juta penonton), itu kurang begitu di Amerika Serikat dan tidak menyebabkan seri.

Media berlisensi seperti novel dan drama audio yang disediakan cerita baru, tetapi sebagai sebuah program televisi Who Doctor tetap aktif hingga tahun 2003. Pada September tahun itu,  BBC Television mengumumkan di-rumah produksi seri baru setelah beberapa tahun upaya oleh BBC Worldwide untuk menemukan dukungan untuk versi film. Para produser eksekutif dari inkarnasi baru dari seri yang penulis Russell T Davies dan BBC Cymru Wales Kepala Drama Julie Gardner. Telah dijual ke banyak negara lain di seluruh dunia (lihat Pemirsa).

Doctor Who akhirnya kembali dengan episode “Rose” di BBC One pada 26 Maret 2005.  Ada telah sejak enam seri selanjutnya tahun 2006-2008 dan 2010-2012, dan Hari Natal spesial setiap tahun sejak tahun 2005. Tidak ada seri penuh difilmkan pada tahun 2009, meskipun empat spesial tambahan dibintangi Tennant dibuat. Pada tahun 2010, Steven Moffat menggantikan Davies sebagai penulis kepala dan produser eksekutif.

Versi 2005 dari Doctor Who merupakan kelanjutan langsung dari seri 1963-1989, [catatan 2] seperti yang film televisi tahun 1996. Ini berbeda dari Relaunches seri lain yang memiliki baik reimaginings telah atau reboot (misalnya, Battlestar Galactica dan Bionic Woman) atau seri berlangsung di alam semesta sama seperti aslinya tetapi dalam periode yang berbeda dan dengan karakter yang berbeda (misalnya, Star Trek: The Next Generation dan spin-off).

Sumber : wikipedia: Doctor Who & Doctor_Who

One thought on “Google & Doctor Who’s 50th Anniversary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s